Metal cutting tool itu apa sih?

Cerita tentang cutting tools dimulai dengan bagaimana alat pemotong berevolusi dari tepi batu paleolitik sederhana menjadi pisau, kapak dan alat pemotong logam dasar lainnya melalui zaman tembaga, perunggu, dan besi. Dari sana kita melihat penemuan metalurgi selama era industri, kebangkitan baja, dan evolusi peralatan mesin. Kami mengeksplorasi kemajuan dari pabrik perkakas, mesin bubut dan pembentuk yang digunakan sebagai bahan pahat yang dipindahkan dari baja berkecepatan tinggi ke karbida, dan bahan pemotong eksotis lainnya.

Seiring dengan kemajuan pemahaman dan teknologi manusia tentang ilmu metalurgi, penggunaan material logam pun semakin beragam. Setiap logam memiliki sifat masing-masing dan bila digabung dan diproses, justru mampu berfungsi berbeda. Oleh sebab itu dibutuhkan Metal cutting tool dan proses machining yang bervariasi pula. Machine tool diciptakan dengan serangkaian alat pemotong atau metal cutter yang digunakan untuk menghilangkan beberapa bahan dari benda kerja dengan deformasi atau pahatan. Pemotongan dapat dilakukan dengan alat titik tunggal atau banyak titik. Alat titik tunggal digunakan dalam memutar, membentuk, merencanakan dan operasi serupa, dan menghilangkan material dengan menggunakan satu ujung tombak. Alat-alat penggilingan dan pengeboran seringkali merupakan alat multipoint. Ini adalah tubuh yang memiliki gigi atau memotong ujungnya. Alat gerinda juga merupakan alat multi titik. Setiap butiran fungsi abrasif sebagai ujung tombak mikroskopis tunggal (meskipun sudut rake negatif tinggi), dan menggunting chip kecil.

Material pahat harus lebih keras dari material yang akan dipotong, dan pahat harus mampu menahan panas yang dihasilkan dalam proses pemotongan logam. Selain itu, pahat harus memiliki geometri tertentu, dengan sudut jarak bebas yang dirancang sedemikian rupa sehingga ujung tombak dapat menyentuh benda kerja tanpa pahat yang menyeret permukaan benda kerja. Sudut permukaan potongan juga penting, seperti lebar ulir, jumlah ulir atau gigi, dan ukuran margin. Agar memiliki masa kerja yang panjang, semua hal di atas harus dioptimalkan, ditambah kecepatan dan umpan saat alat dijalankan.

Namun, tergantung dari manfaat dan desain yang diinginkan dari mata potong tersebut, ada cara yang lebih cepat dan lebih mudah untuk memotong logam. Pemotongan adalah pemisahan atau pembukaan objek fisik, menjadi dua bagian atau lebih, melalui penerapan gaya yang diarahkan secara akut. Pemotongan melibatkan benda tajam yang cukup mampu memotong jika memiliki kekerasan yang cukup besar dari benda yang dipotong, dan jika diterapkan dengan kekuatan yang cukup.

Pemotongan atau machining telah menjadi inti dari manufaktur sepanjang sejarah. Untuk logam banyak metode yang digunakan dan dapat dikelompokkan berdasarkan fenomena fisik yang digunakan. Ini adalah proses menghasilkan benda kerja dengan menghilangkan bahan yang tidak diinginkan dari balok logam;

  • Pembentukan chip – menggergaji, mengebor, menggiling, memutar dll.
  • Shearing – punch, stamping, scissoring
  • Abrading – grinding, lapping, polishing, water-jet
  • Pemotongan api panas, pemotongan plasma, pemotongan laser
  • Elektrokimia – etsa, pemesinan pelepasan listrik (EDM)

Untuk pekerjaan kecil seperti memotong ubin backsplash stainless steel, alat putar yang dilengkapi dengan cakram pemotong logam yang abrasif berfungsi dengan baik. Untuk pekerjaan yang lebih besar, pasang cakram abrasif dalam penggiling sudut. Penggiling sudut yang dilengkapi dengan cakram pemotong logam yang abrasif bekerja dengan baik untuk memotong semua jenis logam, termasuk baut, besi siku, rebar, dan bahkan lembaran logam.

Anda juga dapat menggunakan alat berosilasi untuk memotong pipa ledeng, baut otomotif, paku dan benda logam lainnya di tempat-tempat di mana alat yang lebih besar tidak muat. Pastikan bilahnya dimaksudkan untuk memotong logam. Bahkan cairan dapat digunakan untuk memotong barang ketika diterapkan dengan kekuatan yang cukup seperti pemotong water jet.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!

Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 15, 2019 @ 12:22 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!