Pertamina Subholding Upstream target pengurangan  emisi mencapai 33.296 tonCo2eq dan mencatatkan potensi efisiensi biaya Rp 66,4 M

Subholding Upstream Pertamina mengimplementasikan pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan dalam pelaksanaan proses bisnis di hulu migas, Sesuai dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan nilai-nilai Environmental, Social, and Governance (ESG). 

Dengan fokus keberlanjutan berupa mengatasi perubahan iklim atau mengurangi dampak lingkungan, Subholding Upstream melakukan berbagai macam program yang dilakukan di seluruh Regional, khususnya Regional Jawa dan Kalimantan. 

“Program-program yang dijalankan ini juga mendukung upaya Pemerintah Indonesia mewujudkan target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)”, ujar Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina, Selasa (02/11). 

Hingga saat ini, tambah Arya, Subholding Upstream Pertamina tengah jalankan 2 project utama yaitu efisiensi energi dan pengurangan emisi serta rencana penerapan energi terbarukan melalui penggunaan Panel Surya. 

‘’Efisiensi energy di Subholding Upstream dilakukan melalui pengurangan bahan bakar fosil, meningkatkan keandalan dan efisiensi mesin serta optimalisasi sistem produksi. Dengan berbagai macam program yang dilakukan di tingkat zona, target pengurangan  emisi mencapai 33.296 tonCo2eq dan mencatatkan potensi efisiensi biaya hingga Rp 66,4 M,’’ jelas Arya Dwi Paramita. 

Selain itu, pengurangan emisi dilakukan melalui program penonaktifan suar (flare), pengurangan suar (flare) gas dan pemanfaatan gas. Dalam pelaksanaannya, Subholding Upstream mencatatkan target pengurangan emisi hingga 83.895 tonCo2eq. 

‘’Masih ada program-program lain yang sedang dalam tahap perencanaan dan persiapan oleh Subholding Upstream sehingga kontribusi pengurangan emisi akan terus meningkat’’ tambah Arya. 

Subholding Upstream juga telah merencakan penerapan energi terbarukan melalui penggunaan Panel Surya yang nantinya dapat berkontribusi dalam pengurangan emisi.

‘’Subholding Upstream akan terus berkomitmen dalam mendukung kinerja perusahaan mencapai ESG sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Pertamina,’’ pungkas Arya

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Siaran Pers Kementrian BUMN NOVEMBER 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 27, 2019 @ 12:03 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: