fbpx

Sumatra Utara Kontributor Ekspor Nonmigas Penting Indonesia

Kinerja neraca perdagangan Indonesia sangat baik dengan membukukan surplus hingga USD 13,5 miliar. Kontribusi ekspor nonmigas menjadi makin penting dengan mencatat USD 111, 25 miliar untuk periode Januari—September 2020.

Jika dilihat dari data ekspor pada periode Januari— Agustus 2020, ekspor nonmigas Sumatera Utara tercatat sebesar USD 4,91 miliar atau naik 0,40 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Menurut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Indonesia tengah gencar menjaga dan meningkatkan ekspor.

Peningkatan ekspor tidak terhenti karena pandemi Covid-19. Jerry juga menyebut berbagai perjanjian perdagangan secara bilateral maupun multilateral sebagai salah satu cara untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi produk-produk Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut Sumatra Utara (Sumatera utara) sebagai salah satu provinsi yang memberikan kontribusi ekspor nonmigas cukup tinggi bagi Indonesia. Pada 2019, Sumatera Utara menduduki peringkat ke-9 sebagai provinsi yang memberikan kontribusi ekspor nonmigas dengan total ekspor sebesar USD 7,28 miliar (4,73 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia).

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat melepas ekspor produk sarang burung walet dan keripik singkong PT Ori Ginalnest Indonesia dan PT Alpha Gemilang Sejahtera bersama Gubernur Sumatera Utara Edhy Rahmayadi di Medan, hari Sabtu (7/11). Dengan capaian seperti itu, Wamendag Jerry memberikan apresiasi kepada pemerintah dan pelaku usaha di Sumatera utara.

Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pak Gubernur, pemerintah kabupaten dan kota, serta seluruh pelaku usaha di Sumatera utara atas capaian yang diraih. Kita berharap ekspor makin memberikan kontribusi penting bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, termasuk di Sumatera utara ini,” kata Jerry.

Hari ini kita serahkan Surat Keterangan Asal (SKA) kepada para pelaku usaha agar produknya dikenal berasal dari Indonesia. Dari situ mereka akan mendapatkan pemotongan tarif bahkan hingga nol persen ke negara tujuan. Dengan begitu, harganya bisa ditekan dan bisa bersaing,” imbuh Jerry. Jerry menjelaskan, Surat Keterangan Asal SKA adalah sebuah pernyataan resmi dari Pemerintah Indonesia mengenai asal sebuah produk ekspor.

Surat Keterangan Asal (SKA) merupakan salah satu instrumen yang dihasilkan oleh perjanjian perdagangan yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan bersama kementerian dan lembaga lain. Negara tujuan ekspor akan mengenali asal produk dari Surat Keterangan Asal (SKA) tersebut dan memberikan pemotongan tarif hingga nol persen sesuai dengan perjanjian yang telah ditandatangani dengan Indonesia. Sementara itu, Gubernur Sumatera utara Edhy Rahmayadi menyambut gembira dan berharap sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus ditingkatkan.

Produk Sumatra Utara sangat beragam dan banyak yang punya peluang ekspor. Kami harap Kementerian Perdagangan memberikan perhatian khusus bagi ekspor Sumatra Utara,” ujar Edhy. Menanggapi permintaan tersebut, Wamendag Jerry mengatakan mengembangkan produk-produk daerah untuk diekspor menjadi prioritasnya. Ia menyebut pembangunan infrastruktur yang sangat masif di era Presiden Jokowi akan mendukung hal tersebut. Ia yakin tol lintas Sumatra akan meningkatkan arus perdagangan dan menekan biaya logistik

Kami akan memadukan upaya-upaya dengan infrastruktur yang ada, sehingga produk masyarakat semakin mudah mencapai pasar, baik domestik maupun luar negeri. Ini kerja lintas lembaga dan para pemangku kepentingan. Kami senang dan siap berkolaborasi dengan semua pihak agar produk masyarakat Sumatera utara bisa dimaksimalkan dalam perdagangan,” kata Jerry.

Apresiasi Pelaku Usaha Wamendag Jerry Sambuaga mengapresiasi semangat pantang menyerah para pelaku usaha dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terus berproduksi hingga melaksanakan ekspor di masa pandemi Covid-19.

Perusahaan sarang burung walet PT Ori Ginalnest Indonesia berhasil mengekspor sarang burung walet ke China, Eropa, Amerika Serikat, Australia, Taiwan dan Singapura sebesar Rp 24,29 miliar. Sedangkan PT Alpha Gemilang Sejahtera mengekspor 20 ton keripik singkong ke Korea Selatan secara rutin 2—3 kali dalam sebulan.

Kita harus berikan apresiasi kepada para pelaku ekspor karena tetap bekerja keras, optimis, dan bisa mengoptimalkan peluang meski dalam masa pandemi. Ini juga berkaitan dengan ketahanan dan kemampuan beradaptasi perusahaan dalam berbagai keadaan,” kata Jerry. Menurut Jerry, ekspor sarang burung walet meningkat secara konsisten di tengah pandemi.

Berdasarkan data BPS, ekspor sarang burung walet Indonesia selama kurun waktu lima tahun 2015– 2019 memiliki tren positif 34,94 persen. Ekspor sarang burung walet Indonesia pada periode Januari—September 2020 juga mengalami peningkatan sebesar 34,45 persen yaitu sebesar USD 276,58 juta dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Negara tujuan utama sarang burung walet Indonesia adalah negeri Cina Tiongkok dengan nilai mencapai USD 219,08 juta atau atau sebesar 60,19 persen dari seluruh ekspor sarang burung walet Indonesia. “Indonesia menjadi negara penghasil sekaligus eksportir utama sarang burung walet di dunia. Berdasarkan trademap tahun 2019 ekspor walet Indonesia berkontribusi 48,16 persen dari total ekspor sarang burung walet dunia,” tutur Jerry.

Higienitas dalam Ekspor Pandemi meningkatkan kesadaran terhadap higienitas dalam ekspor. Kesadaran dipicu oleh mudahnya penyebaran Covid-19 kepada obyek, media, atau tenaga kerja yang menangani ekspor. Untungnya, Indonesia telah lama memiliki perjanjian bersama dalam penetapan standar higienitas produk.

Khusus dalam ekspor sarang walet, sejak 2012, Indonesia dan negeri Cina Tiongkok sebagai tujuan utama ekspor telah menandatangani protokol persyaratan higienitas, karantina, dan pemeriksaan untuk importasi produk sarang burung walet dari Indonesia ke negeri Cina Tiongkok. Sampai saat ini, dari 49 perusahaan yang telah terdaftar sebagai pemegang Eksportir Terdaftar Sarang Burung Walet (ET-SBW), hanya 23 perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ekspor sarang burung walet ke negeri Cina Tiongkok.

Jerry mengingatkan, tren kesehatan dan higienitas akan meningkat di masa depan sejalan dengan kesadaran publik akan hidup sehat. “Standar-standar kesehatan dan higienitas itu sering menjadi nontariff barrier dalam perdagangan. Untuk itu, Kementerian Perdagangan bersama kementerian terkait sudah mengantisipasi dengan berbagai perjanjian perdagangan baik secara bilateral maupun multilateral. Dalam perjanjian-perjanjian itu juga ada mekanisme peningkatan kapasitas pelaku usaha agar bisa memenuhi standard kesehatan produk di negara tujuan ekspor,” tandas Jerry.

Ekspor Produk UMKM Ekspor produk UMKM berbasis singkong dan ubi juga mendapat perhatian serius Wamendag Jerry. Menurutnya, potensi ekspor Indonesia sangat banyak dan beragam. Jika digarap serius, semua komoditas dan produk bisa diekspor, termasuk singkong. “Ini menjadi contoh bahwa potensi itu sebenarnya ada depan kita. Tinggal kreatifitas dan keseriusan kita saja dalam mengolah dan memasarkannya,“ ujar Wamendag. Untuk itu, pemerintah mengajak seluruh pelaku usaha untuk terus menggali potensi ekspor.

Menurut Wamendag Jerry, Kementerian Perdagangan memiliki perangkat dan program-program yang mendukung munculnya produk-produk alternatif dalam perdagangan dan ekspor.

Kementerian Perdagangan memiliki Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN), Direktorat Bina Usaha Perdagangan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, dan lainnya. Kita memiliki banyak sekali program-program pembinaan yang komprehensif dan integratif. Kita juga punya Atase Perdagangan, ITPC dan FTA Centre yang selalu siap sedia mendampingi dan memberikan fasilitasi kepada para pelaku usaha. Mari, semua pelaku usaha bekerja sama dengan kami,” ujarnya.

KESIMPULAN

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Sumber:  Siaran Pers Kementrian Perdagangan NOVEMBER 2020

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 20, 2020 @ 12:38 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: