Metalworking itu apa?

Metalworking merupakan industri pengerjaan logam yang meliputi proses membentuk dan memanipulasi logam untuk menciptakan berbagai macam produk. Produk dari Meltaworking ini dapat mencakup semuanya mulai dari barang rumah tangga sederhana hingga mesin dan struktur teknik yang rumit. Ada banyak teknik dan proses berbeda yang digunakan dalam pengerjaan logam, termasuk:

  1. Casting/Pengecoran:
    Proses Casting ini merupakan proses menuangkan logam cair ke dalam cetakan mould dan membiarkannya menjadi dingin dan mengeras menjadi bentuk yang diinginkan. Teknik casting ini digunakan untuk membuat produk logam dari hampir semua bentuk atau ukuran yang relatif seragam desainnya.

  2. Forging/Penempaan:
    Teknik forging atau penempaan merupakan proses membentuk material dengan memanaskan sepotong logam hingga menjadi lunak, dan kemudian menggunakan palu atau penekan untuk memukul dan menekan agar membentuknya menjadi bentuk yang diinginkan. Teknik forging ini sering digunakan untuk membuat alat, mesin, dan produk lain yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan.

  3. Pabrication/Fabrikasi:
    Teknik fabriaksi merupakan serangkaian proses pemotongan, menekuk, pembengkokan, dan pengelasan logam dari bahan material hingga membuat produk jadi. Pabrikasi ini membutuhkan rancang bangun yang sudah didesain agar bisa digunakan untuk membuat berbagai macam produk, dari produk sederhana seperti struktur rangka hingga struktur jadi yang rumit.

  4. Machining/Pemesinan:
    Machining ini merupakan proses pemotongan, pengeboran, atau penggilingan logam untuk membuat produk jadi. Teknik pengerjaan machining bisa digunakan untuk membuat komponen presisi untuk mesin dan produk lain yang membutuhkan tingkat akurasi dan keseragaman yang tinggi.

  5. Welding/Pengelasan:

    Welding atau pengelasan merupakan proses kerja terperinci yang bertujuan untuk menggabungkan dua potong logam menjadi satu, biasanya dengan memanaskan logam hingga meleleh dan melebur menjadi satu. Ini digunakan untuk membuat sambungan yang kuat dan tahan lama di berbagai produk.

  6. Surface treatment/Perawatan permukaan:
    Surface treatment bertujuan untuk membentuk material dengan kualitas permukaan yang baik agar dapat mencakup teknik seperti proses sandblasting, pemolesan, dan pelapisan yang mengubah karakteristik permukaan logam, untuk meningkatkan ketahanan korosi, penampilan, atau sifat fungsionalnya.

Beberapa contoh diatas merupakan kategori dari banyak teknik dan proses yang digunakan dalam pengerjaan logam. Metode khusus yang digunakan akan bergantung pada produk yang dibuat dan sifat yang diinginkan dari produk jadi.

KESIMPULAN

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri metalworking yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada22 Juni 2020 @ 3:07 AM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!