Chamfering itu fungsinya apa?

Chamfering itu merupakan teknik permesinan untuk menghasilkan jenis tepian yang tumpul dengan sudut tertentu pada permukaan material dan benda kerja. Teknik Chamfering juga menggunakan beragam tipe benda kerja dengan aplikasi unik namun sangat umum. Misalnya untuk operasional benda kerja butterfly valve yang membutuhkan tepian pipa yang bertemu dengan sudut 45 derajat, tentunya membutuhkan pisau frais end mill yang sesuai pula.

APA ITU CHAMFERING?

Dalam proses permesinan kontur pengerjaan material, tepi chamfering memiliki dua bagian serupa yang disebut bevel dan fillet yang menawarkan fungsi serupa, karena semuanya menghasilkan tepi yang halus. Chamfering, bevel, dan fillet sering dibandingkan tetapi sama sekali tidak mirip satu sama lain. Mereka sama karena tujuannya adalah untuk menghaluskan tepi yang bisa sangat tajam dan berbahaya. Secara teknis, semua proses deburring. Lalu, apa perbedaan ketiganya? Ini dapat dengan mudah diartikulasikan melalui visual.

Abrasive grinding wheel bisa digunakan untuk permesinan finishing dan membuat chamfering jika digunakan dengan mesin bubut yang tepat.

Pembuatan Tepi chamfering meningkatkan sifat visual dan juga desain fungsional. Jenis tepi khusus ini membuatnya lebih kokoh daripada tepi filet dan bevel. Selain itu, chamfer sangat bagus untuk menciptakan tepian yang dapat menyatu dengan mulus. Misalnya, jika dua benda kerja harus dilas bersama-sama pada sudut tertentu, akan lebih mudah bagi tepinya untuk menyatu jika dipotong dan dengan demikian memenuhi keakuratan dimensi yang diperlukan.

Dalam teknik, kata “bevel” tidak digunakan untuk merujuk pada talang chamfering. Masinis menggunakan chamfers untuk “meringankan” tepi yang tajam, baik untuk keamanan maupun untuk mencegah kerusakan pada bagian tepi. “Chamfering” terkadang dapat dianggap sebagai jenis “kemiringan”, dan istilah ini sering digunakan secara bergantian.

ALAT KERJA UNTUK CHAMFERING APA SAJA?

Meskipun chamfering dapat dilakukan dengan perkakas tangan, itu akan menjadi pilihan primitif. Alat kerja terbaik untuk operasional chamfering bisa dilakukan dengan penggilingan milling. Namun, jika Anda membuat lubang, Anda akan menggunakan bor atau bor titik yang biasanya terbuat dari baja tahan karat atau karbida padat.

Mengambil risiko menggunakan perkakas yang tidak dimaksudkan untuk pekerjaan chamfering, tidak sebanding dengan risikonya. Ada banyak pilihan yang tersedia dalam hal chamfering mills dan spot drill, jadi dikerjakan secara bertahap demi kualitas yang baik. 

Jenis fitur alat chamfering tersebut akan menghemat waktu Anda dengan siklus yang dipercepat dan uang karena Anda tidak akan berurusan dengan sisipan yang rusak di kiri dan kanan. Terakhir, alat kualitas hanya menambah pengiriman suku cadang berkualitas dan kompetitif kepada pelanggan Anda. Berikut ini alat kerja yang bisa anda pilih:

1. Countersink atau Counterbore

Pisau untuk membuat komponen fastener, tentunya membutuhkan lubang yang presisi dan model dudukan kepala sekrup dan baut yang tepat. Menggunakan countersinks maupun counterbore untuk kedalaman pengikat fastener yang tepat adalah salah satu cara untuk mencapai tuntutan ketat yang presisi ini.  

Desain dari kepala pisau countersink maupun counterbore ini bisa memberikan akurasi pada komponene yang nantinya akan dikencangkan. Setelah proses drilling pengeboran maupun proses reaming atau pelebaran, proses Chamfering yang meliputi Countersink maupun Counterbore memberikan ketelitian yang lebih tinggi pada material baja tahan karat dan logam non-ferrous, serta suhu yang lebih dingin dari pada mata bor atau drill bit.

Counterbore  merupakan cutting tool yang bentuknya seperti reamer namun dengan kedalaman mata potong yang lebih pendek agar memungkinkan baut dan ring washer bisa masuk. Counterbore akan memperlebar diameter lubang yang dipotong menjadi sesuai untuk baut pada mesin maupun komponen logam agar tampak merata dengan permukaan. Lubang counterbore didefinisikan sebagai lubang berbentuk silindris dan datar yang biasanya membesar menjadi lubang koaksial lain. Lubang biasanya digunakan setiap kali fastener, misalnya, sekrup tutup kepala soket, diperlukan untuk duduk rata di bawah atau di dalam tingkat permukaan benda kerja.

Countersink merupakan cutting tool conical atau lubang kerucut yang dipotong menjadi objek yang diproduksi, atau pemotong yang digunakan untuk memotong lubang tersebut. Countersink pada umumnya digunakan untuk memungkinkan kepala baut countersunk, sekrup atau paku keling, ketika ditempatkan di dalam lubang sehingga bisa menempel rata atau flush dengan permukaan bahan sekitarnya

Counterbore maupun countersink memang dirancang untuk berbagai aplikasi seperti deburring, chamfering, dan Counterboreing. 

2. Pisau Router 

Pisau frais model router juga memungkinkan operasional chamferring dengan mesin router maupun dengan mesin milling. Anda hanya perlu menyesuailkan dengan sudut potong kemiringan dan jenis material pisaunya.

isau outer juga ada yang berbentuk alat kerja tangan power tool dalam bentuk aslinya. Ini adalah bidang tangan khusus dengan alas lebar dan bilah sempit yang menonjol jauh melampaui pelat dasarnya. Alat listrik berupa router, dengan spindel yang digerakkan oleh motor listrik, sekarang menjadi bentuk yang lebih umum. Versi alat tangan sekarang sering disebut bidang router; untuk beberapa tugas, masih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan perkakas listrik. Beberapa pekerja menganggap router listrik sebagai salah satu perkakas listrik pertukangan yang paling serbaguna. Router kayu CNC model vertical bed yang lebar juga ada yang menerapkan keunggulan Computer Numerical Control (CNC).

Pisau router ini tidak seperti reamer yang hanya memperlebar diameter, tetapi juga memiliki kemampuan memotong aksial dengan sudut tajam kemiringan sehingga sangat ideal untuk logam ringan dan plastik selain dari deburring dan talang kecil. 

3. Pisau Frais Ball End, bull nose atau Endmill bermata melingkar tajam bentuk bola

Pisau frais ini umumnya bermaterial HSS dan bisa dignakan untuk beragam permukaan. Pilih saja diameter yang sesuai dengan holder mesin anda. Pisau frais endmill Ball end juga dapat digunakan untuk menghilangkan serpihan material yang tersisa dari operasi pengeboran atau tapping atau proses deburring seperti reamer dengan demikian meningkatkan hasil akhir produk dan menghilangkan ujung tajam yang berbahaya.

4. Grinding wheel atau Abrasive Wheel

Merupakan pisau potong abrasif yang bisa digunakan untuk memotong material dengan kemiringan tertentu dengan hasil yang halus. Perhatikan saja grit dari abrasive wheel ini dan sudut kemiringan potong sebelum digunakan. Anda bisa menggunakan mesin bor tangan atau mesin bor dremel maupun mesin yang terkunci seperti mesin drill press maupun mesin tapping dengan holder yang sesuai.

Abrasive Flap wheel juga bisa digunakan untuk proses Chamfering, terutama jika digunakan pada mesin milling maupun mesin dremel.

5. Rotary Burr Drill Mill

Pisau ini digunakan untuk menumpulkan tepian material yang tajam. Rotary burr memungkinkan pengerjaan penumpulan dengan operasional mirip dengan end mill biasa. 

Rotary burr merupakan bentuk praktis dari mata kikir file yang dipotong secara linier (karenanya nama alternatifnya, file putar). Mereka juga dalam banyak hal sebanding dengan endmill dan bit router; perbedaannya adalah bahwa yang terakhir biasanya memiliki jalur perkakas yang dikontrol oleh mesin, sedangkan gerinda sering digunakan secara bebas. Namun, ada tumpang tindih substansial dalam penggunaan dan kontrol jalur alat dari berbagai kelas pemotong ini, dan dalam hasil yang dicapai dengan mereka. Misalnya, endmill dapat digunakan di router, dan burr dapat digunakan seperti endmill di milling dengan CNC atau peralatan mesin manual. Bahkan, burr (perkakas) sering digunakan di pusat permesinan CNC untuk menghilangkan gerinda (serpihan kecil logam) setelah proses pengerjaan.

Untuk mempertahankan kecepatan permukaan dan kondisi pemotongan yang benar, gerinda diputar dengan kecepatan tinggi (ribuan atau puluhan ribu RPM; seringkali kecepatan tertinggi tersedia pada spindel tertentu). Pemotong yang ditunjukkan pada gambar dibuat dari tungsten karbida, yang memungkinkannya beroperasi pada kecepatan lebih tinggi daripada pemotong HSS serupa, namun tetap mempertahankan tepi tajamnya.

Karena tepi pemotongan gerinda sangat kecil, mereka sering kali dapat disentuh saat diputar dengan jari tanpa memotong kulit, yang melenturkan ke luar, meskipun tidak aman untuk mencubit atau mencengkeramnya dari dua sisi. Benda kerja logam keras atau keramik tidak dapat melentur di luar tepi tajam, sehingga alat menghilangkan material darinya. Karakteristik ini membuat gerinda cocok untuk kedokteran gigi, karena alat akan menggerus enamel gigi yang keras, namun meninggalkan jaringan lunak mulut yang tidak terluka jika alat tersebut secara tidak sengaja menyentuhnya.

6. Bilah arit teknik atau Hand Deburring Tool

Ragam variasi mata deburring tool tipe manual.

Cukup seret bilah di sepanjang tepi lembaran logam dengan bilah arit deburring ini. Jika anda memiliki bilah ekstra, mata pisaunya bisa diganti dan disesuaikan dengan prodil finishing yang diinginkan. Alat ini juga sering kali disebut sebagai pisau Noga yang merujuk pada pisau deburring tool merek NOGA yang merupakan buatan Israel.

Mekanisme pemegang telescoping dari hand deburring tool ini menerima semua blade apa saja seperti gagang handel obeng yang bisa dilepas-pasang.

7. Kikir File Hand Deburring Tool

File atau biasa dikenal dengan nama kikir merupakan alat yang digunakan untuk menghilangkan sejumlah kecil material dari suatu benda kerja. Hal ini biasa terjadi dalam pekerjaan pertukangan kayu, pengerjaan logam, dan perdagangan serupa dan tugas hobi lainnya.

Sebagian besar perkakas tangan kikir ini berbentuk kotak batang baja keras berbentuk persegi panjang, persegi, segitiga, atau penampang bundar, dengan satu atau lebih permukaan dipotong dengan gigi yang tajam dan umumnya sejajar. Ujung penjepit yang diameternya sempit dan runcing ada di salah satu ujung, di mana handel pegangan dapat dipasang.

File tersedia dalam berbagai macam bahan, ukuran, bentuk, potongan, dan konfigurasi gigi. Penampang file bisa datar, bulat, setengah bulat, segitiga, persegi, ujung pisau, atau dengan bentuk yang lebih khusus. File baja terbuat dari baja karbon tinggi (1,0 hingga 1,25% karbon) dan mungkin melalui pengerasan atau pengerasan casing.

Kikir merupakan bentuk file dengan gigi yang berbeda dan dipotong satu per satu yang digunakan untuk menghilangkan material dalam jumlah besar secara kasar.

File juga telah dikembangkan dengan permukaan abrasif, seperti butiran berlian alami atau sintetis atau silikon karbida, memungkinkan pengangkatan material yang akan kusam atau menolak logam, seperti keramik.

KESIMPULAN

Anda pasti ingin mencari pisau chamfering yang dibuat untuk menahan pengumpanan dan kecepatan yang dioptimalkan, dan untuk alat yang multifungsi. Jaman sekarang, kesuksesan bagi kalangan pabrikasi berarti penyelesaian pekerjaan dengan spesifikasi yang tepat dan gambar desain sesuai dengan pesanan pelanggan.

Metalextra menawarkan rangkaian alat Threading dan Tapping lengkap yang mencakup semua profil ulir dan grup bahan – dioptimalkan hingga proses pengujian akurasinya. Ada banyak pilihan solusi yang bisa dioptimalkan untuk fleksibilitas fastener yang anda kerjakan. Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat Countersink, Counterbore, deburring, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 30, 2020 @ 2:15 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!