Greenfield Tap & Die (GTD) inovator Tapping dan dies

Bisakah anda membayangkan dunia moderen tanpa ulir sekrup, mur dan baut? Mungkin semuanya serba lem seperti smartphone atau hanya untuk sekali pakai saja. Tanpa kita sadari, dunia moderen tidak bisa dpisahkan dari beragam jenis fastener. Dari sekrup yang menempel pada engsel pintu rumah anda hingga kacamata yang anda gunakan, semuanya bisa berfungsi selayaknya karena ada mekanisme kunci fastener.  Produk fastener ini banyak digunakan dari industri elektronik hingga transportasi dan alat berat. Aplikasinya yang luas dan serba multi-fungis, telah membuat fastener menjadi bisnis manufaktur inti dibanyak negara industrialis. Di Indonesia perangkat fastener lebih dikenal sebagai, sekrup, mur, baut, ring, waser, mata bor taping dan ring senai.

Mesin Tapping diperlukan untuk membuat ulir pengunci di lubang fastener.

INOVATOR INDUSTRI FASTENER  

Walaupun sering tertukar pengunaan istilahnya, Fastener merupakan sebutan umum untuk US English, sedangkan fastening dikenal dalam UK English. Kduanya merujuk pada benda yang sama yaitu merupakan perangkat alat yang secara mekanik mengunci, menggabungkan atau menempelkan dua atau lebih objek secara bersamaan.

Pada masa Abad Pertengahan hingga masa revolusi industri pertama, manufaktur dan bengkel pertukangan masih membuat baut dan mur kayu yang sangat besar untuk digunakan dalam derek, kincir angin, kincir air, dan pabrik tepung pada. Seiring dengan kolonialisme dan perdagangan internasional dimasa itu, kemudahan memotong dan mengganti bagian-bagian kayu diimbangi oleh kebutuhan untuk menahan torsi dalam jumlah besar, dan tahan terhadap beban yang semakin berat. Akhirnya baut yang lebih besar dan lebih kuat dibutuhkan untuk menahan kerusakan. Beberapa mur dan baut diukur dengan kaki atau pekarangan.

Perkembangan fastener dari material logam kuat ini akhirnya menyebabkan penggantian lengkap bagian kayu dengan bagian logam dengan ukuran yang identik. Ketika bagian kayu pecah, biasanya patah, robek, atau robek. Dengan serpihan-serpihan yang telah diampelas, bagian-bagian yang tersisa dipasang kembali, terbungkus dalam cetakan tanah liat sementara, dan logam cair dituangkan ke dalam cetakan, sehingga penggantian yang sama dapat dilakukan di tempat.

Tap dan Dies pengerjaan logam sering dibuat sendiri oleh penggunanya selama abad ke-18 dan 19 (terutama jika pengguna terampil dalam pembuatan alat), menggunakan alat seperti bubut dan file untuk membentuk, dan bengkel untuk pengerasan dan temper. Jadi pembangun, misalnya, lokomotif, senjata api, atau mesin tekstil cenderung membuat Tap dan Dies sendiri. Selama abad ke-19, industri permesinan berkembang pesat, dan praktik membeli Tap dan Dies atau Senai dari pemasok yang mengkhususkan diri di dalamnya secara bertahap menggantikan sebagian besar pekerjaan in-house tersebut.

Tahun 1828, Joseph Clement merupakan pengrajin sekaligus pedagang awal pisau pembuat ulir fastener dengan nama Tap dan Dies di Amerika Serikat. Dengan diperkenalkannya praktik penggilingan yang lebih maju di tahun 1860-an dan 1870-an, tugas-tugas seperti memotong seruling ulir pada lubang sekrup dan fastener menggunakan file kikir manual tangan menjadi ditinggalkan orang karena terlalu sulit.

Contoh Instalasi (Unicon Anchor):
Bor lubang di atas pelat dek dengan diameter lubang tertentu dan kedalaman lubang tertentu.
Hapus serutan dengan pengumpul debu atau peniup debu.
Pukul kerucut dengan batang pemukul untuk mengatur jangkar.
Kencangkan baut ulir penuh, dll. Ini menyelesaikan pemasangan.

MASA INDUSTRIALISASI PERANG

Secara umum, pengencang fastener digunakan untuk membuat sambungan tidak permanen; yaitu, sambungan yang dapat dilepas atau dibongkar tanpa merusak komponen penyambung. Fastener juga secara umum ada 2 jenis tipenya, yaitu fastener pengencang yang ada standard industrinya sehingga seragam, dan fastener non-conform atau non konformat yang dibuat sendiri dan tidak terikat dengan standar industri umum.

Selama abad ke-19 hingga ke-20, standardisasi ulir fastener berkembang bersamaan dengan teknik pembuatan ulir yang dipelopori oleh pisau ukir ulir sekrup yang dikenal dengan tap dan dies. Namun, di masa perang dunia pertama dan kedua, Sekrup, baut, dan mur Amerika secara historis tidak sepenuhnya dapat dipertukarkan dengan rekan-rekan sekutunya Inggris mereka, dan karenanya tidak akan cocok dengan peralatan Inggris dengan baik. Ini, sebagian, membantu mengarah pada pengembangan banyak Standar Militer Amerika Serikat dan spesifikasi untuk pembuatan pada dasarnya setiap peralatan yang digunakan untuk keperluan militer atau pertahanan, termasuk pengencang. Perang Dunia II adalah faktor penting dalam perubahan ini.

MASA REVOLUSI INDUSTRI PRODUKSI MASSAL

Pada awal abad ke-20, praktik penggilingan ulir sekrup mengalami evolusi yang signifikan, lebih jauh memajukan sehingga masyarakat yang umumnya pengguna alat pertanian maupun tukang pipa air dan teknik sipil pada masa itu lebih memilih untuk membeli perangkat pisau pembuat fastener lanjutan daripad membuat sendiri pemotongan ulir sekrup, termasuk alat kerja yang berupa pisau tapping dan dies atau senai ini.

Coba tebak, ada berapa banyak komponen fastener set yang digunakan transmisi mesin Diesel buatan ZF Jerman ini?

Pengencang fastener industri juga dibuat dalam berbagai bahan mulai dari baja biasa hingga titanium, plastik, dan bahan eksotis lainnya. Banyak bahan yang selanjutnya dipisahkan ke dalam tingkatan yang berbeda untuk menggambarkan campuran paduan tertentu, proses pengerasan, dll. Selain itu, beberapa bahan tersedia dengan berbagai pelapis atau pelapisan untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi, atau penampilan pengikat.

Perusahaan tap and die terbesar yang ada di Amerika Serikat adalah Greenfield Tap & Die (GTD) dari Greenfield, Massachusetts. GTD sangat penting bagi upaya perang Sekutu 1940-1945 sehingga senjata anti-pesawat ditempatkan di sekitar area pabriknya untuk mengantisipasi kemungkinan serangan udara dari blok poros yang waktu itu terdiri dari Jepang, Jerman dan Italia.

Greenfield Tap & Die Company (GTD) ini dibentuk pada tahun 1912 sebagai perusahaan induk yang memproduksi alat pemotong benang (keran dan mati). Perusahaan ini didirikan oleh Frederick Payne dan Frank O. Wells dari Wells Brothers Co.

Pada tahun 1912 perusahaan ini merekayasa pengambilalihan Wiley & Russell Manufacturing Co. yang bermusuhan, menggabungkan dua bisnis besar untuk menciptakan perusahaan tap and die terbesar di dunia. Mereka berkembang dengan membeli sebagian besar pesaing lokalnya dan mengakuisisi perusahaan lain untuk lini produk mereka, termasuk Nutter & Barnes Co. pada 1913 dan FE Wells & Son pada 1917. Akuisisi Nutter & Barnes memberi mereka teknologi baru dan lini produk dalam penggergajian logam, penajaman dan penggilingan, dan FE Wells & Son mereka mendapatkan mesin bubut kayu dan logam “Little Giant”.

Widia menawarkan pisau industri tipe solid maupun tipe indexable yang bisa dilepas pasang untuk digunakan dalam operasi bubut lathe, pengeboran, grooving, milling, threading, dan grooving.

Pada tahun 1921 Greenfield Tap & Die secara bersamaan memperoleh dua pembuat mesin penggiling: Greenfield Machine Co dan Morgan Grinder Co Greenfield Tap & Die terus membuat penggiling universal, penggiling silinder dan penggiling internal selama beberapa tahun sebelum menghentikan jalur tersebut.

WIDIA tetap memproduksi beragam solusi presisi tapping dan threading menyeluruh yang sebelumnya diperkenalkan oleh Greenfield melalui seri GTD.

Mulai tahun 1958 Greenfield Tap & Die Corp melewati serangkaian merger, kepemilikan, dan perubahan organisasi. Yang pertama adalah merger dengan United Tool & Drill Corp untuk membentuk United-Greenfield Corp. Pada tahun 1968, United-Greenfield diakuisisi oleh konglomerat TRW Inc. Perusahaan masih di Greenfield, meskipun jauh lebih kecil, sebagai anak perusahaan dari Widia. Merek GTD sekarang menjadi bagian dari Grup Produk Widia dan WIDIA kemudian dibeli oleh grup Kennametal.

FASTENER MASA KINI

Bahan pengikat fastener menentukan fungsi yang penting ketika memilih pengikat karena perbedaan antara bahan dalam kekuatan, kerapuhan, ketahanan korosi, sifat korosi galvanik, dan tentu saja biaya.

Saat mengganti pengencang, umumnya yang terbaik adalah mencocokkan apa yang Anda ganti. Mengganti baut dengan yang lebih kuat tidak selalu aman. Baut yang lebih keras cenderung lebih rapuh dan mungkin gagal dalam aplikasi tertentu. Beberapa peralatan dirancang sehingga baut akan rusak sebelum barang yang lebih mahal atau kritis rusak. Dalam beberapa lingkungan seperti korosi galvanik air asin juga harus dipertimbangkan jika mengganti bahan pengikat.

Fastener juga menentukan kualitas keselamatan penggunaan alat dan daya tahannya. Di pasaran, ada tiga jenis material utama yang digunakan untuk membuat fastener pengencang baja utama yang digunakan dalam industri: stainless steel, baja karbon, dan baja paduan.

Kelas material utama yang digunakan dalam pengencang fastener stainless steel: 200 seri, 300 seri, dan 400 seri. Titanium, aluminium, dan berbagai paduan juga merupakan bahan konstruksi umum untuk pengencang logam. Dalam banyak kasus, pelapis khusus atau pelapisan dapat diterapkan pada pengencang logam untuk meningkatkan karakteristik kinerjanya dengan, misalnya, meningkatkan ketahanan terhadap korosi. Pelapis / pelapis umum termasuk seng, krom, dan galvanis.

KESIMPULAN

Saat memilih komponen fastener pengikat untuk aplikasi industri, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti standar yang digunakan, kecocokan dan tentu faktor lain seperti; tipe ulir Threading, beban yang diterapkan pada pengikat, kekakuan pengikat, dan jumlah pengencang yang dibutuhkan semua harus diperhitungkan. Saat memilih pengikat fastener untuk aplikasi yang diberikan, penting juga untuk mengetahui spesifikasi aplikasi itu untuk membantu memilih bahan yang tepat untuk penggunaan yang dimaksudkan. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan termasuk:

  • Aksesibilitas dari desain fastener

  • Lingkungan, termasuk suhu, paparan air, dan unsur-unsur yang berpotensi korosif

  • Proses instalasi

  • Materi yang akan digabung

  • Dapat digunakan kembali

  • Batasan berat

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, catalog Kennametal 

https://www.nfda-fastener.org/

Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 11, 2019 @ 10:47 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!