Makino, innovator mesin milling Jepang

Dalam industri pengolahan logam, material mentah logam baja, mild steel maupun logam keras lainnya, dibutuhkan mesin potong yang sanggup memahat dan menggerus sesuai dengan desain teknik dan kegunaan akhir dari benda kerja tersebut. Jajaran lengkap peralatan mesin Makino ditawarkan dalam beragam mesin pemotong logam dan kawat EDM presisi tinggi, termasuk HMC, VMC, pusat permesinan 5 sumbu, mesin permesinan mikro, pusat permesinan laser cutting grafit, dan EDM serta mesin Ram EDM.

 

FOKUS UTAMA MESIN MAKINO

Proses EDM paling banyak digunakan oleh industri pembuatan cetakan press, plastic atau rubber injection mold and die, dan menjadi metode umum untuk membuat prototipe dan bagian produksi, terutama di industri manufaktur mesin dan komponen pesawat dan dirgantara, otomotif dan elektronik di mana jumlah produksi relatif rendah namun bernilai tinggi.

 

Electrical discharge machining (EDM), juga dikenal sebagai mesin percikan, erosi percikan, die sinking, pembakaran kawat atau erosi kawat, adalah proses pembuatan dimana bentuk yang diinginkan diperoleh dengan menggunakan pelepasan listrik (bunga api). Bahan dikeluarkan dari benda kerja dengan serangkaian pelepasan arus berulang yang cepat antara dua elektroda, dipisahkan oleh cairan dielektrik dan dikenakan tegangan listrik. Salah satu elektroda disebut alat-elektroda, atau hanya “alat” atau “elektroda,” sedangkan yang lain disebut benda kerja-elektroda, atau “benda kerja.” Prosesnya tergantung pada alat dan benda kerja yang tidak melakukan kontak yang sebenarnya.

 

Makino juga merupakan manufaktur inovatif yang memproduksi serangkaian mesin EDM maupun milling CNC di Jepang. EDM sering dimasukkan dalam kelompok metode pemesinan “non-tradisional” atau “non-konvensional” bersamaan dengan proses seperti pemesinan elektrokimia (ECM), pemotongan jet air (WJ, AWJ), pemotongan laser dan berlawanan dengan “konvensional” grup (memutar, bubut, milling, mengebor, dan proses lainnya yang mekanisme pembuangan materialnya pada dasarnya berdasarkan pada kekuatan mekanik). 

 

SEJARAH MAKINO MACHINE TOOLS JEPANG

Makino didirikan pada tahun 1937 oleh Tsunezo Makino di Jepang, mengembangkan mesin penggilingan numerik (NC) pertama Jepang pada tahun 1958 dan pusat permesinan pertama Jepang pada tahun 1966.

 

Cabang Makino di Amerika Utara dibentuk melalui penggabungan 1981 dari R. Alat Mesin Alat LeBlond dari Cincinnati dan Perusahaan Mesin machining milling dari Makino Jepang. Hasil dari merger adalah pembentukan apa yang kemudian disebut “Perusahaan Alat Mesin LeBlond Makino”.

Pada tahun 1996, LeBlond Makino menjadi Makino, dan pada tahun 1997 LeBlond Lathe Ltd. dibentuk sebagai bagian dan anak perusahaan yang melayani.

 

Pada tahun 1984, Makino memperkenalkan spindle kecepatan tinggi komersial pertama untuk penggilingan. Pada tahun 1990, Makino memperkenalkan Geometric Intelligence, perangkat lunak kendali-servo pertama yang dirancang untuk pemesinan berkecepatan tinggi, dan pemesinan Flush Fine, sebuah metode untuk memotong bahan yang mengeras.

 

Perusahaan mengembangkan drop-tank wire EDM pertama pada tahun 1994, dan teknologi HQSF (High-Quality Surface Finish) dengan aditif uSc yang dipatenkan pada tahun 1996, meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan bagian tanpa pemolesan tangan saat menggunakan ram EDM.

 

Pada tahun 2003, Makino mengembangkan EDM kawat horizontal konvensional pertama yang secara otomatis memasang benang dan mesin dengan kawat berdiameter 0,02mm. Dalam sinker EDM, grafit, tungsten tembaga, atau elektroda tembaga murni dikerjakan dalam bentuk yang diinginkan (negatif) dan diumpankan ke dalam benda kerja di ujung ram vertikal.

 

Pada tahun 2006, perusahaan mengembangkan Teknologi Terapan Energi Tinggi (HEAT) untuk kawat EDM untuk meningkatkan kecepatan kawat EDMing, dan merilis mesin micro EDM ram EDAC1. Makino juga satu-satunya produsen EDM kawat horizontal, UPJ-2.

 

Pada tahun 2007, Makino memperkenalkan teknologi EDM kawat SurfaceWIZARD, yang dirancang untuk menghilangkan garis saksi di bagian yang dilangkahi. Makino menciptakan Teknologi ADVANTiGE ™ untuk pemesinan titanium pada tahun 2010, yang diakui sebagai pemenang Tantangan Inovasi Aviation Week 2012.

 

Pada tahun 2018, Makino memperkenalkan ATHENA, teknologi suara-diaktifkan Makino, yang dirancang untuk pengguna alat mesin. Hal ini dimaksudkan untuk membuat manusia lebih efektif dalam menerjemahkan, mengasimilasi, dan menganalisis serangan big data.

 

MESIN PRESISI BUATAN MAKINO TERLARIS:

 

Berikut ini jenis dan tipe mesin buatan Makino yang terlaris berdasarkan pendapat kami:

EDM (Electric discharge machining) Machines

  • Wire EDM

  • RAM EDM

  • EDM Hole Drilling

Milling/Machining  Centers

  • Graphite Machining Centers

  • Horizontal Milling 5-Axis

  • Horizontal Milling 4-Axis

  • Vertical Milling 3-Axis

  • Vertical Milling  5-Axis

Micro Machining

  • iQ300/iQ500 Vertical Machining Centers
    Mesin penggilingan mikro presisi ideal untuk produsen precision injection moulding, perkakas LED, permukaan akhir optik, dan aplikasi permesinan toleransi tinggi lainnya.

  • V22 Vertical Machining Centers
    Didesain untuk menghilangkan getaran, defleksi rotasi, dan distorsi termal untuk memastikan ketepatan, akurasi, dan keandalan saat pemesinan bahan yang rumit, seperti keramik, inti rumit, dan rongga.

  • EDAF2 Sinker EDM
    Menawarkan perpaduan ideal pemesinan berkecepatan tinggi, akurasi tinggi, dan kapabilitas permukaan akhir untuk menangani pekerjaan apa pun secara efisien.

  • EDAC1 Sinker EDM
    EDM sinker paling akurat di dunia, dibangun dengan kontrol generator daya yang disempurnakan dan konstruksi yang menuntut untuk memberikan tingkat akurasi dan permukaan akhir tertinggi.

  • EDFH-1 EDM Hole Drilling
    Menggabungkan pengeboran EDM dengan akurasi tinggi ke platform mesin yang sama dengan EDAC1, yang mampu melakukan pemrosesan standar Ram EDM dengan akurasi tinggi.

  • UPN-01 Wire EDM
    Mampu mencapai akurasi tingkat sub-mikron dan dilengkapi dengan sistem penggerak kawat horizontal unik yang meningkatkan kinerja penguliran kawat.

KESIMPULAN

Makino berkomitmen untuk menyediakan teknologi permesinan yang unggul dan terdepan serta solusi proses rekayasa inovatif yang memungkinkan produsen untuk fokus membuat apa yang penting agar produktifitas industri presisi anda meningkat.

 

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!

————————————–

Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!