Perusahaan Jepang meminta jalur hijau untuk investasi baru di Filipina sebesar Rp. 43,5 Triliun

Perusahaan Jepang tetap tertarik untuk berinvestasi di Filipina karena mereka mengharapkan jalur ekspres di negara itu untuk memfasilitasi investasi mereka.

Dalam sebuah pernyataan Kamis, 15 July 2021, Departemen Perdagangan dan Industri pemenrintah negeri Filipina atau  Department of Trade and Industry (DTI) mengatakan agensi tersebut melakukan dialog bisnis dengan perusahaan Jepang di mana mereka menyatakan minatnya untuk mengeksplorasi ekspansi dan diversifikasi produk yang akan diproduksi di sini.

Sebagian besar perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur elektronik dan peralatan medis, tambah DTI. Perusahaan Jepang ini termasuk Brother Industries, Canon Inc., Seiko Epson Corp., Terumo Corp., JMS Co., Ltd., ROHM Co., Ltd., NIDEC Corp., Minebea Mitsumi Inc., Murata Manufacturing Co., Ltd. , dan IBIDEN Co., Ltd.

DTI mengatakan perusahaan-perusahaan ini mengincar sekitar USD3 miliar (IDR. 43,5 Triliun) investasi di negara ini.

Namun, mereka menyatakan keprihatinan dan mengatakan rencana ini menghadapi hambatan operasional dan fiskal. Mereka mengutip sebagai contoh penerbitan visa perjalanan yang tepat waktu untuk eksekutif dan insinyur mereka, pemrosesan dan pelepasan izin dan lisensi oleh badan pengatur, PPN (pajak pertambahan nilai) dan pajak tambahan lainnya oleh LGU (unit pemerintah lokal), dan akses ke Vaksinasi Covid-19,” katanya.

Perusahaan-perusahaan Jepang meminta jalur hijau untuk investasi asing yang signifikan seperti yang diberikan oleh pemerintah lain di Asean kepada investor. Mereka menambahkan jalur ekspres ini akan membantu membuat negara tetap kompetitif dalam menarik investasi asing.

Seiring dengan pemulihan Filipina yang lebih baik dari pandemi, kami akan memperkuat hubungan perdagangan dan investasi dengan negara lain, khususnya Jepang. Bagaimanapun, Jepang telah menjadi mitra dagang dan sumber investasi yang kuat dan penting bagi Filipina. Negara ini adalah tuan rumah yang ideal untuk kegiatan manufaktur dan R&D (penelitian dan pengembangan) Jepang di bidang elektronik, printer, dan perangkat medis,” kata Menteri Perdagangan Ramon Lopez.

Jepang merupakan sumber utama investasi asing negara itu pada kuartal pertama tahun ini, menyumbang 54,1 persen dari total investasi asing yang disetujui. Pada tahun 2020, Jepang adalah pasar ekspor teratas negara itu dan pemasok impor terbesar kedua dengan nilai masing-masing $10,03 miliar dan $8,62 miliar, sehingga total perdagangan barang bilateral menjadi $18,65 miliar. Ini mempertahankan posisi nomor satu pada tahun 2021, dengan ekspor ke Jepang mencapai $ 2,69 miliar dari Januari hingga April 2021.

Jepang juga secara tradisional menempati peringkat sebagai salah satu sumber utama investasi asing langsung ke Filipina. Pada Q1 2021, Jepang melampaui komitmen investasi asing, menyumbang 54,8 persen dari total FI yang disetujui selama kuartal tersebut.

Sebagai pengekspor terbesar negara itu, industri elektronik menyumbang 62 persen dari seluruh ekspor Filipina ke dunia, dengan nilai $39,7 miliar pada tahun 2020. Meskipun sangat bergantung pada impor, para ahli memproyeksikan sektor perangkat medis Filipina tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR ) sebesar 9,3 persen menjadi $744,7 juta pada tahun 2021.

Terakhir, para pencari lokasi menyatakan keinginan mereka untuk beralih ke sumber energi terbarukan dan membawa operasi mereka sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB. Salah satu pencari lokasi yang mempekerjakan lebih dari 23.000 orang Filipina di tiga pabriknya berbagi bahwa pelanggan utama mengharuskan pemasoknya untuk beralih ke sumber energi terbarukan penuh pada tahun 2023 dan meminta bantuan untuk memenuhi persyaratan ini.

KESIMPULAN

Di Metalextra.com kami yakin dengan peningkatan berkelanjutan dari teknologi produksi yang baik jika dikombinasikan dengan pengujian dan pengembangan, memungkinkan kami untuk menawarkan produk-produk berkualitas tinggi yang membantu perusahaan-perusahaan manufaktur di berbagai industri dan tentunya demi meningkatkan produktivitas anda. Kami juga menawarkan solusi perangkat alat ukur presisi berkualitas tinggi asal Swiss, Jerman, Taiwan, Jepang.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Siaran Pers Republic of Philippines, Department of Trade and Industry (DTI) JULY 2021 https://www.pna.gov.ph/articles/1147165

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: