Kenapa sertifikasi Nondestructive testing atau NDT itu diperlukan?

Pengujian tak merusak (NDT) merupakan aktivitas pengujian atau inspeksi terhadap suatu benda/material untuk mengetahui adanya cacat, retak atau discontinuity lain tanpa merusak benda yang kita uji. NDT umumnya memiliki beragam metode uji termasuk ultrasonik, magnetik-partikel, penetran cair, radiografi, dan pengujian eddy. Mengapa sih sertifikasi NDT lebih diutamakan dari sertifikasi pelatihan maupun ijasah? Berikut penjelasannya:

1. NDT mencakup bidang disiplin ilmu terapan yang sangat luas.

Saat ini NDT adalah alat yang sering digunakan dalam rekayasa forensik, teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, teknik sistem, teknik aeronautika, obat-obatan, dan seni. Oleh sebab itu diperlukan sertifikasi khusus yang hanya berlaku untuk bidang kerja terbatas dalam waktu yang tertentu pula.

Lebih lanjut lagi NDT dibagi menjadi berbagai metode pengujian nondestruktif, masing-masing berdasarkan pada prinsip ilmiah tertentu. Metode-metode ini dapat dibagi lagi menjadi berbagai teknik. Berbagai metode dan teknik, karena sifatnya yang khusus, dapat cocok untuk aplikasi tertentu dan tidak ada nilainya sama sekali dalam aplikasi lain. Oleh karena itu, memilih metode dan teknik yang tepat adalah bagian penting dari kinerja NDT.

2. Industri membutuhkan tenaga kerja terampil siap pakai dan bisa ditempatkan dimana saja.

Secara umum, perusahaan manufaktur yang bersifat kontraktual dan situasional tidak ingin mengeluarkan banyak biaya pelatihan untuk proyek yang jangka waktunya pendek. Oleh sebab itulah sertifikasi yang diakui luas bisa mempermudah proses seleksi calon pegawai yang juga dikontrak berdasarkan target proyek dan jangka waktu yang telah ditentukan. Tentu saja, upah yang diterima oleh seorang inspektor NDT lapangan berdasarkan proyek biasanya melebihi upah yang diterapkan oleh harga pasaran pegawai bidang lain misalnya: pegawai logistik, terutama jika sertifikasi tersebut sangat unik dan langka.

Bukanlah hal yang aneh jika seorang inspektor NDT yang memiliki latar belakang tamatan SMP bisa memilki gaji dan posisi yang lebih tinggi dari yang tamatan sarjana S1 di perusahaan asing. Perusahaan tersebut melihat keahlian seseorang dari sertifikasi keahliannya dan jumlah proyek dan working hour yang sudah ditempuhnya.  

Penerapan teknik pengujian tidak rusak atau NDT yang sukses dan konsisten sangat bergantung pada pelatihan, pengalaman, dan integritas personel. Personil yang terlibat dalam penerapan metode industri NDT dan interpretasi hasil harus disertifikasi, dan di beberapa sektor industri sertifikasi ditegakkan oleh hukum atau oleh kode dan standar yang berlaku.

3. Standar sertifikasi NDT berkelas dunia diterapkan diberbagai proyek diseluruh dunia dan menentukan pemberian izin kerja atau VISA.

Para profesional dan manajer NDT yang berupaya untuk memajukan pertumbuhan, pengetahuan, dan pengalaman mereka untuk tetap kompetitif di bidang teknologi yang maju pesat dalam pengujian nondestruktif harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan NDTMA, organisasi anggota Manajer dan Eksekutif NDT yang bekerja untuk menyediakan forum pertukaran terbuka informasi manajerial, teknis dan peraturan penting untuk keberhasilan manajemen personel dan kegiatan NDT. Konferensi tahunan mereka di Golden Nugget di Las Vegas adalah tempat yang populer untuk pemrograman dan ruang pameran yang informatif dan relevan.

Sektor Oil and Gas atau perminyakan dan gas bumi memiliki kiblat ke Amerika Serikat. Di Negeri Uncle Sam itu skema sertifikasi berbasis perusahaan pemberi kerja sudah lazim diterapkan, namun skema sertifikasi pusat juga ada. Yang paling terkenal adalah ASNT Level III (didirikan pada 1976-1977), yang diselenggarakan oleh American Society untuk Pengujian Nondestruktif untuk personel NDT Level 3. NAVSEA 250-1500 adalah skema sertifikasi pusat AS lainnya, yang secara khusus dikembangkan untuk digunakan dalam program nuklir angkatan laut. 

Sektor konstruksi dan arsitektur bangunan, sertifikasi pusat lebih banyak digunakan di Uni Eropa, di mana sertifikasi dikeluarkan oleh badan terakreditasi (organisasi independen yang sesuai dengan ISO 17024 dan diakreditasi oleh otoritas akreditasi nasional seperti UKAS). Arahan Peralatan Tekanan (97/23 / EC) benar-benar menegakkan sertifikasi personel pusat untuk pengujian awal ketel uap dan beberapa kategori bejana tekan dan perpipaan. Standar Eropa diselaraskan dengan arahan ini menentukan sertifikasi personel untuk EN 473. Sertifikasi yang dikeluarkan oleh masyarakat NDT nasional yang merupakan anggota Federasi Eropa NDT (EFNDT) dapat saling diterima oleh masyarakat anggota lain berdasarkan perjanjian pengakuan multilateral.

Kanada juga menerapkan skema sertifikasi pusat ISO 9712, yang dikelola oleh Natural Resources Canada, sebuah departemen pemerintah. 

Sedangkan sektor kedirgantaraan dan aerospace di seluruh dunia menempel pada skema berbasis perusahaan pemberi kerja saja. Misalnya sertifikasi yang diberikan oleh Boeing kepada kontraktornya maupun sertifikasi dari Luftansa Jerman atau Rolls Royce Inggris pada supliernya. Sedangkan di Amerika serikat, sebagian besar didasarkan pada AIA-NAS-410  dan di Uni Eropa pada standar yang setara dan sangat mirip EN 4179. Namun EN 4179: 2009 mencakup opsi untuk kualifikasi pusat dan sertifikasi oleh dewan NDT aerospace Nasional atau NANDTB (paragraf 4.5.2).

4. Skema sertifikasi yang mudah dengan dua pendekatan dalam sertifikasi personil: 

  • Sertifikasi Berbasis Perusahaan:

Di bawah konsep ini pengusaha menyusun Praktek Tertulis mereka sendiri. Praktik tertulis mendefinisikan tanggung jawab setiap tingkat sertifikasi, sebagaimana dilaksanakan oleh perusahaan, dan menjelaskan pelatihan, pengalaman dan persyaratan pemeriksaan untuk setiap tingkat sertifikasi.

Di sektor industri, praktik tertulis biasanya didasarkan pada praktik yang direkomendasikan SNT-TC-1A dari American Society for Nondestructive Testing. Standar ANSI CP-189 menguraikan persyaratan untuk praktik tertulis apa pun yang sesuai dengan standar. Untuk aplikasi penerbangan, luar angkasa, dan pertahanan (ASD) NAS 410 menetapkan persyaratan lebih lanjut untuk personel NDT, dan diterbitkan oleh AIA – Aerospace Industries Association, yang terdiri dari produsen aerospace AS badan pesawat terbang dan pembangkit listrik. Ini adalah dokumen dasar untuk EN 4179 dan standar kedirgantaraan NIST yang diakui NIST lainnya untuk Kualifikasi dan Sertifikasi (berbasis perusahaan) dari personel Nondestructive Testing. NAS 410 juga menetapkan persyaratan untuk “National NDT Boards”, yang memungkinkan dan melarang skema sertifikasi pribadi. NAS 410 mengizinkan Sertifikasi ASNT sebagai bagian dari kualifikasi yang diperlukan untuk sertifikasi ASD.

  • Personal Central Certification:

Konsep sertifikasi pusat adalah bahwa operator NDT dapat memperoleh sertifikasi dari otoritas sertifikasi pusat, yang diakui oleh sebagian besar pengusaha, pihak ketiga dan / atau otoritas pemerintah. Standar industri untuk skema sertifikasi pusat mencakup ISO 9712, dan ANSI / ASNT CP-106 (digunakan untuk skema ASNT ACCP ). Sertifikasi di bawah standar ini melibatkan pelatihan, pengalaman kerja di bawah pengawasan dan lulus ujian tertulis dan praktis yang ditetapkan oleh otoritas sertifikasi independen. EN 473 adalah skema sertifikasi sentral lainnya, sangat mirip dengan ISO 9712, yang ditarik ketika CEN menggantinya dengan EN ISO 9712 pada tahun 2012.

5. Tingkat sertifikasi menentukan kualifikasi dan besaran GAJI

Sebagian besar skema sertifikasi personel NDT yang tercantum di atas menentukan tiga “level” kualifikasi dan / atau sertifikasi, biasanya ditetapkan sebagai Level 1, Level 2 dan Level 3 (walaupun beberapa kode menentukan angka Romawi, seperti Level II). Peran dan tanggung jawab personel di setiap level umumnya sebagai berikut (ada sedikit perbedaan atau variasi antara kode dan standar yang berbeda):

  • Level 1 adalah teknisi engineer yang memenuhi syarat untuk melakukan hanya kalibrasi dan tes khusus di bawah pengawasan ketat dan arahan oleh personel tingkat yang lebih tinggi. Mereka hanya dapat melaporkan hasil tes. Biasanya mereka bekerja mengikuti instruksi kerja spesifik untuk prosedur pengujian dan kriteria penolakan.
  • Level 2 adalah insinyur atau teknisi berpengalaman yang dapat mengatur dan mengkalibrasi peralatan pengujian, melakukan inspeksi sesuai dengan kode dan standar (alih-alih mengikuti instruksi kerja) dan menyusun instruksi kerja untuk teknisi Level 1. Mereka juga berwenang melaporkan, menafsirkan, mengevaluasi, dan mendokumentasikan hasil pengujian. Mereka juga dapat mengawasi dan melatih teknisi Level 1. Selain metode pengujian, mereka harus terbiasa dengan kode dan standar yang berlaku dan memiliki pengetahuan tentang pembuatan dan layanan produk yang diuji.
  • Level 3 biasanya adalah insinyur khusus atau teknisi yang sangat berpengalaman. Mereka dapat menetapkan teknik dan prosedur NDT dan menafsirkan kode dan standar. Mereka juga mengarahkan laboratorium NDT dan memiliki peran sentral dalam sertifikasi personel. Mereka diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih luas yang mencakup bahan, fabrikasi dan teknologi produk.

Jika Anda berminat untuk membeli alat uji inspeksi NDT ataupun beragam alat ukur non-destructive lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 10, 2020 @ 2:11 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!