fbpx

Modernisasi kilang Refinery Development Master Plan (RDMP) Refinery Unit (RU) II Dumai didukung kontraktor Korea Selatan

PT Nindya Karya (Persero) bersama PT Pertamina (Persero) dan tiga Perusahaan asal Korea Selatan, DH Global, KOREIT dan LOTTE Engineering & Construction melaksanakan penandatanganan Perjanjian Studi Bersama (Joint Study Agreement) dalam pengembangan proyek revitalisasi Kilang Unit II, Dumai pada Jumat (25/06) yang dilakukan secara online.

Kegiatan penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Nindya, Haedar A. Karim dan Direktur Utama PT Kilang Pertamina International, Djoko Priyono secara langsung serta perwakilan dari DH Global, KOREIT dan LOTTE Engineering & Construction secara online disaksikan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Basilio Dias Araujo.

PT Nindya Karya (Persero) akan membantu PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) untuk menjaga angka tingkat komponen dalam negeri (TKDN) terkait modernisasi kilang atau Refinery Development Master Plan (RDMP) Refinery Unit (RU) II Dumai. Direktur Utama Nindya Karya Haedar A. Karim mengatakan pihaknya telah menggandeng beberapa mitra strategis asing dalam proyek tersebut, yakni DH Global dan Lotte Engineering And Construction Co. Ltd. Walakin, Haedar berkomitmen pihaknya akan menjaga batas bawah TKDN dalam proyek tersebut.

PT Nindya Karya (Persero) merupakan sebuah perusahaan konstruksi dengan kepemilikan saham dipegang oleh Negara Republik Indonesia dan PT PPA (Persero). Selain menjalankan usaha bidang konstruksi, Perseroan juga menjalankan usaha dalam bidang Engineering, Procurement, Construction (EPC) dan investasi.

Sebagai perusahaan konstruksi, Nindya telah membangun berbagai macam proyek bangunan di berbagai wilayah di Indonesia. Proyek itu meliputi pembangunan irigasi dan bendungan, dermaga, bangunan industri dan EPC, bandara, rumah sakit, apartemen dan hotel, bangunan komersial, jalan raya dan tol, jalan layang dan jembatan, bangunan olahraga, bangunan pendidikan dan berbagai bangunan komersial lainnya.

Proyek-proyek tersebut secara langsung dan tidak langsung telah memberikan kontribusi perekonomian negara. Dalam perjalanan panjangnya sebagai perusahaan kontruksi, Nindya Karya telah membangun sejumlah bangunan monumental yang menjadi landmark di Indonesia. Salah satunya adalah pembangjunan Stadion Gelora Bung Karno yang termasuk dalam salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia.

Adapun ruang lingkup dalam perjanjian ini meliputi aspek teknis maupun bisnis diantaranya kajian konfigurasi yang terdiri peninjauan unit Residu Fluid Catalyc Cracking (RFCC) dan studi optimasi untuk memproduksi produk yang bernilai tinggi,sedangkan dari aspek bisnis meliputi kajian model bisnis (termasuk skema pendanaan) dan skema bisnis yang optimal bagi para pihak, melakukan kajian kelayakan atas proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Dumai, melakukan kajian studi pasar serta melakukan pemetaan atas pihak – pihak lain yang dapat berkolaborasi untuk mendukung kelayakan proyek.

Dalam sambutannya, Basilio Dias Araujo mewakili pemerintah menyatakan bahwa revitalisasi kilang unit II Dumai merupakan satu dari 6 (enam) kilang yang masuk dalam program RDMP dalam rangka meningkatkan kedaulatan energi nasional. Selanjutnya, dirinya berharap bahwa langkah pertama ini dapat dilanjutkan dengan langkah – langkah berikutnya untuk dapat direalisasikan.

Posisi PT Nindya Karya (Persero) dalam Proyek Pengembangan Refinery Unit II, Dumai sendiri sejalan dengan visi Perusahaan untuk menjadi perusahaan global di bidang konstruksi dan investasi berbasis engineering yang terpercaya, terkemuka dan berkelanjutan. Berdasarkan data PT Pertamina (Persero), proyek RDMP meliputi empat proyek yakni RDMP Refinery Unit (RU) V Balikpapan, RDMP RU IV Cilacap, RDMP RU VI Balongan, dan RDMP RU II Dumai, RDMP RU III Plaju. Sementara itu, pembangunan kilang minyak dan petrokimia (grass root refinery/GRR) meliputi GRR Tuban dan GRR Bontang.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Siaran Pers Kementrian BUMN JUNE 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 27, 2019 @ 12:03 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: