Serikat pekerja Samsung Electronics menuntut kenaikan gaji

Serikat pekerja Samsung Electronics di Korea Selatan menyerukan pemogokan pertama terhadap raksasa teknologi Korea Selatan itu sejak didirikan lima setengah dekade lalu.

Persatuan Elektronik Samsung Korea Selatan mengatakan mereka akan mengadakan protes satu hari dengan meminta semua anggotanya untuk menggunakan cuti berbayar mereka pada tanggal 7 Juni 2024 dan tidak mengesampingkan pemogokan besar-besaran di masa depan.

Serikat pekerja Samsung Electronics tersebut mengatakan bahwa mereka memiliki sekitar 28.000 anggota, yang mencakup lebih dari seperlima total tenaga kerja perusahaan.

Samsung Electronics mengatakan akan terus bernegosiasi dengan serikat pekerja.

Kami tidak tahan lagi dengan penganiayaan terhadap serikat buruh. Kami mengumumkan pemogokan karena perusahaan mengabaikan buruh,” kata seorang perwakilan serikat pekerja dalam konferensi pers yang disiarkan langsung.

Manajemen Samsung Electronics telah melakukan pembicaraan dengan serikat pekerja sejak awal tahun ini mengenai gaji, namun kedua belah pihak sejauh ini gagal mencapai kesepakatan.

Serikat pekerja Samsung Electronics menuntut kenaikan gaji sebesar 6,5% dan bonus yang disesuaikan dengan pendapatan perusahaan.

Samsung Electronics adalah pembuat chip memori, ponsel pintar, dan televisi terbesar di dunia.

Para analis industri elektronik telah memperingatkan bahwa pemogokan besar-besaran dapat mempengaruhi manufaktur chip komputer perusahaan tersebut dan berdampak pada rantai pasokan elektronik global.

Samsung Group dikenal karena tidak mengizinkan serikat pekerja untuk mewakili pekerjanya hingga tahun 2020 ketika perusahaan tersebut berada di bawah pengawasan publik yang ketat setelah ketuanya dituntut karena manipulasi pasar dan penyuapan.

Saham Samsung Electronics diperdagangkan sekitar 2% lebih rendah di Seoul setelah pengumuman tersebut.

TENTANG SAMSUNG ELECTRONICS

Samsung Electronics Co., Ltd. (Bahasa Korea: 삼성전자; Hanja: 三星電子; RR: Samseong Jeonja; menyala. Tristar Electronics; terkadang disingkat menjadi SEC dan bergaya SΛMSUNG) adalah perusahaan peralatan besar dan elektronik konsumen multinasional Korea Selatan yang berkantor pusat di Yeongtong-gu, Suwon, Korea Selatan. Samsung Electronics saat ini merupakan puncak dari chaebol Samsung, menyumbang 70% pendapatan grup pada tahun 2012.

Saat ini Samsung adalah produsen ponsel pintar terbesar di dunia sejak tahun 2011. Samsung Electronics juga mengoperasikan pabrik smartphone di Indonesia sejak 2015. Samsung Electronics juga merupakan unit andalan dari konglomerat Korea Selatan Samsung Group. Perusahaan ini merupakan bisnis terbesar yang dikendalikan oleh keluarga dan mendominasi perekonomian terbesar keempat di Asia.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

 bbc.com/news/articles/cx7768n6pnpo

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada27 December 2019 @ 12:03 AM

Leave a Reply