Mata bor drill kayu dan jenis variasinya

Mata bor merupakan alat kerja yang paling ideal untuk membuat lubang yang rapi dan presisi. Mata Bor atau disebut juga sebagai Drill bit ini bisa digunakan untuk melubangi bahan kayu, plastik ataupun logam. Banyak jenis dan ukuran lubang yang bisa dibuat dengan menggunakan bor, akan tetapi dengan mempertimbangkan ukuran lubang dan jenis bahan kita perlu menggunakan mata bor yang tepat.

Dalam tulisan ini Metalextra akan membahas mengenai mata bor yang bisa Anda gunakan untuk kayu. Berikut beberapa jenis mata bor untuk kayu,  pemilihan bentuk dan bahan mata bor sangat penting supaya kita mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita inginkan.

A. Jenis Mata Bor Berdasarkan Bahan

1. Baja – Soft Low Carbon Steel
Mata bor yang sering kita temui di toko-toko bangunan, harganya mungkin yang paling murah dari semua jenis mata bor. Karena murah, mata bor ini mesti sering-sering diasah karena cepat tumpul. Baisanya untuk pemakaian di triplek/multiplek dan kayu-kayu yang tidak terlalu keras. Kalau dipakai untuk kayu jati pasti cepet banget tumpulnya.

2. Baja – High Carbon Steel
Bahan ini lebih bagus dari jenis mata bor diatas, lebih keras dan dapat digunakan untuk kayu dan besi.

3. Baja – High Speed Steel (HSS)
Baja mata bor HSS sangat keras, dan lebih tahan panas, sangat cocok untuk kayu-kayu keras. Selain kayu, mata bor HSS juga dapat digunakan pada besi/metal. Mata bor ini sangat mudah didapat, di toko bangunan biasanya ada, harganya jelas diatas kedua jenis mata bor diatas.

4. Baja – Cobalt Steel Alloy
Sebenarnya bahannya sama dengan HSS hanya kandungan cobaltnya lebih banyak jadi lebih keras dibanding mata bor HSS biasa. Mata bor cobalt digunakan untuk bahan yang keras seperti besi dan stainless steel.

B. Jenis Mata Bor Khusus Berdasarkan Fungsi/Kegunaan

1. Twist Bit


Twist bit merupakan mata bor universal yang dapat digunakan pada kayu, besi/metal dan plastik. Mata bor ini banyak ditemukan di toko-toko bangunan dan toko perkakas.

2. Brad Point Bit


Mata bor ini mungkin yang paling familiar diantar mata bor lainnya karena mudah didapatkan dan harganya murah. Ciri khas mata bor kayu ini memiliki ujung yang runcing dan tajam.

3. Wood Spade Bit/Mata Bor Kipas


Mata bor ini unik, bentuknya pipih di bagian badan dan runcing tajam di bagian ujung dan tidak memiliki spiral di bagian badannya. Mata bor khusus kayu ini biasa digunakan untuk membuat lubang besar.
4. Forstner Bit


Mata bor Forstner digunakan untuk membuat lubang di kayu, baik lubang tembus atau tidak. Biasanya mata bor ini digunakan di mesin bor duduk (Drill Press) karena getarannya yang kuat sehingga sulit di stabilkan jika menggunakan bor tangan.

5. Countersink – Counterbore Bit


Mata bor ini digunakan untuk membuat cekungan pada lubang yang sudah di bor dengan tujuan agar kepala sekrup bisa masuk dan rata dengan permukaan kayu. Ada 2 jenis mata bor countersink yang saya punya, yang pertama itu hanya untuk membuat cekungannya saja, jadi sebelumnya harus di bor terlebih dahulu, dan yang kedua countersink tambahan yang bisa dipasangkan di mata bor kayu biasa, jadi pada saat pengeboran, langsung membuat lubang countersink.
6. Self Center Bit

self-center-bit
Mata bor ini digunakan untuk membuat lubang sekrup dengan presisi, contohnya untuk membuat lubang sekrup untuk engsel.
7. Auger Bit

Mata bor Auger biasanya sangat panjang dan memiliki jarak spiral yang lebar. Selain untuk membuat lubang, mata bor ini juga biasa digunakan untuk membersihkan ampas kayu pada lubang yang sudah di bor.

8. Hole Saw Bit

Demikian tulisan mengenai mata bor untuk kayu, semoga menambah wawasan Anda mengenai mata bor untuk kayu, sekaligus sebagai referensi anda dalam memilih berbagai macam mata bor,  tentunya dengan harga ekonomis dan kualitas yang terjamin. METALEXTRA.COM merupakan reseller untuk produk-produk Power Tool, Alat Perbengkelan, Alat Perkayuan, Perkakas Mesin dan lain-lain.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!