Otomasi Mulai Darimana?

Menentukan titik mulai dan membuat lompatan ke otomatisasi memang tampak menakutkan karena resikonya. Hal ini merupakan hal yang wajar, terutama jika anda melihat kasus perusahaan besar seperti TESLA yang sempat gagal menerapkan full otomasi saat membuat unit produksi pertamanaya di Amerika Serikat dan ratusan cerita gagal lain yang sering diberitakan jurnal bisnis. Belum lagi, Anda akan memperkenalkan teknologi baru ke alat berat dan operator Anda karena akan mengubah cara pengoperasian lantai produksi Anda. Disamping itu, anda juga pasti akan menghadapi pemilik perusahaan dan institusi perizinan. Lalu langkah apa yang perlu dipersiapkan sebelum membuat proposal investasi pada owner pabrik anda?

MELIHAT NILAI DALAM INVESTASI

Automation atau Otomasi merupakan investasi berjangka waktu, sama seperti peralatan mesin Anda. Menentukan titik awal dan target produksi break event pastilah hal yang tidak mudah. Meskipun solusi otomatisasi hadir dengan label harga yang signifikan, investasi akan mulai memberikan hasil dalam jangka waktu yang tidak singkat setelah diterapkan.

Pemindahan suku cadang dan pemesinan otomatis akan selalu lebih presisi daripada tindakan manual dan menghadirkan konsistensi pada kualitas suku cadang Anda. Dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk pengerjaan suku cadang dan lebih sedikit bahan mentah yang digunakan dalam pengerjaan, Anda akan melihat penghematan sejak awal.

Selain itu, solusi otomatisasi menghilangkan kebutuhan operator Anda untuk melakukan tugas berulang, yang akan memungkinkan mereka untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks, seperti pengambilan keputusan penting. Hasil akhir dari penilaian ini akan membuat owner dan jajaran pemegang modal di perusahaan anda untuk memahami teknologi mana yang cocok dijadikan alternatif. Tapi sekali lagi, apa yang menurut anda benar belum tentu bisa diterima oleh pemilik perusahaan, dan apa yang menurut pemilik perusahaan benar bisa saja malah akan menjadi resiko yang tinggi.

Menambah unit material handling berupa jig dan fixture bersensor pada mesin penggergajian sawing misalnya, merupakan salah satu langkah investasi otomasi yang sederhana.

MENYIAPKAN DAN IDENTIFIKASI KECOCOKAN OTOMASI DI LANTAI WORKSHOP

Alat kerja teknik memang beragam jenis dan cara pakainya. Akan tetapi sebagian besar terutama yang memiliki fungsi vital dan presisi harganya tidaklah murah.Tergantung dari aplikasi anda, entah sebagai seorang purchasing, pengusaha bengkel teknik, penghobi mekanik rumahan maupun pekerja profesional, anda pasti akan menggunakannya dan membutuhkannya. Namun, sebelum Anda mulai mempertimbangkan solusi otomatisasi, Anda perlu mengidentifikasi proses di mana Anda melihat ruang untuk perbaikan yang sesuai budget.

Mulai dari membuat daftar pertanyaan sederhana. Kami sarankan anda mengunakan prinsip 5W + 1H. Misalnya; Berapa kapasitas produksi Anda saat ini? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat bagian mesin? Manakah dari mesin saya saat ini yang paling cocok untuk otomatisasi? Apakah saya ingin memperkenalkan mesin baru yang menyertakan teknologi otomasi ke lantai bengkel saya?

Untuk mempersiapkan lantai workshop secara fisik, Anda perlu mempersiapkan alat berat dan operator Anda. Pastikan operator Anda terlatih dengan teknologi baru sehingga mereka dapat melakukan intervensi secara manual saat diperlukan, dan pastikan lantai toko Anda memiliki ruangan yang memadai untuk peralatan tambahan yang diperlukan.

Mengetahui mesin mana yang ingin Anda perkenalkan otomatisasi memungkinkan Anda menentukan jenis solusi otomasi apa yang akan bekerja paling baik berdasarkan proses mesin itu. Mengidentifikasi produktivitas dasar Anda saat ini pada mesin tersebut akan memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan yang dapat dicapai oleh solusi otomatisasi, apakah itu peningkatan produktivitas, pengurangan limbah, atau kecepatan produksi yang lebih cepat.

SIMULASI KEUANGAN DAN OPERASIONAL

Setelah anda memahami opsi dan alternatif teknologi otomasi apa saja yang cook dengan usaha anda dan mengetahui kecocokan dengan benda kerja dan tenaga yang sudah anda miliki, maka saatnya anda membuat prediksi dan proyeksi dari produksi tersebut nantinya. Oleh sebab itu, disini perlulah anda persiapkan financial game atau simulasi plus dan minusnya terebih dahulu yang realistis.

Perusahaan dan rekanan yang dijadikan partner otomasi juga bisa saja tidak reliable walaupun nampaknya mereka memiliki modal yang kuat saat ini. Selalu ada resiko penolakan komplain dan lari dari tanggunjawab dari rekanan yang tidak profesional. Belum lagi resiko penolakan pembiayaan dari pihak perbankan maupun regulasi yang belum jelas dan perlu dipelajari secara utuh oleh tim ahli diperusahaan anda. Oleh sebab itulah anda juga harus bisa memutuskan apakah akan ada unit khusus secara internal perusahaan anda yang akan secara serius dan fokus menangani proses transisi ini tanpa rangkap jabatan dengan posisi operasional sekarang.

Terkadang justru lebih murah untuk membuka unit produksi baru full otomasi daripada merombak total unit produksi yang sudah ada. Bisa saja dengan menambah fitur DRO dan program training internal misalnya, justru lebih meningkatkan efisiensi dan lebih realistis daripada membeli unit machining center. Anda perlu meyakinkan para owner bahwa otomasi dilakukan karena langkah upgrade dan efisiensi telah dilakukan sebelumnya.

DRO merupakan upgrade yang wajib jika anda ingin memaksimalkan mesin manual anda. DRO yang lebih canggih lagi juga mampu untuk menyimpan dan mengatur pergerakan meja sesuai program via Smartphone seperti Android, tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Tentu saja proses transformasi tersebut tidak bisa dilakukan sekaligus. Pasti harus ada grace period atau toleransi secara bertahap. Anda sebaiknya membuat jadwal kerja berdasarkan tanggal dan periode keuangan sesuai dengan prediksi dan simulasi tersebut nantinya. Tentu saja perubahan ini juga akan mempengaruhi opportunity costs yang perlu di antisipasi.

KESIMPULAN

Tujuan akhir dari investasi sistem otomasi adalah meningkatkan efisiensi dan penyesuaian volume produksi. Terlepas dari kekuatan modal dan jenis assembly line dari workshop anda, otomatisasi pada akhirnya dapat menyederhanakan operasi manufaktur Anda sehari-hari, menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka yang panjang.

Mengidentifikasi semua yang perlu Anda ketahui saat mempertimbangkan solusi otomatisasi dan cara mengintegrasikannya dengan mulus ke dalam manufaktur Anda merupakan tanggungjawab yang besar.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 11, 2020 @ 3:16 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: