Micrometer cara pakainya bagaimana?

Apa itu Mikrometer? Mikrometer merupakan perangkat ukur hand tools yang sangat presisi untuk mengukur berbagai objek. Bagi orang awam dan pemula, pada saat pertama kali menggunakan mikrometer mungkin sedikit bingung karena tidak tahu harus mulai dari mana. Berbeda dengan kaliper sigmat ataupun alat ukur Height Gauge yang menggunakan konsep seperti mistar penggaris, Micrometer menggunakan batang silinder ukur yang memiliki ulir screw yang terkalibrasi.

Menggunakan micrometer itu tidak sulit dan bahkan lebih akurat daripada kaliper sigmat yang Anda biasa gunakan. Oleh karena itulah setiap insinyur dan masinis diperkenalkan ke mikrometer. Seringkali keahlian seorang teknisi quality control Engineering juga bisa diketahui keahliannya dari caranya menggunakan hand tools seperti micrometer ini. Inilah pelajaran singkat tentang mikrometer untuk membantu Anda tetap terdepan di kelas.

KAPAN & MENGAPA MIKROMETER DIGUNAKAN? 

Mikrometer wajib digunakan untuk mengukur ruang antara hard stop (landasan) dan permukaan bergerak (spindle). Ketika bidal diputar, spindle drive lebih dekat atau lebih jauh dari landasan. Untuk melakukan pengukuran, sebuah objek ditempatkan di antara landasan dan gelendong dan bidal itu dipintal sampai benda itu dengan lembut dijepit di antara kedua wajah. Setelah objek dijepit oleh micrometer, skala dibaca dan pengukuran desimal diturunkan. * Misalnya, 0,165 inci atau 4,19 mm.

Micrometer Digital lebih cepat digunakan dan praktis karena tidak perlu menghitung skala Nonius untuk membaca nilai pengukuran.

Alat ukur hand tools mikrometer merupakan cara sederhana dan tepat untuk melakukan pengukuran presisi menggunakan tangan. Anda dapat dengan mudah dan andal mengukur objek dalam ukuran jarak 0,1 milimeter bahkan hingga 0,01 milimeter jika dengan menggunakan Micrometer digital.

KENALI ANATOMI MICROMETER

Saat ini micrometer itu ada 3 jenisnya yang bisa dibeli di Metalextra.com, yaitu; Micrometer Vernier/klasik, Micromter Dial atau analog, dan Micromter Digital. Untuk penggunaan Micrometer tipe Vernier ini, anda harus memahami cara penghitungannya dan interpolasi pengukuran terkesan “mengira-ngira”. Sedangkan Tipe Dial, micrometer ini bisa dengan mudah mengukur toleransi dimensi. Sedangkan Micrometer digital pada umumnya sudah memiliki fitur data transfer, sehingga pembacaan pengukuran bisa cepat dan terekam di software spreadsheet ataupun Microsoft Excel.

Anatomi dasar mikrometer sangat sederhana. Bingkai mikrometer menampung semua komponen yang tidak bergerak relatif terhadap spindel. Ini termasuk landasan, mur pengunci, dan selongsong. Landasan adalah permukaan tanah datar presisi yang bertindak sebagai referensi. Mur pengunci hanyalah mur seperempat putaran yang mengunci spindel agar tidak berputar. Selongsong berisi skala yang digunakan untuk menentukan pengukuran dan benang internal yang memungkinkan spindel untuk bergerak.

Bagian yang bergerak terdiri dari rangka frame, bidal, dan ratchet. Seperti landasan gelendong berisi permukaan pengukur permukaan yang presisi pada bagian datar silinder. Bidal itu bertindak seperti kepala baut. Ketika Anda memutar kepala itu mendorong baut maju atau mundur. Ratchet adalah mekanisme untuk memastikan bahwa spindel tidak mencubit objek terlalu ketat yang mengarah ke pembacaan yang salah.

Micrometer ada banyak ukurannya, namun umumnya berharga lebih mahal daripada Kaliper karena nilai akurasi yang lebih tinggi.

BAGAIMANA CARA PAKAINYA?

Menggunakan mikrometer sebenarnya mudah. Hanya ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Dari awal hingga akhir, langkah-langkahnya dapat dibagi menjadi beberapa gagasan terperinci. Namun, aspek yang paling disorot adalah cara memegangnya dan cara menggunakan ratchet.

Dari cara Anda memegang dan menggunakan mikrometer akan langsung kelihatan apakah Anda terampil atau tidak. Pemula biasanya membutuhkan stand micromter dan secara berlebihan meraba-raba untuk melakukan pengukuran. Sedangkan teknisi QC yang sudah profesional dapat menggunakan mikrometer di satu tangan dan memegang obyek yang akan diukur di tangan lain.

Cara yang tepat untuk menggunakan mikrometer adalah dengan memegangnya di tangan dominan Anda. Pegang bidal di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Tempatkan bentuk-C bingkai pada telapak tangan Anda. Terakhir, bungkus sebagian jari kelingking atau jari manis Anda di bagian dalam bingkai. Pegang objek yang akan diukur di tangan Anda yang tidak dominan.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan machine tooling, cutting tool maupun quality tester silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]
Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 30, 2019 @ 9:49 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!