Apa mobil terlaris di Vietnam?

Memasuki tahun 2024, di mana serangkaian kesulitan dan tantangan seputar industri manufaktur dan perdagangan mobil Vietnam terus berlanjut, penjualan hatchback lima pintu juga terus menurun.

Menurut data Asosiasi Produsen Mobil Vietnam (VAMA), penjualan mobil hatchback mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2020, total penjualan mobil hatchback di Vietnam mencapai 8.840 unit, turun lebih dari 50% menjadi 4.457 unit pada tahun 2021.

Momentum pertumbuhan tersebut akan terulang kembali pada tahun 2022, namun hanya mencapai 4.615 unit. Namun pada tahun 2023, pasar akan menghadapi banyak kesulitan dan penjualan mobil jenis ini hanya mencapai 1.868 unit.

Penjualan mobil tertinggi tercatat pada Januari 2024, hanya terjual 166 unit, sebelum “bottom out” di angka 75 unit pada bulan berikutnya. Pada Maret dan April 2024, penjualan mobil hatchback 5 pintu di Vietnam masing-masing hanya 105 dan 87 unit.

Segmen mobil kompak kelas A yang mencakup banyak model dengan desain hatchback lima pintu seperti Hyundai Grand i10, Kia Morning, dan Toyota Wigo juga mengalami penurunan penjualan yang tajam.

Sempat menjadi segmen mobil terpopuler di pasaran, segmen mobil kecil A-Class kini menjadi segmen paling lambat penjualannya di luar sedan D-Class, dengan hanya tersisa tiga pilihan.

Sementara itu, model hatchback 5 pintu impor CBU impor India seperti Suzuki Swift dan Toyota Yaris terus muncul dalam daftar mobil yang dijual di Vietnam setidaknya setiap bulannya.

Mengapa masyarakat Vietnam tidak lagi menyukai hatchback 5 pintu?
Seperti disebutkan di atas, salah satu alasan utama mengapa masyarakat Vietnam tidak lagi menyukai hatchback 5 pintu adalah perubahan preferensi pembeli mobil.

Meningkatnya popularitas SUV kecil, MPV 5+2 tempat duduk, dan crossover memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen Vietnam. Model SUV kecil ini memiliki desain “sasis tinggi, mesin lapang” yang memberikan visibilitas lebih luas dibandingkan sedan dan hatchback serta cocok untuk berbagai medan.

Sebaliknya, dibandingkan sedan tradisional, model hatchback 5 pintu memiliki kompartemen bagasi yang terhubung dengan kompartemen penumpang. Oleh karena itu, jika Anda membawa cukup banyak orang, kompartemen bagasi akan jauh lebih kecil dibandingkan sedan yang dirancang dengan kompartemen bagasi terpisah yang besar. Oleh karena itu, hatchback lima pintu dinilai tidak cocok untuk digunakan keluarga atau sebagai kendaraan dinas taksi.

Apakah orang Vietnam suka mengendarai sedan?

Hatchback 5 pintu juga dianggap sebagai variasi sedan. Biasanya Hyundai Grand i10, Mazda2, dan Mazda3 hadir dalam dua model: sedan dan hatchback. Pada dasarnya fitur, mesin, atau desain kabin model hatchback lima pintu tidak jauh berbeda dengan sedan sejenis.

Namun harga jual beberapa model hatchback seringkali lebih tinggi dibandingkan sedan. Misalnya, harga Mazda 2 Sport versi hatchback adalah VND 527 juta hingga VND 572 juta, lebih tinggi dibandingkan Mazda 2 sedan (VND 408 juta hingga VND 534 juta).

Model hatchback kelas B seperti Suzuki Swift dan Toyota Yaris merupakan mobil impor yang harganya lebih mahal dibandingkan sedan kelas B Suzuki Ciaz dan Toyota Vios.

Dari segi kepraktisan dan harga, jelas hatchback lima pintu tidak memiliki keunggulan seperti sedan di segmennya. Oleh karena itu tidak sulit untuk memahami bahwa mayoritas pelanggan yang membeli mobil di segmen mobil kecil A-Class, B-Class dan C-Class sering memilih sedan dibandingkan hatchback lima pintu.

Apa mobil yang paling laris di Vietnam?
Seiring dengan perubahan selera konsumen mobil di Vietnam, mobil hatchback lima pintu secara bertahap kehilangan daya tariknya. Mobil hatchback lima pintu sangat populer di pasar Vietnam, dengan sederet model seperti Hyundai Grand i10, Kia Morning, Toyota Yaris, Mazda2 Sport, dan Suzuki Swift.

Masyarakat Vietnam membeli lebih sedikit mobil hatchback lima pintu. Mirip dengan sedan, penjualan mobil hatchback lima pintu juga mengalami penurunan di Vietnam. Hal ini terjadi karena masyarakat Vietnam, seperti halnya masyarakat Indonesia dan Amerika Serikat, mulai mengalihkan pilihan pembelian mobil mereka ke SUV high-riding.

Pada tahun 2023, Mitsubishi Xpander produksi Indonesia menjadi model mobil terlaris di Vietnam dengan total penjualan kurang lebih 19.700 unit. Disusul Hyundai Accent buatan Vietnam, Mazda CX-5 buatan Thailand, dan Ford Ranger buatan Thailand.

KESIMPULAN

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat ukur dimensi metric yang standar digunakan dalam industri otomotif silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada13 December 2019 @ 12:30 PM

Leave a Reply