DRO digital readout atau digital position numerical display fungsinya apa?

DRO merupakan instrumen pembacaan posisi digital berupa tampilan numerik yang dipasang pada mesin milling manual. Tampilan DRO menunjukkan posisi bagian dari meja ragum atau alat Anda. Lantas, apa manfaatnya bagi masinis? Tentunya agar menyelesaikan aplikasi lebih cepat dan lebih akurat.

KENAPA SISTEM DRO DIBUTUHKAN?

Tentu tidak semua pengusaha bengkel workshop sanggup membeli mesin milling full CNC dengan bahasa program G Code maupun mesin machining center. Malah mesin manual dengan penggunaan DRO bisa bekerja lebih cepat dan murah.

Dalam terminologi bengkel mesin, sistem Pembacaan Digital lengkap (terdiri dari komputer, encoder posisi sumbu, dan tampilan numerik) disebut dengan singkatan DRO. DRO sendiri umunya ada 2 jenis, yaitu tipe 2-axis pada sumbu X dan Y maupun 3-axis pada sumbu X-Y-Z.

Sistem DRO seperti itu biasanya dipasang pada alat berat di workshop saat ini, terutama untuk pengerjaan logam – mesin bubut, penggiling silinder, mesin milling, penggiling permukaan, boring mills, dan peralatan mesin lainnya – untuk memungkinkan operator bekerja lebih cepat dan dengan akurasi yang lebih besar.

DRO secara umum ada 2 variasi, yaitu tipe 2-axis dan tipe 3-axis.

UNIT DISPLAY READOUT APA SAJA KENDALANYA?

Mesin CNC biasanya dapat dialihkan ke operasi manual, dan dalam hal ini disimulasikan bentuk DRO pada panel kontrolnya.

DRO juga tidak terbatas pada mesin yang dioperasikan secara manual saja. DRO juga bisa digunakan untuk menyetel Jig dan Fixture dalam perakitan industri maupun untuk mesin tapping dan pengeboran Borring.

Masalah umum yang menyebabkan teknisi mesin membeli unit DRO adalah sebagia berikut:

1. Error dan salah membaca posisi dial handwheel. Hal ini bisa dilakukan dengan proses lubrikasi pada hand wheel dan proses reset pada posisi 0-0-0.

2. Kehilangan hitungan putaran roda, hal ini bisa dicegah dengan pengecekan jalur scale penggaris di Meja yang terpasang dan dijaga agar bersih. Namun Ekspansi termal juga bisa mempengaruhi skala linier karena perbedaan material. DRO model Kaca memiliki koefisien muai yang berbeda dari baja atau besi tuang. Suhu sekrup bola terlalu tinggi karena efisiensi penggulungan di atas 95%. Panas itu akan terbuang. Walaupun ini bisa saja efek lokal yang kecil dampaknya, gesekan juga terjadi di jalur pergeserannya sehingga DRO justru akan salah membaca karena perubahan suhu mua ini. ada efisiensi di bawah 90%. Bahan dan kualitas DRO juga menentukan nilai presisinya.

3. Gangguan konversi nilai peralihan dari metrik ke imperial, yang mudah dilakukan dengan DRO. Hal ini biasa ditangani dengan pembersihan berkala pada skala mistar scale maupun pada bagian unit power supply maupun baterai dari DRO tersebut.

Dengan menggunakan DRO, perkirakan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berhitung matematika. Pengurangan dalam perhitungan manusia berarti pengurangan kesalahan manusia, sehingga berkontribusi pada lebih sedikit memo dan lebih banyak keuntungan. Ketika Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memeriksa dan mengukur dan lebih banyak waktu untuk membuat suku cadang, produktivitas akan meningkat pesat.

KOMPONEN UNIT DRO & CARA KERJANYA

DRO kompatibel dengan banyak mesin yang berbeda, yang paling umum adalah pabrik dan mesin bubut. Pada mesin milling, DRO 3 sumbu menunjukkan posisi sumbu X dan Y dari tabel mill ditambah posisi sumbu Z dari cutting tool. Pada mesin bubut, DRO 2 sumbu tipikal menunjukkan posisi carriage dan cross slide.

Jadi bagaimana cara kerja perangkat ini? Secara sederhana, Komputer integral membaca sinyal yang dikirim dari encoder yang dipasang untuk melacak sumbu mesin. Encoder ini bisa linier atau rotari dan melaporkan pergerakan benda kerja ke layar. 

Encoder dalam kit DRO terdiri dari timbangan yang tetap diam dan timbangan yang bergerak bersama benda kerja. Encoder kemudian mengukur variasi posisi kedua skala. Kemudian, sinyal dikirim ke tampilan dengan salah satu dari dua cara: incremental atau absolute.

DRO sebaiknya dibeli satu0set dengan Linear scale mistarnya untuk memastikan kecocokan. Perhatikan juga jenis port colokannya agar berupa Serial yang sama. Merek yang lebih mahal dan lebih presisi ada juga yang sudah menggunakan port USB.

Incremental 

Kuncinya di sini adalah dengan gerakan tambahan, posisi tertentu tidak terlacak. Tujuannya hanya untuk mengukur perubahan pergerakan dari satu posisi ke posisi berikutnya.

Absolut atau Mutlak

Encoder absolut melaporkan dua hal. Mirip dengan encoder inkremental, ini menunjukkan jika pemosisian benda kerja telah berubah. Selain itu, posisi absolut pembuat enkode juga dilaporkan.

PILIH ENCODER TIPE LINEAR ATAU TIPE ROTARY?

Secara sederhananya, unit encoder linier lah yang melacak gerakan linier atau gerakan lurus sedangkan unit enkoder rotary melacak sumbu poros yang berputar. Masing-masing dirancang untuk mencatat perubahan maupun kesalahan terkait gerakan yang mereka lacak.

Encoder linier lebih sering digunakan daripada encoder rotari, baik untuk pekerjaan bubut maupun milling penggilingan. Inilah alasannya.

Ecoder tipe linier

Encoder adalah bagian yang terhubung ke bagian mesin yang bergerak. Karena encoder sangat dekat dengan gerakan kecepatan tinggi mesin, mereka dapat mengalami kerusakan akibat benturan dan pergeseran. Jadi Anda disarankan untuk membeli mistar yang bertipe logam dan menambahkan pelat pelindung untuk melindungi DRO Anda dari material serpihan logam yang terlempar.

Pembuat enkode linier membantu meminimalkan kesalahan dalam transmisi gerakan seperti serangan balik, histeresis, dan lainnya. Karena encoder ini mengukur pemosisian, maka encoder harus dipasang dengan hati-hati untuk memastikan integritas sinyal tidak terganggu.

Enkoder tipe rotary atau putar

Pembuat enkode putar mengukur rotasi. Dalam industri peralatan mesin, mereka paling baik untuk memantau rotasi spindel, namun ada beberapa masalah dengan pembuat enkode putar yang membuat opsi linier lebih populer.

Putaran menunjukkan posisi pahat dengan melacak jumlah putaran yang diperlukan motor untuk menggerakkan ballscrew. Namun, apa yang diabaikan oleh rotary encoder untuk melacak adalah efek dari gesekan signifikan yang ditempatkan pada ballscrew selama kecepatan tinggi dan kecepatan akselerasi / deselerasi. Efek itu disebut ekspansi termal, yang mengubah posisi mur yang bergerak di sepanjang sekrup bola dan juga alat pemotong. Jadi, moral dari cerita tersebut, jika memungkinkan, pertimbangkan encoder linier untuk unit DRO Anda.

Setiap pembuat enkode tersedia dalam berbagai jenis. Yang paling umum adalah encoder metode optik dan metode magnetik.

DRO yang baik umumnya memiliki fitur konektifitas dengan port yang sesuai. DRO yang lebih canggih lagi juga mampu untuk menyimpan dan mengatur pergerakan meja sesuai program via Smartphone seperti Android, tentunya dengan harga yang lebih mahal.


PILIH JENIS ENCODER TIPE LINEAR ATAU TIPE ROTARY?

Optik

Skala kaca adalah strip kaca tebal dengan dua sensor optik yang ditempatkan berdekatan untuk menjalankan beberapa bentuk pemindaian fotoelektronik. Pada dasarnya, timbangan optik menggunakan pantulan atau difraksi cahaya untuk mendeteksi pemosisian. Strip tersebut dibungkus dalam wadah aluminium tertutup. Housing adalah ukuran perlindungan yang vital, karena encoder optik sangat sensitif terhadap serpihan apa pun yang dapat mengganggu transmisi cahaya dan diposisikan secara langsung di tempat pekerjaan dilakukan.

Timbangan kaca adalah yang terbaik untuk pemesinan ultra-presisi karena timbangan ini menawarkan resolusi yang lebih tinggi daripada timbangan magnetis. Ini membuat mereka sangat populer di bidang manufaktur dirgantara yang lebih presisi atau jika memang perushaan anda budgetnya lebih banyak.

Magnetik
Encoder magnetik memiliki sensor yang memberikan informasi posisi dengan mendeteksi perubahan medan magnet. Jika aplikasi Anda memerlukan pembuat enkode yang panjang, pembuat enkode magnetik ditawarkan dengan panjang hingga 100 meter. Ukuran enkoder gaya magnet yang besar membuat proses pemasangan sedikit lebih sulit, namun gaya desainnya memungkinkannya menjadi sangat kuat.

KESIMPULAN

Alat kerja teknik memang beragam jenis dan cara pakainya. Akan tetapi sebagian besar terutama yang memiliki fungsi vital dan presisi harganya tidaklah murah.Tergantung dari aplikasi anda, entah sebagai seorang purchasing, pengusaha bengkel teknik, penghobi mekanik rumahan maupun pekerja profesional, anda pasti akan menggunakannya dan membutuhkannya. Jika anda seorang hobbyist yang biasanya tiap sabtu-minggu menyervis atau modif mobil atau motor sendiri, suatu saat pasti ingin punya alat ukur dan hand tools yang awet jika waktu dan uang memungkinkan.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 11, 2020 @ 3:16 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!