Kenapa inovasi bagi wirausaha itu penting?

Memulai bisnis baru dan membuat diri sendiri untuk bekerja tekun memang membutuhkan semangat dan upaya besar yang juga diiringi dengan imbalan yang besar pula. Kementerian Koperasi dan UKM RI juga melaporkan bahwa secara jumlah unit, UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia (2017), sementara usaha besar hanya sebanyak 0,01% atau sekitar 5400 unit. Tentu kesuksesan itu bisa diwujudkan dengan strategi wirausaha yang inovatif.

Lalu apa arti inovasi bagi anda? Mungkin ini pertanyaan mendasar ketika Anda ingin mewujudkan target kerja. Perencanaan kerja sebagai pekerja maupun sebagai pengusaha tentu berbeda tekanannya. Sebagai pengusaha bengkel sendiri, anda harus mengelola kemajuan luar biasa yang terjadi setiap hari di bidang persaingan usaha dalam lingkup yang lebih luas. Lalu, bagaimana cara inovatif yang bisa membantu anda berusaha mencapai kesuksesan?

  • Tingkatkan produktivitas Anda: Dalam bisnis, penting untuk selalu menguji ide-ide baru. Penerapan ide-ide kreatif harus meningkatkan produktivitas untuk perusahaan Anda, dan menciptakan cara kerja yang dinamis untuk tim Anda.

  • Pemecahan masalah: Penting untuk ketahanan bisnis saat ini; Anda perlu menemukan jawaban kreatif untuk memecahkan masalah tertentu dalam bisnis Anda dengan berpikir di luar kotak. Metode ini akan selalu memberikan solusi kreatif untuk membuat bisnis Anda lebih baik.

  • Cita-cita lebih besar dari pesaing Anda: Ketika Anda berpikir secara inovatif, Anda akan tetap dan berada di depan pesaing Anda. Anda hanya perlu menemukan cara yang lebih baik untuk merancang produk / layanan, memasarkan bisnis Anda, mengembangkan promosi, dan terhubung dengan pelanggan.

  • Tingkatkan posisi pasar Anda: Untuk mengantisipasi perubahan pasar dengan cepat, Anda harus inovatif. Ini menghentikan Anda dari sekadar reaktif dan memungkinkan Anda membedakan diri sendiri di pasar dan meningkatkan positioning merek Anda.

  • Inovatif dalam mencari permodalan dan penghasilan tambahan lain. Pemerintah Indonesia memang banyak memberikan bantuan kepada pengusaha yang mencari pinjaman bisnis melalui program pinjaman Administrasi Bisnis Kecil. Program Pinjaman Mikro memberikan jaminan pinjaman kepada pemberi pinjaman komersial yang bersedia mengambil risiko pinjaman kepada pemilik usaha kecil. Namun, permodalan yang pertama dan mendasar bukanlah perbankan ataupun pemerintah, akan tetapi dari tabungan pribadi, keluarga, saudara dan teman terdekat kita.

KEBERANIAN MENGAMBIL RESIKO = INOVASI

Inovasi dalam berwirausaha merupakan hal yang tidak mudah karena harus menanggung resiko sendiri. Berusaha bekerja dan mencari ilmu baru tentang menjadi kreatif dan orisinal dalam pekerjaan dan pemikiran Anda sambil menciptakan dampak yang signifikan. Untuk bisnis, itu hanya berarti mengimplementasikan ide-ide baru, meningkatkan layanan, atau menciptakan jasa dan produk yang dinamis.
Terlebih lagi, membuat perubahan yang berarti dan terbukti menghasilkan merupakan inti dari inovasi.

KESIMPULAN

Dibutuhkan mengambil risiko, berpikir di luar kotak, dan memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Inovasi juga mengubah model bisnis Anda untuk memberikan produk atau layanan yang lebih baik, karenanya, itu harus menjadi bagian dari strategi bisnis Anda, di mana Anda menciptakan budaya pemikiran kreatif dan memetakan arah masa depan organisasi Anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!