Scarfing proses apa sih?

Proses skiving, yang berarti “mengiris”, dapat diterapkan ke berbagai aplikasi dan bahan. Dalam kulit, pisau skiving memangkas ketebalan kulit, sering di sekitar tepi, untuk mengencerkan bahan dan membuatnya lebih mudah untuk dikerjakan. Dalam pengerjaan logam, skiving dapat digunakan untuk menghilangkan dimensi material yang tipis atau untuk membuat irisan tipis pada material yang ada, seperti heat sink di mana sejumlah besar area permukaan diperlukan relatif terhadap volume potongan logam.

SKIVING DALAM METALWORKING ITU APA?

Skiving atau scarfing merupakan proses memotong bahan material logam menjadi irisan yang tipis dan kecil pipih. Dalam teknik pengerjaan logam, skiving dapat digunakan untuk menghilangkan dimensi tipis material atau untuk membuat irisan tipis pada material yang ada, seperti heat sink dan gardan bersirip tipis di mana diperlukan sejumlah besar luas permukaan relatif terhadap volume potongan logam.

KAPAN SKIVING DIPERLUKAN?

Skiving merupakan metode machining proses pembuatan roda gigi, yang dengan solusi khusus dapat diterapkan pada roda gigi internal dan eksternal. Skiving – terutama dalam hal solusi dengan head karbida padat yang dapat diganti – memungkinkan penyelesaian profil gigi, dan saat ini dapat dilakukan tidak hanya dengan mesin pemotong roda gigi CNC generasi terbaru tetapi juga dengan mesin multi-tugas atau pusat permesinan modern.

Proses Skiving atau scarfing ini melibatkan pemindahan setrip melewati alat berlubang yang diprofilkan dengan presisi yang dibuat dengan bentuk yang tepat, atau melewati alat pemotong biasa. Alat tersebut biasanya terbuat dari pisau frais berbahan dasar Tungsten karbida.

Mirip seperti teknik Broaching, pada mesin awal, diperlukan untuk memposisikan strip secara tepat relatif terhadap alat pemotong, tetapi mesin yang lebih baru menggunakan teknologi suspensi mengambang yang memungkinkan alat untuk menemukan lokasi melalui kontak material. Hal ini memungkinkan perbedaan pemosisian awal yang saling menguntungkan hingga sekitar 12 mm (0,47 inci) diikuti dengan pengikatan otomatis yang tangguh. Produk yang menggunakan teknologi ini secara langsung adalah pegas sabuk pengaman otomotif, strip belitan transformator daya besar, pelat rotogravure, klem kabel dan selang, tali tangki bensin, dan pegas penyeimbang jendela. Produk yang menggunakan proses secara tidak langsung adalah tabung dan pipa di mana tepi strip dimiringkan secara akurat sebelum dilipat menjadi bentuk tubular dan dilas dengan jahitan. Tepi yang miring memungkinkan pengelasan tanpa lubang jarum.

Ini tidak dapat dianggap sebagai metode manufaktur baru, mengingat paten pertama skiving diajukan di Jerman pada tahun 1910. Namun, selama hampir satu abad, hal itu tidak menyebar karena keterbatasan teknologi baik dalam hal perangkat lunak maupun perangkat keras, yang tidak menyebar. • memastikan keandalan, presisi, dan kecepatan untuk membuatnya nyaman dan produktif.

BAGAIMANA CARA KERJA SCARFING?

Untuk mendapatkan gambaran kasar tentang prinsip pengoperasian, dapat dibayangkan menggabungkan hobbing roda gigi dengan pembentukan roda gigi. Pemotong skiving dapat dikaitkan dengan proses dengan kompor roda gigi multi-benang; dengan mengekstraksi jumlah utas kompor gigi, sehingga setiap prinsip sesuai dengan gigi pemotong, Anda akan mendapatkan alat skiving.

Tidak seperti gear hobbing, proses skiving menciptakan distribusi chip yang tidak teratur dengan sudut rake negatif di pintu keluar ujung tool; Oleh karena itu, diperlukan pendekatan multi-lintasan dalam skiving.

Berkat evolusi teknologi terkini dari peralatan mesin, perangkat lunak, dan perkakas itu sendiri, saat ini skiving adalah pilihan yang cepat, efisien dan fleksibel untuk memproduksi roda gigi.

Teknologi skiving ini memungkinkan untuk mengerjakan komponen dalam semua tahapannya pada satu mesin multi-tasking atau pusat permesinan dengan satu pengaturan. Oleh karena itu, ini menghilangkan kebutuhan untuk memiliki mesin yang lebih berdedikasi, menghindari kesalahan penyiapan yang berasal dari transfer dari satu mesin ke mesin berikutnya, menghilangkan kesalahan run-out radial hampir sepenuhnya.

Pendekatan scarfing atau skiving ini memungkinkan untuk secara signifikan mengurangi total waktu pemesinan dibandingkan dengan proses-proses yang mencakup operasi broaching, profiling atau hobbing, memastikan pemesinan komponen yang andal dan berulang.

Ketepatan dalam sinkronisasi antara spindel benda kerja dan spindel pahat, kini dimungkinkan bahkan pada kecepatan potong tinggi, menjamin kinerja tinggi dengan tetap mempertahankan kualitas.

PISAU SKIVING ATAU SCARFING YANG BAGUS BAGAIMANA?

Dalam skiving, setiap cutting edge pada pahat akan mengerjakan satu gigi dari komponen dalam proses pemotongan berkelanjutan, sehingga mewakili alternatif yang sangat efisien untuk pembentukan gigi, bahkan dalam kaitannya dengan broaching.

Produktivitas dan keserbagunaan metode ini membuatnya cocok untuk menghasilkan potongan tunggal dan lot berukuran sedang.

Skiving sangat penting terutama saat menangani komponen roda gigi kecil atau dengan ruang keluar pendek yang akan mencegah penggunaan roda gerinda. Dalam kasus ini, ruang keluar pahat akan menjadi berlebihan, dan ini akan merusak bahu atau bagian yang tidak boleh disentuh sesuai gambar. Sebaliknya, berkat berkurangnya ruang keluar yang dibutuhkan dari skiving tool, banyak kekurangan umum yang ada dalam proses manufaktur lainnya dapat dihindari.

KEUNGGULAN TEKNIK SCARFING ITU APA?

Solusi inovatif dengan sisipan karbida akan menghilangkan kebutuhan untuk mengasah perkakas, yang tidak dapat dihindari saat menggunakan perkakas padat tradisional. Ini berarti bengkel tidak lagi dipaksa untuk menyimpan alat kembar, mengoptimalkan gudang alat.

Perkembangan teknologi mata pisau frais dari Carbide yang tipe indexable maupun solid memungkinkan manajemen ketajaman dan perawatan pisau Skiving lebih mudah. Bahkan beberapa merek pisau Skiving Solid bisa diasah dengan batu abrasif wheel hingga 4x, untuk menjaga bentuk gagang dan mengubah ketajaman pisau frais ini di akhir masa pakainya. Manfaat utama skiving adalah:

  • Pemesinan komponen lengkap dengan satu pengaturan

  • Pengurangan fase pemrosesan sehingga lebih cepat

  • Pengurangan mesin berhenti

  • Pengurangan waktu produksi

  • Peningkatan kinerja dan produktivitas

  • Kualitas dan prediktabilitas yang lebih baik

  • Pengurangan biaya

  • Durasi dan kenyamanan

  • Penghapusan regrinding dengan solusi sisipan

  • Kemampuan untuk bekerja di depan bahu

KESIMPULAN

Aplikasi skiving logam lainnya adalah untuk silinder hidrolik, di mana lubang silinder bulat dan halus diperlukan untuk aktuasi yang tepat. Beberapa pisau skiving pada pahat bundar melewati lubang untuk menciptakan lubang bundar yang sempurna. Seringkali, operasi kedua roller burnishing mengikuti untuk mengerjakan permukaan dengan dingin sampai selesai dengan cermin. Proses ini biasa terjadi di antara produsen silinder hidrolik dan pneumatik. Dibandingkan dengan mengasah, skiving dan roller burnishing lebih cepat dan biasanya memberikan toleransi yang lebih tepat dan kontrol permukaan akhir yang lebih baik.

Skiving dapat diterapkan pada pemotongan gigi, di mana roda gigi internal digambarkan dengan pemotong rotari (bukan berbentuk atau disambungkan) dalam proses yang dianalogikan dengan hobing roda gigi eksternal. Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan metalworking maupun consumable machine tool silakan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan refernsi anda! Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 9:47 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: