Cara menggunakan height gauge yang benar!

Alat ukur teknik memang beragam jenis dan cara pakainya. Akan tetapi sebagian besar terutama yang memiliki fungsi vital dan presisi harganya tidaklah murah.Tergantung dari peran maupun aplikasi anda, entah sebagai seorang purchasing, pengusaha bengkel teknik, penghobi mekanik rumahan maupun pekerja profesional, anda pasti akan menggunakannya dan membutuhkannya jika waktu dan uang memungkinkan.

Height Gauge merupakan alat pengukur benda kerja secara vertikal yang digunakan untuk menentukan ketinggian objek, dan untuk menandai titik pada matrial yang akan dikerjakan. Mirip seperti mistar penggaris ataupun siku tukang yang biasa digunakan di workshop, height gauge jauh lebih presisi dan ada banyak variasinya.

FUNGSI HEIGHT GAUGE

Alat ukur ini digunakan dalam pengerjaan logam maupun metrologi, menyetel mesin milling maupun mesin printer 3 dimensi. Perangkat Height gauge serupa dalam konsep, dengan resolusi lebih rendah, digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan (klinik kesehatan, operasi) untuk mengukur ketinggian orang, dalam konteks yang mereka disebut stadiometer.

Kombinasi Height Gauge dengan Dial Lever Indicator untuk mengukur kontur, silindrikal maupun lainnya. Bisa pula dikombinasikan dengan bench center.

JENIS HEIGHT GAUGE

Pada umumnya ada 3 jenis Height Gauge:

1. Vernier Height Gauge

Height Gauge manual standar yang menggunakan skala vernier seperti kaliper atau sigmat, tetapi memiliki stand dudukan pondasi yang permanen. Datumnya bisa digeser geser dan dikunci secara manual.

2. Height Gauge dengan penggerak engkol manual dan tampilan ukur dial jarum atau digital

Height Gauge tipe Vernier ini kadang juga memiki skala tampilan ukur mekanis Dial atau tipe jarum seperti Dial Gauge. Heigh Gauge tipe ini juga masih memilki skala Vernier namun sudah memilki layar LCD. Interpolasi dan pengoperasian masih menggunakan mekanisme rack anda pinion atau gear dan spline presisi. Dengan rentang geraknya yang panjang, pengukur ketinggian digital dapat dianggap sebagai caliper raksasa, tetapi dengan ketepatan sistem pengukur benchtop yang jauh lebih canggih. 

Height Gauge bila dikombinasikan dengan Protractor bisa digunakan untuk mengukur dimensi kemiringan pada benda kerja seperti dies dan mould injection plastic yang presisi.

3. Digital Height Gauge full otomatis dengan motor listrik maupun tekanan udara pneumatic

Heigh Gauge tipe ini sebenarnya merupakan pengembangan dari tipe kedua, namun sudah memiki motor listrik, sensor torsi maupun penggerak bantalan pneumatic yang mengantisipasi pengaruh gravitasi maupun pengaruh tenaga manusia penggunanya. Height Gauge Digital juga sudah memiliki panel touch screen maupun fitur data transfer yang bisa terhubung ke spreadsheet seperti microsoft Excel maupun Open Office dan Smartphone, Dengan fitur seperti ini, pengukur ketinggian digital sangat fleksibel dan mampu melakukan berbagai tugas pengukuran dengan cepat dan andal. Plus, mereka mudah diatur, digunakan, dan dirawat.

KOMPONEN HEIGHT GAUGE

Pengukur Height Gage digital terdiri dari pelat dasar, stasiun pengukur ketinggian, dan layar kendali / evaluasi. Stasiun pengukuran cocok untuk pengukuran koordinat satu dimensi dalam arah vertikal, dan karenanya digunakan terutama untuk menentukan diameter dan jarak antara titik-titik pada benda uji. Namun, pengukuran dua dimensi dimungkinkan, jika benda uji dapat dimiringkan sebesar 90° dan tampilan kontrol / evaluasi memiliki kemampuan menghitung 90° koordinat.

Kualitas hasil pengukuran dengan Height Gauge ini juga tergantung pada kualitas instrumen pengukuran dan perawatan yang dilakukan oleh prosedur pengukuran oleh operator.

Area pengukuran pengukur Height Gage dibatasi oleh ukuran pelat dasar dan stylus. Beberapa pengukur mampu mengukur hingga 1.000 mm / 40 “atau lebih, tetapi sebagian besar jatuh ke dalam kisaran 600 mm / 24”, dan paling sering digunakan di bawah 300 mm / 12 “dari kisaran itu. 

TIPE PROBE HEIGHT GAUGE

Height Gauge akurasi pengukurannya ditetapkan oleh ada dua titik referensi penting. Yang pertama adalah referensi nol untuk sistem pengukuran. Perkembangan alat ukur Height Gauge tercanggih sudah sistem otomatis untuk melakukan ini dengan mengarahkan probe ke bawah untuk menyentuh permukaan granit ke nol pengukur.

Referensi kedua dan paling penting adalah koreksi untuk diameter probe. Jika pengukur ketinggian akan digunakan untuk alur, diameter dan lokasi lubang, diameter probe sangat penting, dan harus diperhitungkan. Ini mudah dengan pengukur saat ini sebagai proses otomatis dan perlengkapan perkakas khusus menentukan diameter bola secara otomatis. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari probe Anda:

  • Penyimpanan beberapa diameter probe: Fitur yang dibangun pada banyak pengukur ketinggian memungkinkan beberapa diameter bola probe disimpan dalam pengontrol pengukur ketinggian. Artinya, probe tujuan umum yang biasanya memiliki bola berdiameter 10 mm dapat menjadi probe yang berfungsi untuk sebagian besar dimensi, tetapi Anda juga dapat mengkalibrasi ulang probe lain — katakanlah bola 2 mm untuk fitur alur kecil itu — yang hanya digunakan sesekali. Ketika operator mengubah probe untuk alur kecil itu, ia dengan mudah tinggal mencari settingan dari memori diameter probe baru. Setelah pemeriksaan dilakukan, probe dimatikan dan diameter bola probe yang lama dipanggil keluar. Ini menghemat melakukan kalibrasi probe di tengah siklus pengukuran.

  • Probe berujung kembar: Sebagian besar kit probe aksesori untuk pengukur ketinggian termasuk probe yang memiliki dua ujung di atasnya, satu di sudut kanan ke yang lain. Ujung horisontal melakukan sebagian besar pekerjaan sementara vertikal tersedia untuk masuk ke lubang atau alur yang buta. Pengontrol pengukur Height Gage dapat diatur untuk menyimpan diameter probe bola probe horizontal dan titik referensi untuk probe vertikal. Selama pengukuran, operator dapat memilih probe yang tepat untuk pemeriksaan, dan titik referensi yang tepat secara otomatis dimasukkan ke dalam pengukuran. Atau jika ini adalah bagian dari program gaging yang tersimpan maka probe yang benar akan secara otomatis digunakan.

  • Probe dengan kompensasi penyimpangan: Kadang-kadang probe khusus dirancang dan dibangun untuk lubang kecil yang sangat dalam, dan karena itu, mereka cenderung memiliki defleksi yang melekat. Lendutan adalah salah satu musuh besar dalam pengukuran presisi. Namun, dengan sedikit pengujian, dengan membandingkan probe standar dengan probe khusus, konstanta defleksi probe dapat dihitung. Ada fungsi di beberapa alat ukur height gage ini untuk menyimpan dan menggunakan penyimpangan terbukti ini sebagai bagian dari proses pengukuran, sehingga meningkatkan nilai akurasi ukur.

  • Sebagian besar pengukur ketinggian dilengkapi dengan scriber, yang berfungsi untuk menemukan bagian atas benda kerja. Ketika pengukuran yang lebih akurat diperlukan, indikator uji atau probe akurasi tinggi bertipe Digital dan sensor LVDT dapat digunakan. Dengan pengukur tinggi panggil, indikator scriber atau uji dapat digunakan, sedangkan pengukur digital dapat dilengkapi dengan scriber atau probe sentuh. Probe sentuh memungkinkan operator untuk mendeteksi nol secara otomatis, serta perbedaan antara dua jarak.

PERHATIAN & PERSIAPAN SEBELUM PENGGUNAAN HEIGHT GAUGE

Disarankan bahwa sebelum melakukan pengukuran dengan Height Gauge, unit mistas pengukur dibalikkan pada sisinya sehingga bagian bawah dapat diperiksa. Gunakan batu poles karet atau batu cera untuk menghilangkan goresan atau deformasi lainnya. Bersihkan alas dengan alkohol terdenaturasi untuk menghilangkan residu dari proses poles tersebut. Pelat permukaan juga harus dibersihkan untuk menghilangkan minyak debu atau kontaminan lain yang dapat menyebabkan pengukur menempel pada pelat.

Untuk memeriksa apakah permukaan pasangan benar, pasang indikator uji ke scriber dan bawa indikator ke permukaan atau bagian referensi. Nolkan pengukur dan tekan dengan lembut di sudut alas. Jika indikator bergerak, permukaan tidak rata dan harus dikembalikan sampai permukaan halus diperoleh. Pastikan height gauge rata dengan meja ukur.

Mirip dengan permukaan dasar meja cast iron atau surface plate granit, perawatan rutin diperlukan pada bagian kolom (s) dari mistar height Gauge ini. Untuk rak di kolom, gunakan sikat lembut untuk menghapus penumpukan. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan pinion bergerak tidak merata, mengakibatkan salah perhitungan dari kedua dial dan nilai akhir Height gages ini.

Mengetahui jenis pengukur ketinggian, serta menjaga ketinggian pengukur dengan benar, akan membantu memastikan pengukuran yang efisien dan akurat.

Height Gauge merupakan bagian dari instrumen ukur yang wajib digunakan diatas meja ukur granit maupun meja ukur baja yang sudah terkalibrasi.

CARA MEMAKAI HEIGHT GAUGE

  • Alat ukur Height Gauge harus digunakan pada meja ukur granit maupun diatas pelat dasar granit grade 0 atau grade 1. Meja ukur  granit harus dipasang pada dudukan berinsulasi getaran untuk membantu menghilangkan getaran dan meningkatkan presisi. Secara rutin Height Gauge juga harus di setting dan direset menggunakan Block Gauge sebagai komparatornya.

  • Walaupun ada banyak merek Height Gauge, tiap design mungkin memiliki settingan dan ketentuan untuk menyesuaikan skala, hal ini dilakukan dengan menggeser skala secara vertikal di sepanjang badan penggaris Vernier pada Height Gauge dengan memutar sekrup pengumpanan halus di bagian atas pengukur; kemudian dengan scriber yang diset ke level yang sama dengan base agar skalanya dapat dicocokkan. Penyesuaian ini memungkinkan scribers atau probe yang berbeda untuk digunakan, serta menyesuaikan untuk setiap kesalahan dalam probe yang rusak atau dibentuk ulang.

  • Di dalam aplikasi metalworking, seringpula Height Gauge yang tipe Vernier digunakan untuk mengatur atau mengukur jarak vertikal; pointer dipertajam untuk memungkinkannya bertindak sebagai scriber dan membantu dalam menandai benda kerja. Instrumen Height Gauge ini juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian suatu objek dengan menggunakan bagian bawah scriber sebagai datum maupun juga disebut sebagai anvil. Datum ini dapat dibongkar pasang maupun digunakan secara permanen an ditambah denan alat ukur lain.

  • Di ruang lab ukur QC, aplikasi penggunaan pengukur ketinggian Heigh Gauge dan pengukur permukaan sangatlah berbeda. Alat ukur ketinggian memiliki kepala pengukur (apakah vernier, rak halus dan pinion dengan dial, atau encoder linier dengan tampilan digital), sedangkan pengukur permukaan hanya memiliki scriber titik. Keduanya biasanya digunakan pada pelat permukaan dan memiliki dasar yang berat dengan bagian bawah rata yang rata dan halus.

KESIMPULAN

Height gauge digital yang dilengkapi mata ukur opsi probe sentuh memungkinkan hasil pengukuran dikirim ke layar LCD atau menunjukkan bahwa pengukuran selesai dan pembacaan dapat dilakukan. Mata ukur Probe yang sifatnya menyentuh langsung permukaan benda ukur bisa membantu mengurangi kesalahan manusia. Ada beberapa keuntungan berbeda menggunakan layar digital pada pengukur ketinggian: lebih mudah dibaca daripada indikator dial, mudah beralih di antara unit pengukuran dan resolusi, nol yang ditetapkan di mana saja dan kemampuan untuk menggunakan pengumpul data elektronik.

Jika Anda berminat untuk membeli alat ukur Height Gauge profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Maret 26, 2020 @ 8:35 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!