Kalibrasi alat ukur internal atau pakai vendor? bagus yang mana?

Standar industri mengharuskan semua fabrikasi untuk mengkalibrasi setiap inspeksi, pengukuran, alat uji dan perangkat terhadap peralatan bersertifikasi dengan hubungan yang valid dengan standar yang diakui (misalnya ISO 9002 dll.). Oleh karena itu, setiap fabrikasi harus beroperasi dengan keseimbangan antara “kalibrasi internal” dan “Kalibrasi eksternal”.

Tidak hanya alat ukur dimensi yang perlu dicek akurasinya. Alat inspeksi visual dan NDT umumnya digunakan dalam teknik forensik, teknik mesin, teknik perminyakan, teknik elektro, teknik sipil, teknik sistem, teknik aeronautika, kedokteran, dan seni juga harus bisa dicek akurasinya. Kepastian mengenai akurasi dan Inovasi di bidang pengujian tak rusak telah memiliki dampak mendalam pada pencitraan medis, termasuk pada ekokardiografi. ultrasonografi medis, dan radiografi digital. Hasilnya biasanya dibandingkan dengan persyaratan dan standar yang ditentukan untuk menentukan apakah item atau kegiatan tersebut sesuai standar industri.

Block gauge dai MITUTOYO-CERA-Caliper-Checker ini bisa digunakan untuk menguji akurasi rahang kaliper dalam pengujian diameter external maupun internal.

Prosedur pemeriksaan standar ini meliputi non-destructive atau tidak merusak fisik dari alat ukur yang diuji, prosedur komparasi serta prosedur penggantian komponene yang aus. Kalibrasi in-house dengan komparator presisi yang memiliki reputasi baik dan insinyur yang berdedikasi, akan menghemat banyak penolakan dan keluhan dari pelanggan. Kalibrasi eksternal, di sisi lain juga praktis. Anda hanya melakukan outsourcing proses ke luar laboratorium kalibrasi yang dipercaya, memiliki reputasi & terakreditasi, tetapi dengan lead time yang tidak pasti. Misalnya; mengkalibrasi alat ukur harian dengan blok kalibrasi seperti caliper checker, bisa memastikan tingkat keyakinan dari akurasi alat ukur sebelum digunakan.

Untuk menyeimbangkan masalah kalibrasi, berikut adalah beberapa aturan praktis yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Aplikasi & lingkungan kerja

    Mikrometer atau alat pengukur panggil yang digunakan di lab inspeksi dan halaman terbuka akan mengalami perlakuan berbeda oleh beberapa operatornya dari satu spesifikasi QC. Lingkungan yang keras dan antrean fabrikasi yang sibuk akan membutuhkan pengaturan yang sering dan solusi segera. Oleh karena itu, lab QC in-House berdedikasi dengan perangkat pengukuran linear universal akan membantu untuk perawatan yang cepat dan layanan yang disesuaikan.

    Untuk workshop pabrikasi yang lebih kecil dengan kontrak yang tidak pasti, pendekatan yang paling ekonomis adalah menyewa jasa kalibrasi yang memiliki reputasi baik.

  2. Akurasi, standar toleransi yang dapat diterima:

    Tergantung pada preferensi pelanggan Anda, masing-masing ISO, UKAS, JIS, DIN, ASTN dan KAN, persyaratan permintaan yang sangat mirip tetapi tentu saja dibutuhkan pada pasar tertentu. Oleh karena itu, seberapa pentingkah akurasi bagi Anda? .Mendirikan layanan kalibrasi internal dapat tambahkan investasi besar karena Anda harus mendapatkan fasilitas, peralatan, dan personel terlatih untuk melakukan kalibrasi yang memenuhi standar.

    Misalnya;

    ISO / IEC 17025 menetapkan persyaratan umum untuk kompetensi untuk melakukan tes dan / atau kalibrasi, termasuk pengambilan sampel. Mereka berlaku untuk vendor kalibrasi yang melakukan tes dan / atau kalibrasi yang dapat dilacak untuk orang lain. CMIIW, sebagai standar pabrikan Anda untuk kualitas peralatan medis sistem disertifikasi untuk ISO 13485, akreditasi ISO 17025 berarti untuk kalibrasi internal tidak diperlukan. Namun, jika kalibrasi internal atau lab QC Anda memiliki sertifikat tersebut, Anda mungkin juga menawarkan layanan kalibrasi kepada pihak lain sebagai bagian dari leverage bisnis Anda.

    Sertifikasi dari badan yang bertanggungjawab memang tidaklah murah tarifnya.
  3. Kenyamanan pengguna memengaruhi produktivitas:

    Kenyamanan dan kepercayaan pengguna terhadap keakuratan kaliper dan pengulangan dial gages tentunya berkaitan dengan produktivitas. Mesin kalibrasi yang baik menawarkan pengaturan yang ramah pengguna dengan sistem kontrol manual dan otomatis karena proses kalibrasi sering membutuhkan penyesuaian dan perbaikan manual untuk memenuhi preferensi pengguna pada berbagai jenis alat ukur.

  4. Tidak ada standar sertifikasi “semua untuk satu” untuk laboratorium kalibrasi:

    Menjaga agar kalibrasi tersebut dikalibrasi sesuai dengan standar kualitas seperti ISO 9000 adalah tugas yang penting. Setiap perusahaan memiliki keadaan yang berbeda, Anda dapat menetapkan persentase 35% pada kalibrasi dua tahunan oleh lab luar atau bahkan 50: 50. Bagaimanapun, ada tidak ada jaminan bahwa vendor kalibrasi Anda akan tetap andal atau operator tetap rajin. Berinvestasi dengan Kalibrasi In-House akan memudahkan Anda untuk mengontrol alur kerja dan prosedur dokumentasi sesuai kebutuhan Anda.

  5. “See to believe” & referensi teman:

    Saat mempertimbangkan vendor kalibrasi, reputasi juga penting. Anda harus mengunjungi dan mengonfirmasi peralatan pengujian mereka dan dengan standar apa metode pengujian mereka dapat disertifikasi (misalnya, ISO, MIL, KAN, UKAS, ANSI). Selidiki siapa dan kualitas apa metode kontrol sudah tersedia? Anda juga perlu memastikan tingkat fasilitas kamar bersih mereka, apa toleransi kontrol pada suhu dan kelembaban, dan bagaimana peralatan dilindungi dari efek getaran luar.

KESIMPULAN

Kalibrasi in-house dengan komparator presisi meliputi Inspeksi menyeluruh yang melibatkan kolaborasi inspeksi visual seperti mikroskop dan teknologi pengecekan seperti pengujian ultrasonik, dan pengukuran optik non-kontak dan Photogrammetry Nondestructive testing (NDT). 

Metalextra menawarkan komparator presisi maupun perlengkapan block gauge dan standard block terbaik dengan akurasi Swiss berkualitas tinggi. Untuk melayani minat Anda tentang cara melakukan perbandingan presisi in-house dan inspeksi kualitas yang lebih baik, silakan tanyakan kepada departemen penjualan kami. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 16, 2020 @ 10:48 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!