Tips Pengusaha bengkel bubut yang Sukses!

Mungkin anda sudah menjadi karyawan yang berpengalaman selama bertahun-tahun dan memang mampu untuk mengerjakan proyek bubut apa saja. Andapun berniat mengawali usaha sendiri dibidang bengkel bubut dan pengolahan material teknik. Namun tentu bisnis baru itu menantang, terutama jika kota anda sudah ramai dengan pesaing besar dan mapan. Bengkel bubut dan bengkel CNC kecil juga menghadapi rintangan yang serupa dengan usaha pengrajin non-industri lainnya. Yakin dan percayalah, anda juga memiliki potensi yang sama untuk sukses. Berikut adalah 10 pertanyaan panduan yang dapat membantu Anda membangun usaha dan memperluas bengkel Anda

1. Siapa konsumen Anda?

Benda apa yang anda ingin buat? Apakah anda punya modal keahlian mengerjakan itu? Sudah punya alat dan mesin apa saja?. Memahami peluang konsumen tersebut merupakan aturan pertama yang harus Anda ketahui. Anda sendiri harus yakin dan berkomitmen untuk menjadikan keahlian Anda sebagai mesin penghasil uang. 

Berinvestasi pada alat dan peralatan juga seharusnya disesuaikan dengan keahlian Anda. Produsen alat dan peralatan bereputasi baik akan selalu melindungi pelanggan mereka. Ini pada saat yang sama juga akan mengurangi risiko ketika Anda harus menukar atau menjual mesin lama Anda dengan nilai jual kembali yang lebih baik di masa depan daripada memperbaikinya sendiri. Bagaimanapun, Anda hanya perlu gunting untuk memotong kuku jari meskipun gunting, pisau cukur atau bahkan gergaji mesin dapat melakukan pekerjaan yang sama juga.

2. Mengembangkan Kemitraan:

Mungkin cara yang paling mudah adalah membangun jalur pertemanan dan hubungan koneksi dengan sales industri maupun rekan seprofesi. Sektor manufaktur selalu bergerak dinamis seiring dengan situasi ekonomi dan politik. Misalnya sektor industri diguncang tahun lalu oleh pertumbuhan global yang lebih lambat dan eskalasi ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina. Hal ini membuat beberapa manufaktur tersebut pindah ke subkontraktor lain di Indonesia yang memilki alat kerja dies dan mold untuk produksi mereka. Tentunya membawa kesempatan baru bagi pengusaha bengkel CNC.

Bagi banyak pemilik workshop bengkel yang baru mulai, hari-hari awal bisa menjadi waktu yang tidak pasti di mana banyak masalah, seperti ekspektasi volume, daftar klien, atau bahkan denah lantai, belum diselesaikan. Dalam keadaan ini, persahabatan dan koneksi bisnis yang ada dapat menjadi aset yang berharga. Semakin dekat dan akrab dengan pesaing utama juga merupakan praktik yang berharga dalam sebagian besar keadaan, terutama di saat volatilitas ekonomi.

Misalnya, fluktuasi pasar dapat menyebabkan perlambatan dalam manufaktur komersial, sementara produksi militer, seni dan kerajinan relatif tidak berubah (dan sebaliknya). Dalam hal ini, pesaing dari satu sisi spektrum dapat membawa standar operasi mereka ke workshop bengkel Anda, sementara memaksa Anda untuk mempercepat tingkat produksi atau menurunkan harga untuk mempertahankan pangsa pasar. Dengan cara apa pun, merupakan investasi yang layak untuk menerima pekerjaan di berbagai jenis benda kerja.

Jaga teman Anda tetap dekat namun jaga saingan Anda lebih dekat lagi. Pastikan Anda tidak memiliki perasaan campur aduk dengan pesaing Anda, melainkan perlakukan pesaing sebagai kawan senior dengan disejajarkan daripada musuh. Penyelarasan ini dapat mengarahkan klien atau bahkan pengrajin terbaik pesaing ke arah Anda, masuk ke dalam kemitraan, atau hanya memberikan saran tentang praktik bisnis dan menambahkan koneksi.

3. Target & spesialisasi Segmen Anda di Marketplace:

Misalnya, jika workshop bengkel Anda berspesialisasi dalam memproduksi adapter poros roda gigi velg mobil dengan diameter lain, maka cobalah membangun hubungan dengan toko variasi yang membeli produk ini pada tingkat yang menguntungkan untuk siklus produksi Anda. Memilih ceruk pasar akan membantu Anda memanfaatkan spesialisasi Anda sebaik mungkin.

Contoh yang baik dari perusahaan yang menargetkan ceruk pasar misalnya membuat komponen aksesoris merek mobil tertentu. Maka anda hanya fokus pada pabrikan khusus ini  dan anda memang mampu meniru dan menduplikasi suku cadang tersebut dan menjadi model yang sangat sukses untuk apa yang tampak seperti pasar terbatas. Metode pemasaran lain bisa juga dengan membuat kursus penggilingan maupun lapak dagangan di internet, forum teknik dan jejaring sosial. Tentunya konsumen anda yang puas dapat membantu meningkatkan visibilitas workshop bengkel Anda di kedua mesin pencari dan membantu menjangkau orang-orang di dekat dan jauh.

4. Jangan Terburu-buru untuk beli mesin lagi, Cari Proyek baru dulu sebagai gantinya:

Lebih baik berkonsentrasi pada membuat keuntungan yang stabil daripada nekat membuat lompatan besar ke depan. Membeli mesin yang baru tentu membutuhkan waktu untuk mempelajarinya dan pasti butuh dana instalasi tambahan yang belum efisien biaya. Pembelian alat baru tanpa memperbesar fasilitas dengan staf operator yang terampil bisa saja dapat menghambat ekspansi jangka panjang.

Sebaiknya anda buat kreasi baru saja jika memilki dana berlebih. Proyek-proyek baru yang dulu tampaknya sulit, misalnya jika anda selama ini bengkel renovasi bubut dan papas mesin, maka mungkin sebaiknya mendiversifikasi operasi Anda untuk melakukan bubut atau fabrikasi komponen plastik nylon yang menguntungkan. Dengan memiliki ragam produk yang dihasilkan, tentu dapat membantu memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan bahkan selama periode ketika satu sektor pasar mengalami penurunan.

5. Tetap Terbuka untuk Teknologi Baru:

Kami menemukan wirausaha bubut yang menggunakan alat ukur Swiss yang sangat presisi saat mengukur komponen pesanan didepan pelanggan, walaupun sehari-hari menggunakan alat ukur yang jauh lebih murah. Hal ini justru menambah rasa percaya diri konsumen saat melihat bengkel anda menggunakan teknologi tinggi. Menjaga keyakinan konsumen dengan teknologi baru juga dapat membantu bisnis tetap kompetitif, terutama jika inovasi tersebut memang diperhatikan konsumen yang teliti.

Inovasi teknis bisa saja biayanya mahal dalam hal pelatihan tambahan dan pengaturan awal, namun, peralatan baru dapat memiliki efek jangka panjang yang positif dengan menyederhanakan metode produksi. Teknologi baru berupa investasi peralatan juga bisa menyediakan sarana untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya dianggap tidak praktis. 

6. Fleksibel dalam Proses Multi Tahap:

Menggabungkan operasi fabrikasi internal dan keterampilan tenaga kerja, seringkali dapat menghemat waktu atau uang dengan memperoleh peralatan yang menggabungkan pekerjaan sekunder ke dalam fungsi utamanya. Misalnya berinvestasi pada mesin laser cutting dapat memberikan tantangan baru bagi tenaga kerja Anda yang sudah ada, tetapi seringkali dapat mengurangi kebutuhan untuk finishing pasca-pabrikasi, seperti penghalus abrasif atau pinggiran yang mengecil.

7. Sebisa mungkin operasikan mesin anda sendiri:

Walaupun sedang sibuk atau lebih mudah melempar job dan menerima komisi lebih enak dan bisa jadi lebih murah, banyak bisnis bengkel CNC kecil mungkin sebaiknya mengerjakan proses produksi di bengkel sendiri. Tindakan perampingan, seperti mengatur jadwal produksi di sekitar kemampuan in-house bengkel mesin atau memprioritaskan pekerjaan justru membuat anda dan tim anggota jadi mandiri. Mengandalkan produksi Anda sendiri daripada ketersediaan pemasok eksternal, dapat membantu memperlancar alur kerja dan pada akhirnya meningkatkan output.

8. Semakin sulit tentu semakin mahal tarif dan harganya:

Pertumbuhan bisnis yang sukses itu direncanakan dan tidak tergantung pada ukuran produk yang sedang anda produksi. Tentu semakin detail tingkat kesulitan proses fabrikasi maka jasa bubutnya juga semakin tinggi. Akan bermanfaat untuk mengevaluasi layanan atau produk yang Anda berikan kepada pelanggan Anda, dan melihat apakah Anda dapat memperluas jangkauan layanan tersebut. Misalnya, jika Anda memproduksi tabung baja, Anda dapat menawarkan pelanggan Anda dengan pengencang yang kompatibel yang digunakan untuk menggabungkan komponen-komponen ini. Mendapatkan kontrak yang lebih ekspansif dari dalam hubungan yang ada dapat menjadi metode pertumbuhan yang aman dan terukur sambil mengunci pesaing.

9. Pisahkan pembukuan usaha bengkel dengan gaji anda!

Sebagai pemilik usaha kecil, kita juga harus bisa memperhatikan pemasukan pribadi dan membedakannya dengan aset maupun pengeluaran bengkel. Anda harus bisa menempatkan diri dan besaran gaji anda sendiri. Ini mungkin preferensi pribadi, tetapi perencanaan dan pembagian sumber daya keuangan yang jelas dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan memudahkan laporan pajak Anda nanti.

Katakanlah Anda ingin mudik pulang kampung, tentu anda bisa dengan mudah menentukan target pendapatan. Anda mungkin ingin menandai tanggal dan memperkirakan biaya perjalanan di muka. Jika Anda telah menyisihkan yang mana pos untuk bengkel dan pos untuk biaya hidup, maka anda bisa lebih semangat lagi untuk bekerja dan cari proyek.

10. Inovasi itu secara bertahap dan ditargetkan

Sebuah usaha kecil yang ingin melakukan ekspansi dapat mengevaluasi kekuatan manufakturnya dan memanfaatkan setiap peluang untuk memasukkan dirinya ke dalam produksi bernilai tambah yang lebih tinggi. Bahkan Mesin Penggilingan 3-sumbu klasik dapat menyamai kualitas 5 sumbu CNC yang mahal itu. Jadilah yang optimis dan pastikan bahwa setiap segmen yang Anda layani sekarang adalah proses multi-stage. Katakanlah Anda adalah perusahaan perbaikan die and cast, selama bertahun-tahun Anda telah mengerjakan hal yang sama, tetapi jika Anda ingin berinvestasi pada mesin marking laser, Anda dapat menambah jasa pekerjaan bernilai tambah baru untuk pelanggan. Anda jadi bisa membuka jasa marking pada bagian mould cetakannya atau letakkan kode maupun merek bengkel anda yang dapat dilacak di atasnya.

 

11. Investasilah pada penampilan anda sebagai wirausaha yang ahli dan percaya diri.

Pemilik bisnis harus memperbarui saluran media sosial mereka untuk menampilkan spesialisasi mereka. Media sosial adalah platform yang mudah diakses, lebih murah daripada membuat situs web Anda sendiri dan memungkinkan siapa pun untuk mengkonsumsi materi yang mendukung. Anda dapat bergabung dengan komunitas daring dari orang-orang yang berpikiran sama di Facebook atau Linkedin, sambil juga memungkinkan Anda untuk membela argumen Anda atau hanya untuk menghasilkan arahan atau mengutip minat. Kegiatan pemasaran media sosial ini tidak segera efektif atau datang dalam sekejap, dan mungkin memiliki hasil yang berbeda karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide kepada orang asing.

Persiapkan dana dan modal untuk ‘mendandani’ tampilan publik Anda. Tampilan berarti kartu nama yang dapat ditampilkan, tampilan ponsel cerdas Anda dengan internet, pilihan pakaian Anda (atau mungkin jejak merek bengkel Anda), parfum Anda, dan bahkan bau napas Anda. Tampilan Anda di ruang publik sangat penting untuk menarik perhatian siapa pun sebelum mereka menaruh minat pada bisnis CNC Anda.

Saat Anda mengikuti acara perdagangan atau pameran, Anda juga dapat mempertimbangkan membawa sampel Anda dalam kasing yang praktis. Anda mungkin tidak memiliki keterampilan penjualan untuk melenggang tetapi sampel atau gambar dan profil media sosial Anda di ponsel dapat menghemat waktu Anda.

KESIMPULAN

Potensi workshop bengkel untuk mengembangkan bisnisnya sangat tergantung pada berapa banyak nilai tambah dan skill tenaga untuk bekerja. Maklum bahwa “Menambah pendapatan serta target memperbesar bengkel” dan “semangat membuat benda presisi” bukanlah konsep yang sama. Dalam banyak kasus, lebih untung outsourcing komponen produk dari China dan hanya memodifikasi atau label ulang merek sendiri di atasnya. Tapi jangan biarkan keuntungan jangka pendek seperti itu menjadi kebiasaan Anda.

Anda bukan perusahaan dagang. Banyak workshop bengkel kehilangan end user dan konsumen besar karena konsumen kecewa. Kami juga sering melihat bengkel bubut malah sibuk menjalankan bisnis dagang barang impor dari Cina, padahal barang buatan cina tersebut sifatnya open dan tidak ekslusif yang merupakan pasar siapa pun. Pendekatan ini, ditambah dengan integrasi dan perampingan layanan bertahap, dapat menjadi cara pintar untuk memperluas bisnis bengkel bubut Anda!

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!