Mandrel bubut itu apa?

Dalam operasional mesin bubut Lathe, tentunya dibutuhkan beragam jenis aksesoris yang bisa digunakan untuk menjepit benda kerja yang akan dibuat. Salah satu jenis aksesoris yang cukup populer dimiliki operator bubut adalah mandrel. Mandrel ini ada banyak jenisnya untuk beragam kegunaan. 

MANDREL ITU APA FUNGSINYA?

Mandrel bubut merupakan perangkat yang digunakan untuk menahan benda kerja terutama untuk pemesinan diameter luar dengan mengacu pada lubang yang telah selesai dilakukan baik dengan reaming atau bubut pada mesin lathe. Umumnya Mandrel merupakan sebuah holder material berupa silinder yang mengerucut. Di Indonesia mandrel juga dikenal dengan sebutan arbor, gagang holder yang digunakan untuk menjepit dan memegang material agar bisa dibubut atau dibentuk (misalnya mandrel cincin yang digunakan oleh perhiasan untuk menambah diameter perhiasan cincin);

Mandrel berupa batang flanged atau tapered atau threaded juga ada yang bisa digunakan mencengkeram benda kerja untuk dikerjakan dalam mesin bubut. Mandrel bergelang umumnya berupa gagang solid bar paralel dengan diameter tertentu dan lekungan kemiringan integral ke satu ujung, dan berulir di ujung yang berlawanan. Material kerja bisa dicengkeram antara flensa dan mur pada ulir. 

JENIS MANDREL BUBUT

Mandrel berfungsi sebagai holder material yang akan diotong dan juga pisau atau abrasif pemotong yang akan diputar oleh mesin bbut. Umumnya desain mandrel seperti batang kerucut yang meruncing (sering disebut mandrel polos) memiliki lancip yang dirancang untuk menahan pekerjaan dengan didorong ke dalam lubang yang akurat pada pekerjaan, mencengkeram pekerjaan dengan gesekan. Mandrel berulir dapat memiliki utas jantan atau betina, dan karya yang memiliki ulir identik disekrup ke mandrel. Berikut ini ragam jenis mandre untuk aplikasi bubut dan milling:

A. Expansion Mandrel; 

Ada dua jenis mandrel ekspansi yang paling umum adalah: Mandrel bushing terpisah dan strip mandrel yang bisa disesuaikan.

  1. Split bushing mandrel; Mandrel bushing split terdiri dari mandrel meruncing padat, dan bushing split, yang mengembang saat dipaksa ke mandrel. Kisaran penerapan masing-masing mandrel padat sangat meningkat dengan menyesuaikan sejumlah busing berukuran berbeda. Akibatnya hanya beberapa mandrels yang diperlukan.
  2. Adjustable strip mandrel;Mandrel strip yang dapat disesuaikan terdiri dari badan silinder dengan empat lekukan meruncing yang dipotong sepanjangnya, dan selongsong, yang ditempatkan sesuai dengan lekukan yang meruncing. Empat strip dipasang di slot. Ketika body silinder utama didorong masuk, strip dipaksa keluar oleh lekukan meruncing dan diperluas secara radial. Set strip dengan ukuran berbeda sangat meningkatkan jangkauan setiap mandrel. Mandrel jenis ini tidak cocok untuk pekerjaan berdinding tipis, karena gaya yang diberikan oleh strip dapat merusak benda kerja.

B. Gang Mandrel Horizontal;

Gang Mandrel terdiri dari tubuh paralel dengan kemiringan flensa mengerucut di satu ujung dan bagian berulir di ujung lainnya. Diameter internal benda kerja lebih besar dari diameter tubuh mandrel dengan tidak lebih dari 0,025 mm. Sejumlah potongan dapat dipasang dan dipegang dengan aman ketika mur dikencangkan pada mesin cuci ‘U’. Kacang tidak boleh terlalu kencang, jika tidak akan terjadi ketidakakuratan.

Gang Mandrel ini sangat berguna ketika operasi permesinan harus dilakukan pada sejumlah potongan tipis yang mungkin mudah terdistorsi, jika dipegang dengan metode lain.

C. Stepped Mandrel (Mandrel bertangga-tangga)

Mandrel ini memiliki diameter berbeda untuk mengurangi frekuensi lepas pasang dan pembelian bebeapa jumlah mandrels. Ini berbeda dari mandrel biasa dalam kenyataan bahwa sejumlah langkah disediakan di atasnya. Penggunaannya menghemat waktu dalam memegang berbagai pekerjaan bubut.

 

D. Mandrel sekrup atau ulir

Mandrel berulir digunakan bila perlu untuk memegang dan membuat benda kerja mesin memiliki lubang yang berulir. Mandrel ini memiliki bagian berulir yang sesuai dengan utas internal pekerjaan yang akan dikerjakan. Sebuah undercut di bahu memastikan pekerjaan pas dengan pas (erat) pada bahu yang rata.

E. Taper shank mandrel

Mandrel lancip shank tidak digunakan di tengah pusat bubut. Mandrel ini justru dipasang ke lancip internal spindle headstock. Bagian yang diperluas dapat dikerjakan dengan mesin agar sesuai dengan benda kerja yang akan diputar. Mandrel lancip lancip umumnya digunakan untuk memegang benda kerja kecil. Dua jenis umum mandrel lancip adalah: mandrel pejantan ekspansi dan mandrel pejantan berulir.

  1. Mandrel pejantan ekspansi; Mandrel stud ekspansi ditempatkan dan memiliki utas internal. Ketika sekrup yang diruncingkan dikencangkan, diameter luar stud melebar ke bagian dalam benda kerja. Mandrel jenis ini berguna saat pemesinan sejumlah bagian serupa yang diameter internalnya sedikit berbeda.
  2. Mandrel pejantan berulir; Mandrel stud berulir memiliki bagian proyeksi yang diulir agar sesuai dengan ulir internal pekerjaan yang akan dikerjakan. Mandrel jenis ini berguna untuk memegang benda kerja yang memiliki lubang buta.

 

F. Cone Mandrel

Mandrel tipe kerucut ini merupakan mandrel yang solid. Memiliki porsi lancip berbalik dengan lancip yang curam dan menyatu dengan tubuh. Salah satu ujung mandrel diulir. Sebuah kerucut longgar meluncur di atas bagian tubuh mandrel yang dibalik. Ini memiliki lancip curam yang sama dengan bagian integral yang meruncing. Pekerjaan bor besar, bisa dilakukan di antara dua lancip ini dan diikat erat dengan kacang, mesin cuci, dan kerah jarak.

Varíasi Aplikasi dan Penggunaan Mandrel

  • Pada mesin bubut, mandrel biasanya dipasang di antara bagian tengah dan digerakkan oleh bubut (biasanya mandrens flanged atau tapered), tetapi juga dapat dicengkeram dalam chuck (biasanya mandrels berulir, di mana permukaan luar pekerjaan harus dikerjakan. Mandrel berulir juga dapat dipasang di antara pusat.
  • Selain bubut, mandrel arbors juga digunakan untuk memegang roda buffing, gergaji bundar, dan cakram pengamplasan. Biasanya, mandrels ini terdiri dari sebuah silinder yang berulir di satu ujung. Ada banyak jenis mandrels untuk aplikasi khusus. Contohnya termasuk mandrel chuck hidup, mandrels cincin banteng hidup, dan mandrels cincin banteng mati.
  • Mandril batang logam berbentuk yang ditempatkan di dalam benda kerja yang akan dibentuk, mis. dudukan digunakan untuk menekuk pipa knalpot untuk mobil dan dalam produksi kaca cair, cincin logam, batang berulir, dan kaki furnitur.
  • Mandrels juga digunakan dalam fabrikasi komposit industri seperti pada gulungan filamen. Selama proses pembuatan, filamen yang diimpregnasi resin dililitkan di sekitar mandrel untuk membuat struktur atau bagian material komposit. Struktur disembuhkan dan mandrel dihilangkan. Salah satu masalah dengan jenis proses ini adalah bahwa mandrel bisa sangat sulit untuk dilepas begitu bagian telah mengeras. Akibatnya, para insinyur telah menciptakan mandrel jenis baru yang memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dan mudah dilepaskan. Ketika dipanaskan di atas suhu tertentu, mandrel menjadi elastis dan dapat dimanipulasi ke dalam bentuk yang diinginkan dan kemudian didinginkan untuk menjadi kaku lagi dalam bentuk baru. Kemudian dapat digunakan dalam proses belitan filamen. Setelah bagian komposit disembuhkan, mandrel dapat dipanaskan kembali sampai elastis dan mudah dikeluarkan dari bagian yang disembuhkan. Mandrels jenis ini dapat digunakan berulang kali.
  • Dalam produksi inti baja yang digunakan untuk penggerak fleksibel, kabel tengah yang menjadi dasar lapisan selanjutnya disebut Mandrel. “Kawat tengah” ini sendiri dapat terdiri dari kawat tunggal atau lapisan, tergantung pada ukuran produk jadi.
  • Sebuah lubang Live Center biasanya menempel pada mandrel, yang terakhir pada dasarnya adalah mata bor dengan ulir untuk mengunci gergaji tipe serkel.

KESIMPULAN

Agar dapat mengolah dan mengubah permukaan diameter luar benda silinder silinder seperti pipa, ring maupun cincin dan beragam benda berbentuk donat secara akurat, tentu dibutuhkan penjepit konsentris yang cocok dengan jaw chuck mesin bubut. Dalam kasus seperti itu benda kerja yang akan dibubut tentu perlu diklem dan dipasang pada perangkat yang dikenal sebagai mandrel.

Metalextra menawarkan beragam pisau kerja untuk membuat fastener berupa machine tap, senai atau snei atau dies dan beragam ukuran tapping bit serta mata bor serta mesin kerja tapping yang berkualitas. Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com,

 

Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 11, 2019 @ 10:47 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!