Reamer itu apa sih?

Cutting tool Reamer merupakan jenis alat potong putar yang digunakan dalam pengerjaan logam. Reamers presisi dirancang untuk memperbesar ukuran lubang yang terbentuk sebelumnya dengan jumlah kecil tetapi dengan tingkat akurasi yang tinggi untuk meninggalkan sisi yang halus. Ada juga reamers non-presisi yang digunakan untuk pembesaran lubang yang lebih mendasar atau untuk menghilangkan gerinda. Proses memperbesar lubang disebut reaming. Ada berbagai jenis alat untuk membesarkan lubang dan dapat dirancang untuk digunakan sebagai perkakas tangan atau perkakas mesin, seperti mesin milling atau bor drill press.

Seperti alat pemotong cutting tool industri lainnya, ada dua metode bahan material yang digunakan untuk membangun reamer: dipanaskan dengan heat treated dengan material lain dan solid keras. Bahan-bahan yang diberi perlakuan panas terdiri dari baja yang berbeda, terutama karbon biasa (tidak murni, dianggap sudah tidak digunakan saat ini) dan baja berkecepatan tinggi. Bahan keras yang paling umum adalah tungsten carbide (padat atau berujung), tetapi reamers dengan tepi kubik boron nitrida (CBN) atau berlian juga ada.

Perbedaan utama antara kedua kategori adalah bahwa material keras biasanya tidak terpengaruh oleh panas yang dihasilkan oleh proses pemesinan dan mungkin benar-benar mendapat manfaat darinya. Sisi bawah adalah bahwa mereka biasanya sangat rapuh, membutuhkan pinggiran yang sedikit tumpul untuk menghindari fraktur. Ini meningkatkan kekuatan yang terlibat dalam pemesinan dan karena alasan ini bahan keras biasanya tidak direkomendasikan untuk mesin ringan. Materi yang diberi perlakuan panas, di sisi lain, biasanya lebih keras dan tidak memiliki masalah memegang ujung yang tajam tanpa terkelupas dalam kondisi yang kurang menguntungkan (seperti di bawah getaran). Ini membuatnya memadai untuk perkakas tangan dan mesin ringan.

Material Reamer

Jenis Reamer umunyaAplikasi
High-speed steelsBisa digunakan untuk semua material dan hampir semua merek cutting tool
Kekerasan material hingga Rc 67. Tajam pisaunya, yang berarti lebih sedikit kekuatan cutting.
Reamer yang versi kobalt tinggi (HSS-Co) sangat tahan terhadap panas dan karenanya sangat baik untuk reaming abrasif
dan / atau bahan pengerasan kerja seperti titanium dan stainless steel.
Tungsten carbideHarganya pasti lebih mahal dari baja berkecepatan tinggi HSS.
Kekerasan material hingga 92 Rc. Akan bertahan lebih lama dari baja berkecepatan tinggi (biasanya sekitar 10: 1) saat reaming baja.
Diperlukan untuk rim bahan logam campuran yang dikeraskan.
Cocok untuk Cast aluminium seperti inconel(karena kandungan silikon tinggi).

 

Material kerja Reamer

Dalam aplikasinya, Aluminium standar dan kuningan/Brass merupakan benda kerja khas dengan peringkat machinability yang mudah karena materialnya lebih lunak. Besi cor, baja ringan dan plastik memiliki peringkat yang baik. Namun, Stainless steel memiliki peringkat yang buruk karena ketangguhannya dan cenderung bekerja keras saat dikerjakan sehingga membutuhkan cairan coolant atau oli pendingin saat pengerjaannya.


 

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!