Gergaji scroll Saw atau Band Saw cocoknya untuk usaha apa?

Ada banyak cara dan metode yang bisa digunakan untuk menggergaji berbagai macam material dan membentuknya sesuai keinginan anda. Namun tentunya pilihan mesin yang kita gunakan pasti punya fungsi dan keuntungan serta harganya yang berbeda pula. Apalagi jika kamu masih pengusaha yang baru merintis, tentu saja masih banyak belajar fungsi dan kegunaanya mesin tersebut sebelum berani berinvestasi. Maka ada baiknya artikel ini kami buat untuk menjawab ratusan email inbox yang masuk ke kami ya! 

JENIS MESIN GERGAJI SECARA PASARAN

Dalam dunia teknik produksi dari skala kecil rumahan hobi hingga skala galangan kapal dan pabrik pipa minyak gas, kami melihat secara umum ada 3 jenis mesin gergaji yang digunakan:

1. Gergaji Circular Saw atau gergaji serkel

Mesin serkel ini tergolong awet jika digunakan dengan minim perawatan dan mereknya terjamin juga. Pastikan juga gergaji itu memiliki ragum dan vise yang sesuai untuk memotong material.

Mesin gergaji serkel ini paling umum dan pasti dipakai siapapun. Mesin circular saw ini ditemukan oleh kaum emak-emak Amerika di abad ke 18 untuk memotong kayu balok dan rel kereta api. Cara pakainya mudah tapi justru paling berbahaya dan butuh kehati-hatian ekstra saat dipasang. Biasanya gergaji circular saw ini harganya salah satunya yang paling murah dan mudah dibeli dimanapun.

Mesin gergaji circular saw ini cocok untuk motong material logam seperti kawat baja, besi bangunan rebar, material batang yang solid, balok plastik maupun kayu solid dan pipa tebal. Kemampuan potong material besi maupun kayu lebih ditentukan oleh penekanan feed material, power kecepatan mesin serta kualitas mata pisau gergajinya

Mesin gergaji serkel ini kemampuan potongnya lebih ditentukan dari jenis pisau serkelnya dan besar watt dan tipe phase ampere motor listriknya. Operasional penggunaan juga mudah tinggal angkat lengan dan ayun serta atur speed motor mesin sesuai material.

Mesin gergaji serkel yang baik mestinya bisa disetel agar berputar cepat atau lambat dan memiliki meja kerja yang kokoh, jika pisaunya aman dan terjamin, maka pemakaiannya pun aman. Tapi sedihnya mesin inilah yang justru menjadi penyebab banyaknya kecelakaan kerja yang fatal. Utamakan keselamatan yah, saran kami jangan mau pakai pisau abal-abal dan biasakan disetel arbor penjepitan dengan aman sebelum mesin digunakan.

Mesin gergaji serkel juga bisa dimodifikasi untuk jadi mesin gergaji table saw. Pesan kami sih, Jangan lupa pula untuk menambahkan cairan pendingin seperti air ataupun coolant mengalir jika material yang mau dipotong terlalu panas. Kelemahan mesin gergaji serkel adalah lubang ventilasi mesin biasanya kotor sehingga panas motor listriknya beresiko merusak mesin dan suara mesin gergaji serkel yang berisik menyiksa telinga.

2. Mesin gergaji Scroll Saw

Mesin gergaji scroll saw sangat jelek pada penggergajian material secara garis lurus, tapi harganya murah. Gergaji Scroll Saw tidak dirancang untuk membuat potongan lurus. umumnya mesin ini dimilki bengkel kayu kecil dan hobi rumahan.

Mesin gergaji Scroll Saw ini merupakan salah satunya mesin gergaji tertua didunia. Mesin ini masih bersaudara dengan mesin gergaji jig saw, mesin hack saw yang berukuran besar atau reciprocating saw yang sudah punah dikalahkan oleh mesin gergaji bandsaw yang lebih bagus dan presisi. Mesin scroll saw ini mekanisme gergajinya sebenarnya sama saja dengan gerakan menggergaji manual dua arah, yaitu maju mundur atau atas bawah secara bolak balik.

Mesin gegaji Scroll Saw biasa digunakan untuk memotong komponen kecil yang presisi namun tipis dan kecil seperti pelat, potong sekrup, gergaji kerajinan tangan woodworking seperti buat huruf, potong material karet tanpa tulang seperti sendal, potong batu, tulang, plastik kaligrafi dan ragam handicrafts seperti gelang kayu dan lainnya yang berukuran kecil. Umumnya cuma satu jenis mata gergaji sudah bisa memotong berbagi material.

Gergaji Scroll Saw tidak dirancang untuk membuat potongan lurus dan panjang. Jika panjangnya beberapa cm atau beberapa milimeter bagian dari keseluruhan desain, ya sudah cocoklah. Tetapi sejauh memotong potongan-potongan material menjadi dua atau mencoba melakukan pemotongan rip pendek, yah, itu bukan tujuan mereka dibuat.  

Mesin gergaji scroll Saw ini bisa juga untuk memotong material dengan mata gergajinya yang tipis, dan bahkan bisa juga menggunakan kawat baja yang tajam. Jika mesin nya memiliki arah gerakan potong horizontal bolak-balik, biasanya disebut sebagai mesin gergaji Hack saw. Mesin gergaji hack saw sendiri sudah tidak laku lagi di pasaran seiring dengan makin murahnya harga mesin gergaji band saw.

Mesin scroll Saw ini sekilas memang menyerupai mesin jahit – dan harganya juga paling murah dan terjangkau bagi pengguna hobi. 

3. Mesin gergaji bandsaw atau gergaji pita

Penggergajian dengan mesin band saw horizontal menghasilkan sampah ampas gergaji lebih sedikit dan bagus sekali untuk pemotongan material yang panjang dan garis lurus.

Mesin band saw ini pasti ada dimiliki pengusaha UKM dan industri sedang hingga besar. Mesin bandsaw ini secara umum ada 3 jenis, yaitu band saw horisontal, band saw vertikal dan band saw miter untuk penggergajian miring dengan sudut dan menyamping. Kecepatan pemotongnya bisa disetel dan ada gear serta pulley roda pengaturnya. Mesin band saw juga ada banyak sekali ukurannya, namun secara umum orang membeli mesin bandsaw tipe horizontal dan tipe vertical

Mesin gergaji bandsaw bisa digunakan untuk memotong beragam material. Pastikan saja mata gergajinya sesuai dengan material. Mesin band saw harganya juga lebh mahal dari mesin gergaji serkel maupun gergaji scroll Saw. Mata pisau mesin bensaw ini seperti ikat pinggang atau belt maupun rantai chain saw yang berputar tanpa henti karena ditarik motor listrik. 

Kapan Menggunakan mesin Gergaji bandsaw Pita? Secara pengunaan, mesin band saw juga tergolong aman, karena resiko mata gergaji putus dan melayang  maupun serpihan gergaji terkelupas sangatlah rendah. Anda juga bebas memotong material apa saja dari Kayu, plastik, logam besi dan fiberglass dengan memakai mata gergaji yang tipenya Bi-metal. Resikonya cuma rajin disetel ketegangan pisaunya saat ingin digunakan dan kendorkan saat selesai digunakan. Jika tumpul, mata pisau bandsaw bisa juga di asah dengan file kikir gergaji atau digerinda. 

Dengan bilah dan ragum pengunci material yang tepat, Anda juga dapat membuat lengkungan, lingkaran, dan bentuk lainnya dengan gergaji pita tetapi perlu diingat bahwa mereka hanya dapat melakukan pemotongan luar. Selain itu, dengan bilah yang tepat, gergaji pita dapat memotong bahan yang tidak dapat diatasi, bahkan oleh logam.

Mesin bandsaw vertikal bisa membuat potongan lurus yang cepat dan akurat karenan minim ampas gergajian. Mata pisaunya bergerak satu arah yang sama saat bekerja. Mesin gergaji pita ini digunakan dari pengrajin gitar hingga bengkel galangan kapal dan pabrik besar.

Beberapa kegunaanya gergaji pita bandsaw adalah:

  • Gergaji ini cocok untuk pedagang material, toko bangunan dan pedagang grosir serta pabrik penggegajian sawing mill
  • Cocok untuk bengkel kelas menegah untuk membuat dan memmotong papan pada Mebel, mis. Meja, rak buku, atau rak buku material keras yang berukuran besar 
  • Hampir semua pengerjaan logam untuk railing dan truss tralis dari pipa tubes maupun besi baja ringan hollow. 
  • Memotong daging dan tulang hewan yang berukuran besar dan jumlah yang banyak seperti sapi, kerbau, kambing, ikan dan bahkan buaya, agar lebih rapi dan awet dikemas dalam es.

KESMPULAN

Secara fungsi, mesin Scroll Saw dan gergaji pita band saw vertikal terlihat sangat mirip pada pandangan pertama. Memang karena kedua jenis mesin ini memiliki meja kerja dan memiliki bilah yang berjalan tegak lurus melalui bagian tengahnya. Tapi di situlah kesamaan berakhir. Mesin kerja produksi ini sebenarnya dua peralatan yang sangat berbeda fungsi. 

Jika Anda bingung, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah jenis pekerjaan apa yang Anda rencanakan? dan berapa besar modalnya? Jika bengkel kayu untuk woodworking seperti buat aksesoris huruf timbul, membuat biola dan gitar ukulele maka scroll saw sudah cukup. Namun jika sudah mengerjakan mebel, guitar, komponen part motor, pelat baja dst, sudah pasti wajib bandsaw atau serkel, tergantung dari modal dan mana yang enak dipakai saja. 

Mesin gergaji serkel harganya terjangkau, dari 2 juta rupiah hingga 1 miliar rupiah. Mesin gergaji scroll saw maupun jigsaw juga harganya lebih murah rentang sekitar 2 juta hingga 5 juta rupiah, sedangkan mesin gergaji band saw baru tersedia dari harga 10 juta hingga 12 miliar rupiah tergantung ukuran, semakin besar tentu semakin mahal. Mesin gergaji bandsaw ini harganya lebih mahal daripada scroll Saw, karena sangat berbeda fungsi dan daya tahannya. Anda bisa membenarkan perlu membeli keduanya jika volume orderan semakin tinggi.

Jika Anda berminat untuk membeli gergaji band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!