Amplas itu apa sih?

Proses pengamplasan merupakan bagian dari tahap finishing permukaan suatu material. Sering kali bertujuan untuk mendapatkan permukaan yang halus dan reflektif, yang juga melibatkan menghasilkan lapisan permukaan satin, matte atau beaded untuk pelapisan lebih lanjut atau tujuan lain. Dalam artikel ini kita bahas lebih lanjut tentang amplas dan metodenya.

AMPLAS ITU APA FUNGSINYA?

Mineral dan zat seperti mineral yang digunakan untuk memotong, menipiskan, meratakan dan memoles bahan berbagai material lainnya dikenal sebagai bahan Amplas. Jadi apa itu pengertian abrasif / Amplas dan kegunaannya?

Tergantung cara ngetik kalian mau bilang abrasif apa Amplas. Abrasif merupakan alat kerja yang digunakan untuk mempermudah manusia untuk kebutuhan memotong dan menghaluskan permukaan benda. Abrasif ini sendiri bisa digunakan bersamaan dengan alat perkakas lain ataupun bisa langsung digunakan dengan tenaga tangan.

Amplas menggunakan gesekan friksi dari material berbahan dasar mineral yang tajam. Butiran grit yang banyak ini memiliki diameter yang hampir mirip satu sama lain untuk memberikan finishing pada material keras dan konsisten. Butiran abrasif dalam media amplas merupakan kristal keras yang ditemukan di alam atau dapat diproduksi secara sintetis. Abrasif banyak digunakan untuk membersihkan permukaan dan menghilangkan bahan berlebih secara kasar.

AMPLAS ITU VARIASINYA APA SAJA?

Selain tersedia dalam bentuk kertas amplas manual atau emery cloth, Amplas abrasif juga digunakan dengan mesin putar dalam bentuk gerinda, ukuran dalam penggerindaan presisi, penajaman alat, pembersihan ledakan semprot atau sand blasting, pemisahan dalam operasi pengirisan, pengasaran dalam lapisan matte dan dalam pembuatan komponen yang rumit. Permintaan bahan-bahan ini untuk fabrikasi logam juga mendorong pertumbuhan pasar. Karena digunakan untuk pencampuran permukaan dan juga untuk menghilangkan pengelasan, kemunculan otomatisasi dalam fabrikasi logam diharapkan dapat memberikan rangsangan bagi pertumbuhan pasar.

Akibatnya, Abrasif mendapatkan preferensi yang luas di antara berbagai pengguna akhir seperti industri mobil, kelistrikan, dan mekanik. Selain itu, bahan abrasif sangat penting untuk meminimalkan emisi karbon dioksida dan menurunkan tingkat kebisingan di mobil. Urbanisasi yang pesat, populasi global yang meningkat dan tingkat pendapatan per kapita yang meningkat telah mendorong penjualan mobil di seluruh dunia, sehingga memicu permintaan untuk bahan abrasif.

Menurut laporan terbaru dari IMARC Group, berjudul “Abrasive Market: Global Industry Trends, Share, Size, Growth, Opportunity and Forecast 2020-2025”, ukuran pasar Amplas global mencapai $ 43,5 Miliar pada tahun 2019.

KENAPA AMPLAS SANGAT BANYAK TIPENYA?

Permintaan bahan abrasif memang beragam. Dari pemakai rumahan hingga profesional untuk fabrikasi logam juga mendorong pertumbuhan pasar produk amplas. Karena digunakan untuk pencampuran permukaan dan juga untuk menghilangkan pengelasan, kemunculan otomatisasi dalam fabrikasi logam diharapkan dapat memberikan rangsangan bagi pertumbuhan pasar.

Selain itu, penelitian dan pengembangan (R&D) ekstensif telah mengarah pada pengenalan generasi berikutnya dari bahan abrasif non-anyaman di pasar. Selain itu, bahan ini memberikan masalah noda minimal, meningkatkan keserbagunaan, dan kecepatan potong yang lebih cepat, yang selanjutnya berkontribusi pada preferensi luas Abrasif di seluruh industri.

Karena faktor-faktor yang disebutkan di atas, pasar diharapkan mencapai nilai $ 59,7 Miliar pada tahun 2025, berkembang pada CAGR 5,4% selama 2020-2025. Pasar global terutama didorong oleh pertumbuhan yang signifikan dalam industri Amplas otomotif. Bahan-bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan berbagai suku cadang otomotif, seperti kaca spion, saluran udara, dan tangki bahan bakar.

Selain itu, bahan abrasif sangat penting untuk meminimalkan emisi karbon dioksida dan menurunkan tingkat kebisingan di mobil. Urbanisasi yang pesat, populasi global yang meningkat dan tingkat pendapatan per kapita yang meningkat telah mendorong penjualan mobil di seluruh dunia, sehingga memicu permintaan untuk bahan abrasif.

Berdasarkan jenis produk, pasar telah dipecah menjadi Amplas berikat, Amplas berlapis, super-abrasif dan berdasarkan jenis material, pasar telah pecah menjadi Amplas alami dan Amplas sintetik.

Pasar menurut pengguna akhir telah dibagi menjadi mesin, fabrikasi logam, otomotif, elektronik, konstruksi.

Attribute Details
Market size value in 2021 USD 35.29 billion
Revenue forecast in 2028 USD 47.82 billion
Growth Rate CAGR of 4.2% from 2021 to 2028
Base year for estimation 2020
Historical data 2017 – 2019
Forecast period 2021 – 2028
Quantitative units Revenue in USD million/billion and CAGR from 2021 to 2028
Report coverage Revenue forecast, competitive landscape, growth factors, and trends
Segments covered Product, application, region
Regional scope North America; Europe; Asia Pacific; Central & South America; Middle East & Africa
Country scope U.S.; Canada; Mexico; Germany; U.K.; France; Italy; Russia; China; India; Japan; Australia; Brazil
Key companies profiled 3M; Asahi Diamond Industrial Co., Ltd.; Bosch Ltd.; CUMI; Henkel AG & Co, KGaA; Saint-Gobain

MEREK AMPLAS APA SAJA YANG BAGUS?

Kebutuhan dunia metalworking dan persaingan pasar tidak membuat merek amplas menjadi sedikit. Karena ramainya manufaktur asal negeri Cina, produk amplas menjadi murah dan kompetitif. Perusahaan pabrikan asal Eropa dan Amerika serta Ejpang juga memiliki unit produksi yang mirip di China, baik secara lisensi maupun veris tiruannya.

Beberapa di antaranya termasuk Robert Bosch Power Tools GmbH, DuPont de Nemours, Inc., Fujimi Inc., Saint-Gobain Group, Henkel AG & Co. KGaA, 3M, Asahi Diamond Industrial Co., Ltd., Carborundum Universal Limited., TYROLIT Schleifmittelwerke Swarovski KG, NIPPON RESIBON CORPORATION, Krebs & Riedel Schleifscheibenfabrik GmbH & Co. KG, Abrasiflex Pty Ltd., Noritake Co., Limited, DEERFOS.COM, dan Sankyo-Rikagaku Ltd.

Mesin potong abrasif mungkin dari jenis basah atau kering. Aliran pendingin, biasanya air dan bahan kimia antirust dari beberapa jenis, dikendalikan oleh operator. Tangki pendingin terpisah atau dibangun di dasar mesin.

Beberapa mesin potong yang lebih besar memiliki mekanisme feed dan osilator yang bertenaga. Osilator menggerakkan cakram abrasif maju dan mundur dalam pemotongan saat tekanan umpan diterapkan. Ini mengurangi jumlah blade yang bersentuhan dengan pekerjaan pada waktu tertentu dan mengurangi input daya yang diperlukan untuk memotong stok batang padat pada area penampang yang diberikan.

Disk abrasif biasanya akan memiliki agen ikatan resinoid, meskipun karet dapat digunakan pada roda yang lebih kecil. Serat kaca kadang-kadang diresapi dalam disk untuk meningkatkan kekuatannya. Piringan abrasif bekerja secara efisien pada kecepatan permukaan yang sesuai.

KESIMPULAN

Walaupun sistem dan metode Amplas bisa beragam. masing-masing jenis abrasif tadi memiliki fungsi yang berbeda!. Material tembaga, perunggu, dan besi maupun material bahan baku seperti pipa dan pelat memiliki karakter yang berbeda, namun bukan berarti membutuhkan mesin yang berbeda pula untuk memolesnya.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

imarcgroup.com/abrasives-market

grandviewresearch.com/industry-analysis/abrasives-market

Originally posted on Desember 15, 2019 @ 11:43 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: