World metrology day, 20 may, Hari lahirnya metrik!

Hari Metrologi Dunia merupakan perayaan tahunan atas kesepakatan dan proses tanda tangan Konvensi satuan ukur Metrik pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari tujuh belas negara.

MENGAPA METRIK POPULER?

Sistem metrik adalah sistem pengukuran yang berhasil sistem desimalisasi berdasarkan meter yang diperkenalkan di Perancis pada 1790-an. Perkembangan historis dari sistem ini memuncak dalam definisi Sistem Satuan Internasional (SI), di bawah pengawasan badan standar internasional.

Evolusi historis sistem metrik telah menghasilkan pengakuan terhadap beberapa prinsip. Masing-masing dimensi dasar alam diekspresikan oleh satuan dasar tunggal ukuran. Definisi unit-unit dasar semakin direalisasikan dari prinsip-prinsip alam, bukan oleh salinan artefak fisik. Untuk jumlah yang berasal dari unit dasar dasar sistem, unit yang berasal dari unit dasar digunakan – mis., Meter persegi adalah unit turunan untuk area, jumlah yang berasal dari panjang. Unit-unit turunan ini koheren, yang berarti bahwa mereka hanya melibatkan produk dari kekuatan unit dasar, tanpa faktor empiris.

Untuk setiap kuantitas tertentu yang unitnya memiliki nama dan simbol khusus, satu set unit yang lebih kecil dan lebih besar didefinisikan yang terkait dalam sistem sistematis faktor-faktor kekuatan sepuluh. Unit waktu harus yang kedua; satuan panjangnya harus berupa meter atau kelipatan desimalnya; dan satuan massa harus gram atau kelipatan desimalnya.

SEJARAH METRIK

Revolusi Perancis (1789-99) memberikan kesempatan bagi Prancis untuk mereformasi sistem bobot dan ukuran mereka yang berat dan kuno. Charles Maurice de Talleyrand memperjuangkan sistem baru berdasarkan unit alami, mengusulkan kepada Majelis Nasional Prancis pada 1790 bahwa sistem seperti itu dikembangkan. Talleyrand memiliki ambisi bahwa sistem alami dan standar baru akan dianut di seluruh dunia, dan ingin melibatkan negara lain dalam pengembangannya. Inggris mengabaikan undangan untuk bekerja sama, sehingga Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis memutuskan pada 1791 untuk melakukannya sendiri dan mereka membentuk komisi untuk tujuan itu. Komisi memutuskan bahwa standar panjang harus didasarkan pada ukuran Bumi. Mereka mendefinisikan panjang itu menjadi ‘meter’ dan panjangnya sebagai sepersepuluh juta dari panjang kuadran di permukaan bumi dari garis khatulistiwa ke kutub utara. Pada 1799, setelah panjang kuadran itu disurvei, sistem baru diluncurkan di Prancis

Sistem metrik telah berevolusi sejak 1790-an, sebagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang, dalam menyediakan sistem pengukuran universal tunggal. Sebelum dan di samping SI, beberapa contoh sistem metrik lainnya adalah sebagai berikut: sistem unit MKS dan sistem MKSA, yang merupakan cikal bakal langsung SI; sistem sentimeter – gram – detik (CGS) dan subtipe-nya, sistem elektrostatik CGS (cgs-esu), sistem elektromagnetik CGS (cgs-emu), dan perpaduannya yang masih populer, sistem Gaussian; sistem meter – ton-detik (MTS); dan sistem metrik gravitasi, yang dapat didasarkan pada meter atau sentimeter, dan gram (-force) atau kilogram (-force).

KESIMPULAN

Konvensi metrik ISO menetapkan kerangka kerja untuk kolaborasi global dalam ilmu pengukuran dan dalam aplikasi industri, komersial, dan masyarakatnya. Tujuan asli dari Konvensi Meter – keseragaman pengukuran di seluruh dunia – tetap sama pentingnya saat ini seperti pada tahun 1875.

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Agustus 11, 2019 @ 2:58 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!