Search Engine Marketing itu apa sih?

Bagi kalangan pengusaha industri bengkel bubut maupun subkontraktor teknik, mendapakan limpahan proyek kerja dan memenangkan Purchase order dengan jumlah yang memuaskan tentu saja bisa memperbesar peluang sukses. Namun bagaimana caranya agar mendapatkan enquiry dan peluang sales lead yang terjamin di era Industrial Revolution 4.0 yang serba cepat ini? Artikel kali ini membahas tentang teknologi Digital Marketing dan jasa Search Engine Marketing dari ahlinya SEOTES.com

DARIMANA HARUS MEMULAI?

Pemasaran malalui media periklanan secara umum memang memakan biaya yang tidak sedikit. Barisan iklan di media koran dan biaya ikut serta pameran bisa mencapai angka ratusan juta rupiah, itupun belum tentu menghasilkan peluang sales lead yang memadai. Memang dunia pemasaran offline jangkauannya terbatas oelh jarak dan waktu. Kadang perusahaan yang modalnya kuat pun hanya bisa sanggup mengikuti event pameran nasional sekali setahun, itupun terbatas dikota besar seperti Jakarta dan Surabaya saja.

Langkah pertama dalam penerapan strategi pemasaran tentu masih berat karena belum memiliki data referensi dan statistik pendukung argumen kita. Jika saat ini anda masih mengandalkan referensi mulut ke mulut atau promosi baliho dari banner di persimpangan jalan maupun mengikuti pameran yang menghabiskan ratusan juta rupiah atau iklan di media sosial yang berbayar, kadang sulit sekali untuk membuktikan kepada atasan atau membenarkan hasil langsung dari dana yang sudah dikeluarkan tersebut.

Dalam dunia bisnis, Return of investment atau tingkat balik modal biasanya ditentukan dengan besaran dana promosi yang dkeluarakan berbanding dengan besarnya nilai uang atau nilai pendapatan yang didapat. Seringkali Return of Investment ini juga bisa diraih dalam jumlah tertentu dan masa operasional paling tidak 1 hingga 3 tahun setelah biaya pemasaran dikeluarkan. Lalu bagaimana caranya agar tetap terus mendapakan sales lead atau prospek penjualan secara teratur dan terukur? Tentu saja dengan mengaktifkan strategi pemasaran secara konvensional tersebut yang digabungkan dengan srategi pemasaran online!

Strategi pemasaran Funnel-marketing yang bentuknya seperti corong minyak ini akan menjangkau calon konsumen berdasarkan tahapan proses pembelian dan pencarian informasi. Tiap tahapan tentu membutuhkan strategi yang berbeda nanmun saling terkait.

KOMBINASI SEARCH ENGINE MARKETING & MARKETING KONVENSIONAL SOLUSINYA!

Setiap badan usaha saat ini memang diwajibkan untuk menampilkan identitas diri secara online melalui media sosial maupun website pribadi. Setiap produk dan jasa memang membutuhkan identitas merek yang bisa membedakannya dengan kompetitor. Oleh karena itulah perlunya diciptakan merek dan penanda yang bisa membedakan. Namun bagaimana jika logo dan merek yang anda kelola tersebut masih kurang diketahui calon konsumen? Anda membutuhkan tagline Marketing atau biasa juga disebut dengan istilah jargon.

Tagline pemasaran ini bisa juga digunakan sebagai kata kunci atau keyword online yang berupa slogan pendek yang digunakan oleh bisnis atau merek untuk meringkas misinya dan produk atau layanan yang ditawarkannya. Tagline memang dirancang agar menarik, disingkat dengan pintar atau bahkan kontroversial untuk membedakannya dari tag line atau slogan yang digunakan oleh perusahaan lain sehingga lebih mudah diingat.

Perusahaan dan merek juga harus secara konsisten menggunakan tag line mereka pada setiap bagian materi pemasaran dan komunikasi, termasuk kartu nama, alat tulis, situs web, dan profil media sosial dalam kurun waktu yang telah ditetapkan dan direncanakan sebelumnya.

Tentu saja dalam usaha yang menyangkut hubungan bisnis ke bisnis atau B2B, keberadaaan website sudah seperti memiliki alamat rumah didunia internet. Layaknya alamat rumah, maka semakin menarik dan mudah dicari alamatnya makan semakin mudah pula para prospek konsumen anda untuk mengunjungi dan melihat-lihat barang dan jasa yang anda tawarkan.

Intinya, dunia internet itu sangat luas sekali. Bisa saja anda yang berada di kota Batam Indonesia bisa memenangkan enquiry proyek pesanan bubut dari pelanggan di Amerika Serikat atau Jepang. Oleh sebab itu dalam ‘menarik’ perhatian setiap pelanggan, anda memerlukan strategi khusus di setiap tahap saluran (Oleh karena itu, konsumsi pesan tertentu atau memerlukan konten kreatif.). Anda perlu menyesuaikan strategi pemasaran. Pendekatan pemasaran digital ini juga membawa pada keseluruhan taktik pemasaran yang Anda gunakan untuk kampanye offline atau titik penjualan tertentu.

SEOTES menawarkan strategi Search Engine Marketing yang merupakan solusi tercanggih bagi kalangan usaha untuk meraih proyek kerja dan sales lead dengan efisien.

LANGKAH AWAL SEARCH ENGINE OPTIMISATION

Strategi awal dari penerapan strategi pemasaran digital melalui teknik SEO harus dimulai dengan penelitian kata kunci atau keyword yang sesuai dengan jenis usaha anda. Strategi keyword ini akan membantu memandu strategi konten Anda, memungkinkan Anda untuk benar-benar memahami bagaimana audiens Anda mencari produk atau layanan Anda, dan tahu bagaimana memenuhi permintaan itu. Jadi, begitu Anda mulai membangun halaman di sekitar konten itu dan di sekitar penelitian kata kunci itu, Anda juga perlu memastikan bahwa halaman tersebut dapat ditemukan, dirayapi, dan diindeks oleh mesin pencari. Di situlah SEO teknis berperan, karena Anda dapat membuat konten yang paling indah, konten yang paling berwawasan dan sempurna yang akan disukai pembaca Anda, tetapi jika Anda tidak melakukan SEO teknis, tidak ada yang akan melihatnya. , jadi tidak ada gunanya membuat konten itu sejak awal.

SEO secara teknis mencakup hal-hal seperti; memastikan Anda hanya menyediakan satu versi halaman website Anda yang menjabarkan tentang keunggulan usaha anda, keahlian dan galeri produk dan jasa yang anda tawarjan, hingga tulisan dan tampilan update sosial media anda yang bisa dilihat dari website anda sendiri. Anda dapat melakukannya dengan bantuan fokus kata kunci tematik berupa tag kanonik yang selalu konsisten anda gunakan, serta membuat peta situs dan mengirimkannya ke mesin pencari sehingga mereka dapat menemukan semua informasi yang akurat di situs Anda. Membuat dan merancang tampilan website dan kualitas halaman website menjadi fokus utama yang terpenting.

Dan akhirnya, inti dari memperoleh inkuiri dari calon konsumen tentu saja “Backlink”, yang merupakan salah satu bagian terpenting dari SEO. Membangun dan membentuk Back-link bisa menjadi yang paling sulit untuk dilakukan dengan benar. Jadi membuat profil tautan ke website Anda tentu saja bisa memastikan beragam pilihan saluran asal lalulintas pengunjung untuk membaca dan mengetahui jasa dan produk apa yang anda bisa tawarkan.

RANCANG LINTAS TRAFIK ORGANIK KE WEBSITE ANDA!

Keberadaan media sosial dan aplikasi berbagi instan seperti Whatsapp dan Line atau bahkan SMS handphone biasa, memang sudah lazim kita gunakan. Siapa saja bisa mengcopy halaman website dan  menampilkan barisan halaman website melalui link yang bisa diklik sipenerima dan dibaca dengan mudah. Link yang diklik dan dibagikan oleh “calon” konsumen tersebut memang bisa disebarkan oleh banyak orang secara murni karena mereka meras tertatrik ataupun merasa link tersebut sangat penting untuk dibaca orang lain. inilah yang kami si SEOTES.com sebut dengan nama Backlink organik. 

Strategi backlink ini bisa saja dibuat-buat dan dimanipulasi agar terlhat banyak yang membagikannya. Namun tentunya pemaksaan backlink ini dikenal dengan istilah SPAMMING. Spamming merupakan penggunaan sistem pesan untuk mengirim dan menyebarluaskan link webiste yang tidak diminta atau secara acak disebar (spam) ke sejumlah besar penerima untuk tujuan iklan komersial. Di negara asal search engine Google Amerika serikat dan Uni Eropa, kegiatan spamming merupakan hal yang ilegal.

Dalam usah E-commerce, walaupun usaha anda menjadi agen resmi produk tertentu di lingkup pasar tertentu, bisa saja anda menjual produk tersebut di wilayah lain dan bahkan luar negeri jika memang konsumen anda menyanggupi besaran biaya kirim.

Ada beberapa komplain dan ketidaksenangan yang dialami pengguna internet yang disebabkan oleh spam. Oleh sebab itu, teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang dirancang Google, yahoo maupun Bing dari Microsoft sudah memiliki kemampuan untuk mendeteksi arus backlink bersifat spamming secara otomatis. Website anda bisa ditandai atau terkena flagging tanpa anda sadari. Dalam berbagai kasus, search engine Google juga akan memberikan anda peringatan hingga blokade di hasil pencarian sesuai kebijakan mereka sendiri.  

Hindari juga praktik “Backlink” yang tidak wajar atau tidak berguna. Misalnya, anggap saja Anda memiliki sebuah usaha bengkel bubut di Solo, Jawa Tengah, maka sangat tidak masuk akal jika Anda memiliki backlink yang berasal dari akun sosial media dari salon rambut di kota Jayapura, propinsi Papua. Jenis usahanya saja tidak dekat satu sama lain; bahkan tidak berada dalam industri yang sama; tidak ada hubungannya satu sama lain, dan robot artificial intelligence dari Google cukup pintar untuk melihat bahwa tidak ada hubungan di sana.

Namun jika Anda, katakanlah usaha anda bengkel modifkasi mobil yang mampu membuat mobil listrik dengan website strategi pemasaran digital yang sudah dirancang baik, lalu kemudian seorang penggemar otomotif berkantong tebal mencari tentang “Bengkel mobil yang mampu modifikasi mobil bensin menjadi mobil listrik” di media search engine ternama seperti Google dan Yahoo, dan mendapati website anda di halaman pencarian itu, maka tautan Backlink atau trafik ini menjadi yang sangat alami. Pengunjung berkantong tebal itu bisa melihat website anda, membaca paket-paket modifikasi maupun langsung mengirimkan email atau setidaknya menelefon bengkel anda dengan segera. Sekali lagi, Google cukup pintar untuk melihat koneksi dan untuk melihat bahwa ini adalah backlink relevan yang Anda dapatkan.

STRATEGI BACKLINK YANG BENAR TERFOKUS PADA PRODUCT KNOWLEDGE!

Anda wajib membangun website komplit dengan strategi SEOnya secara alami. Menurut pengalaman kami di SEOTES, membangun 200 tautan link artikel dalam semalam itu SANGAT tidak mungkin dilakukan, apalagi jika sipembuat website tidak memahami karakter bisnis anda, dan tidak mengerti ilmu dan strategi pemasaran yang benar. Programer dan tenaga IT tanpa pengalaman marketing sama saja dengan mekanik yang tidak memahami karakter motor kopetisi di sirkuti balap. ya Anda berkompetisi di sirkuit Google menjadi yang terdepan, bukan menjadi yang terhemat bahan bakar atau yang paling awet mesinnya! 

Kami sering mengatakan backlink seharusnya terfokus pada kualitas keywordnya daripada kuantitas. Jika anda sering menerima inbox spam email yang berjudul “Saya bisa mendapatkan 200 backlink untuk Anda dalam semalam”, ini sangat MUSTAHIL! Jika Anda mendapatkan 200 backlink dalam semalam dari semua situs berisi spam atau non-otoritatif ini, itu justru pertanda tidak baik dan malah memicu flagging atau peringatan dari robot Google yang secara rutin membaca situs web Anda. Jadi tentu saja dibutuhkan kesabaran, keahlian marketing yang menguasai lingkup produk anda dan waktu yang mantap untuk memenangkan perlombaan backlink di internet.

Anda perlu memastikan bahwa iklan dan tautan tersebut berasal dari orang-orang yang memang tertarik membagikan artikel dan website anda Anda secara alami di media sosial maupun lewat link email dan whatsapp secara alami. Strategi ini mirip seperti promosi dari mulut ke mulut tapi melalui teknologi internet!. Jadi, jika Anda membangun website dengan isi material artikel dan gambar tautan tanpa konteks apa pun, hanya dengan harapan mendapatkan peringkat, tentu beresiko dihiraukan oleh robot search engine seperti Google, Yahoo maupun Bing bahkan oleh sosial media seperti Facebook dan Twitter. Resiko ini malah membuat kerugian daripada kebaikan. Jika anda ingin memperbaiki strategi pemasaran digital anda dengan efisien dan terjamin, silahkan menghubungi tim ahli SEOTES.com di [email protected]eotes.com.

KESIMPULAN

Tentunya kegiatan industri di Indonesia saat ini harus berpedoman pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Infomercial SEOTES.com OCTOBER 2020

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.


 

Originally posted on Desember 27, 2019 @ 3:38 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!