Scroll Saw vs Band Saw – Bedanya apa sih?

Mesin gergaji Scroll Saw sekilas memang menyerupai mesin jahit – dan bahkan ada banyak tutorial di internet untuk mengubah mesin jahit Anda menjadi gergaji scroll saw kecil. Sama seperti circular saw, gagasan untuk band saw ditemukan pada awal 1800-an oleh seorang wanita Anne Paulin Crepin, yang 40 tahun kemudian juga menciptakan mesin las yang akan mengelas mata blade gergaji band saw dari patah. Sedangkan mesin gergaji scroll saw sudah mendahului bandsaw ratusan tahun sebelumnya ditahun 1500-an.

Secara fungsi, mesin Scroll Saw dan gergaji pita band saw vertikal terlihat sangat mirip pada pandangan pertama. Memang karena kedua jenis mesin ini memiliki meja kerja dan memiliki bilah yang berjalan tegak lurus melalui bagian tengahnya. Tapi di situlah kesamaan berakhir. Mesin kerja produksi ini sebenarnya dua peralatan yang sangat berbeda. Apa saja Perbedaan antara Gergaji Scroll Saw vs Gergaji Band?

1. Panjang bilah mata gergaji

Gergaji Scroll Saw memiliki bilah pendek dan tipis yang bergerak ke atas dan ke bawah. Mereka sempurna untuk pekerjaan detail dan bahkan dapat melakukan pemotongan dalam; Namun, mereka dibatasi dalam lebar dan panjang material yang bisa mereka potong.

Gergaji pita memiliki bilah yang fleksibel dan kontinu yang bergerak dalam gerakan ke bawah yang konstan. Mereka kuat dan dapat menangani material tebal dengan panjang tak terbatas. Bergantung pada bilahnya, mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan detail, tetapi mereka terbaik untuk potongan luar yang besar dan gergaji meja seperti potongan rip.

2. Mekanisme yang berbeda

Mari kita teliti lebih dalam pada masing-masing gergaji ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaannya dan jenis pekerjaan yang cocok untuk masing-masing.

  • Apa itu Scroll Saw?

Bentuk dan cara operasi Scroll Saw sekilas memang mirip dengan mesin jahit pakaian. Gergaji Scroll Saw memiliki meja kerja datar dengan kolom lurus ke atas dari belakang. Di bagian atas kolom, lengan memanjang sejajar dengan meja itu sendiri. Sebuah bilah vertikal kecil berjalan dari ujung lengan melalui meja ke bagian bawah gergaji di mana ia menempel pada mekanisme lain.

  • Throat” size (Tenggorokan)

Saat Anda melihat lihat spek gergaji Scroll Saw, Anda akan melihat sesuatu yang disebut sebagai “throat” size atau istilahnya bila diindonesiakan adalah ukuran “tenggorokan”. Istilah ini merujuk pada jarak antara blade dan kolom vertikal yang menempelkan lengan atas ke belakang gergaji. Mengapa ini penting? Karena ia memberi tahu Anda luas ukuran material apa yang bisa Anda gunakan.

Katakanlah Anda memiliki gergaji Scroll Saw dengan “Throat” size 12 inci. Spesifikasi ini memberitahu Anda bahwa Anda dapat menggunakan materi yang kira-kira 24 inci. Kenapa 24 inci? Pikirkan tentang hal ini: bilah hanya perlu menjangkau bagian tengah material. Setelah itu, Anda bisa memutarnya dan datang dengan pisau dari sisi lain. Jadi, ukuran tenggorokan harus setengah dari bahan yang Anda rencanakan untuk dikerjakan.

Ingatlah bahwa ada baiknya Anda memberikan sedikit ruang gerak. Jika gergaji Scroll Saw Anda memiliki tenggorokan 12 inci, tempelkan sekitar 20 atau 22 inci sehingga Anda bebas untuk memindahkannya untuk membuat potongan terperinci yang Anda butuhkan. Sebagian besar gergaji Scroll Saw memiliki tenggorokan “Throat” size antara 12 dan 30 inci.

Bagaimana dengan panjang bahan yang bisa Anda potong dengan gergaji? Ini sebenarnya agak terbatas. Permukaan pemotongan bilah menjauh dari kolom belakang. Itu berarti ketika Anda memberi makan sepotong kayu pada pisau, pada akhirnya akan mengenai kolom, mencegah Anda menggunakan potongan kayu yang panjang. Ini berarti potongan rip yang panjang tidak mungkin karena tidak ada cara untuk mendorong potongan material yang panjang.

  • Mata pisau gergaji

Hal lain tentang gergaji scroll saw yang mungkin merupakan kerugian tergantung pada proyek Anda adalah bahwa bilahnya hanya sekitar 6 inci. Karena Anda harus membiarkan gerakan naik turun, ini berarti bahwa scroll saw biasanya tidak dapat memotong kayu yang lebih tebal dari 2 inci dan bahkan itu bisa sulit. Yang terbaik adalah menempel pada bahan dengan ketebalan sekitar 1 inci untuk hasil yang optimal

Pisau yang berbeda tersedia untuk gergaji scroll saw sehingga Anda mendapatkan fleksibilitas. Mengubah bilah pada gergaji scroll saw cukup mudah. Yang paling penting adalah memperbaiki ketegangan. Ini biasanya dilakukan dengan menggunakan tombol penegang sederhana.

Bentuk dan mekanisme dari kedua jenis gergaji ini sangatlah berbeda cara pakainya. Perbedaan terbesar antara gergaji scroll saw dan gergaji pita. Karena bilah gergaji Gergaji scroll saw sangat pendek dan mudah untuk diubah, memungkinkan pemotongan di dalam atau terjun. Ini sangat penting untuk desain yang halus dan salah satu hal terbaik tentang gergaji Gergaji scroll saw. Kemampuan gergaji Gergaji scroll saw untuk melakukan pemotongan dalam adalah salah satu hal terbesar yang membedakannya dari gergaji pita.

3. Kapan Menggunakan Scroll Saw vs Band Saw?

Jika Anda memperdebatkan apakah Anda harus membeli gergaji Scroll Saw atau gergaji pita, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah jenis pekerjaan yang Anda rencanakan untuk dilakukan. Yang benar adalah alat-alat ini sangat berbeda sehingga jika Anda mengerjakan berbagai proyek, Anda bisa membenarkan perlu membeli keduanya.

Jika Anda bekerja dengan bahan yang kecil dan tipis dan terutama mengerjakan kerajinan atau pekerjaan dekoratif, gergaji Scroll Saw adalah pilihan terbaik. Bilah tipis dan pendek menghasilkan potongan rumit dan terperinci yang sangat bersih dan presisi. Selain itu, tidak seperti gergaji pita, Anda dapat melakukan pemotongan bagian dalam dengan gergaji Scroll Saw.

Beberapa proyek yang cocok untuk gergaji scroll saw:

  • Jigsaw puzzle
  • Membuat huruf kayu, angka, nama
  • Plak kayu dengan detail, tepi melengkung seperti negara, binatang, siluet

4. Kapan Seharusnya Anda Tidak Menggunakan Scroll Saw?

Kapan pun Anda bekerja dengan bahan tebal, gergaji Scroll Saw bukanlah alat yang tepat. Meskipun benar, Anda dapat memutakhirkan blade ke sesuatu dengan sedikit daya potong, motor hanya akan mampu menangani begitu banyak. Untuk bahan yang lebih tebal dari 1 inci, yang terbaik untuk melewati gergaji Scroll Saw.

Gergaji Scroll Saw tidak dirancang untuk membuat potongan lurus. Jika panjangnya beberapa inci dan bagian dari keseluruhan desain yang lebih besar, oke, bagus. Tetapi sejauh memotong potongan-potongan material menjadi dua atau mencoba melakukan pemotongan rip pendek, yah, itu bukan tujuan mereka dibuat. Pada dasarnya, fitur yang sama yang membuatnya hebat pada kurva dan detail kecil adalah apa yang membuatnya tidak efektif pada garis lurus.

5. Kapan Menggunakan Gergaji Pita?

Jika proyek Anda membutuhkan banyak daya, gergaji pita adalah cara terbaik untuk melakukannya. Bilah terus menerus dirancang untuk memotong potongan-potongan material ke atas setebal 2 inci. Bahkan, dengan bilah yang tepat, satu-satunya batasan seberapa tebal mesin ini dapat memotong adalah seberapa banyak ruang yang ada di antara permukaan kerja dan bagian atas mesin.

Satu hal yang sangat efektif pada gergaji pita adalah membuat potongan lurus agresif yang cepat dan akurat. Salah satu alasannya adalah karena bilah selalu bergerak ke arah yang sama yang menghilangkan gerakan naik turun dari sisi ke sisi material saat Anda bekerja.

Dengan bilah dan jig yang tepat, Anda juga dapat membuat lengkungan, lingkaran, dan bentuk lainnya dengan gergaji pita tetapi perlu diingat bahwa mereka hanya dapat melakukan pemotongan luar. Selain itu, dengan bilah yang tepat, gergaji pita dapat memotong bahan yang tidak dapat diatasi, bahkan oleh logam.

Semua ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda tidak bisa menjadi kreatif dengan gergaji bandsaw. Anda tidak akan bisa mendapatkan detail halus yang sama dan cut-out rumit yang Anda bisa dengan gergaji Scroll Saw. Beberapa ide proyek untuk gergaji pita adalah:

  • Mebel, mis. Meja, rak buku, atau rak buku material keras yang berukuran besar
  • Hampir semua pengerjaan logam untuk railing dan truss tralis dari tubes maupun besi hollow.

Jika Anda berminat untuk membeli gergaji band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 10, 2020 @ 12:11 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!