Mesin jet pesawat penumpang KLM menewaskan 1 orang di bandara Schiphol Amsterdam.

Insiden kecelakaan ground crew yang tersedot kedalam mesin jet pesawat penumpang KLM yang sedang berjalan di bandara Schiphol Amsterdam, sedang dalam penyelidikan otoritas Belanda.

Dalam industri penerbangan kematian akibat keteledoran petugas lapangan tersebut bukanlah hal yang baru. Insiden itu terjadi saat penerbangan KL1341 bersiap terbang menuju Billund, Denmark, pada Rabu sore 29 Mei 2024.

Maskapai tersebut mengatakan pihaknya sedang merawat penumpang dan karyawan yang menyaksikan insiden tersebut dan sedang menyelidikinya.

Pasukan Kerajaan Belanda Marechaussee menambahkan dalam postingan di X bahwa semua penumpang dan karyawan telah dikeluarkan dari penerbangan.

Korban meninggal belum teridentifikasi dan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah itu kecelakaan atau bentuk bunuh diri, kata seorang juru bicara kepada kantor berita Reuters.

Berbagai media Belanda menyatakan bahwa korban mungkin adalah karyawan yang terlibat dalam mendorong mundur pesawat sebelum lepas landas.

Gambar yang diperoleh lembaga penyiaran nasional Belanda NOS menunjukkan layanan darurat mengelilingi jet penumpang di apron bandara – tempat pesawat diparkir.

Menurut laporan, pesawat yang terlibat adalah jet Embraer jarak pendek yang digunakan oleh layanan Cityhopper KLM yang mengoperasikan penerbangan antara tujuan terdekat di Eropa. Embraer E-Jets merupakan sebuah seri pesawat penumpang jet berbadan sempit, bermesin ganda, jarak menengah yang diproduksi oleh Embraer, sebuah konglomerat dirgantara Brazil yang memproduksi pesawat komersial, militer, dan korporat sejak 2002.

Bandara Schiphol mengatakan: “Pikiran kami tertuju kepada kerabat [almarhum] dan kami peduli terhadap penumpang dan rekan kerja yang melihat ini.”

Menteri Infrastruktur Mark Harbers berkata di X: “Berita buruk tentang kecelakaan fatal hari ini di Schiphol.”

Schiphol adalah salah satu bandara hub tersibuk di Eropa. Ini menjadi berita utama minggu lalu ketika rapper Nicki Minaj ditangkap di sana.

Hampir 5,5 juta penumpang menggunakan bandara ini bulan lalu, menurut situs webnya.

Tahun 2023 seorang pegawai bandara berusia 27 tahun meninggal setelah tersedot ke dalam mesin pesawat penumpang Delta di San Antonio, Texas.

TENTANG KLM

KLM Royal Dutch Airlines atau Koninklijke Luchtvaart Maatschappij N.V. (Lit. ’Royal Aviation Company Plc.’), adalah maskapai penerbangan utama Belanda. KLM berkantor pusat di Amstelveen, dengan hubnya di dekat Bandara Schiphol Amsterdam. Maskapai ini merupakan anak perusahaan grup Air France–KLM dan anggota aliansi maskapai penerbangan SkyTeam. Didirikan pada tahun 1919, KLM merupakan maskapai penerbangan tertua yang beroperasi di dunia, dan memiliki 35.488 karyawan dengan armada sebanyak 110 (tidak termasuk anak perusahaan) pada tahun 2021. KLM mengoperasikan layanan penumpang dan kargo berjadwal ke 145 tujuan.

Penerbangan eksperimental antarbenua pertama KLM lepas landas pada tanggal 1 Oktober 1924. Tujuan akhirnya adalah Jakarta (saat itu disebut ‘Batavia’), Jawa, di Hindia Belanda (sekarang Indonesia); penerbangan tersebut menggunakan Fokker F.VII dengan registrasi H-NACC dan dikemudikan oleh Jan Thomassen à Thuessink van der Hoop.

Pada bulan September 1929, layanan terjadwal reguler antara Amsterdam dan Batavia (sekarang Jakarta) dimulai. Hingga pecahnya Perang Dunia Kedua pada tahun 1939, ini adalah layanan penerbangan terjadwal jarak terjauh di dunia. Aset KLM pra-kolonial yang berada di Indonesia kemudia di-nasionalisasikan menjadi Garuda Indonesia.

TENTANG EMBRAER

Embraer didirikan pada tahun 1969 oleh pemerintah Brasil sebagai BUMN pelopor nasional teknologi kedirgantaraan dalam negeri. Awalnya perusahaan ini berfokus pada penyediaan pesawat militer ke Angkatan Udara Brasil, namun pada tahun 1980-an mulai memproduksi serangkaian pesawat komuter dan regional yang sukses untuk diekspor. Perusahaan ini diprivatisasi pada tahun 1994 dan mulai memperluas produksi pesawat regional yang lebih besar dan jet bisnis yang lebih kecil. Pada tahun 2000, Embraer menjadi perusahaan publik sebagai perseroan terbatas (Sociedade Anônima) dengan saham yang diperdagangkan di Amerika Serikat (NYSE) dan Brasil (B3). 

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

bbc.com/news/articles/c0dd9pxnd0lo

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada25 December 2019 @ 6:45 PM

Leave a Reply