Mata Gergaji Pita agar awet bagaimana caranya?

Kemampuan penggergajian mesin gergaji pita memang ditentukan oleh pilihan mata pisau gergaji maupun proses perawatan dan prosedur operasi mesin. Pemasangan pisau gergaji bandsaw blade yang tak cocok juga sangat mempengaruhi umur ekonomisnya juga. Jadi bagaimana cara merawat pisau gergaji Blade Bandsaw dengan benar?

SESUAIKAN TIPE MESIN GEGAJI PITA BANDSAW DENGAN MATA PISAUNYA

Mesin gergaji pita Bandsaw sangatlah berbeda dengan Circular saw yang memilki sedikit sekali komponen yang bergerak dengan kualitas bervariasi. Kategori mesin gergaji pita juga berdasarkan konstruksi desainnya memang terbagi lagi menjadi beberapa desain mesin bandsaw yaitu tipe; Gergaji Pita Vertikal (General Purpose Pivot Style), Gergaji Horizontal Gaya Pivot Serbaguna, Sistem Gergaji Kolom Ganda, Gergaji Struktur Horizontal, Gergaji Kolom Ganda Produksi, Gergaji Tipe Meja dan Portal, dan Gergaji Tabung (Tube Saws.).

Pisau bandsaw – terutama yang berkualitas tinggi tentu harganya juga sesuai. Mirip seperti cutting tools untuk mesin milling maupun bubut lathe, berikut jenis mata gergaji yang kami tawarkan:

    • Gigi standard dari Baja Padat dari material HSS (High Speed Steel) maupun paduan Bi-metal

    • Gigi Segmental dan bercoating cemented carbide maupun ceramic dengan material inti Tool steel

    • Gigi gergaji yang dibracing/dilas dari material Tungsten Carbide Tipped

    • PCD Polycristaline Diamond, atau Polycrystalline Diamond Tipped Teeth memberikan masa pakai yang lebih lama 15X lebih lama dibandingkan dengan pisau carbide standar. Lebih sedikit aus dan debu gergaji dibandingkan dengan bilah gergaji ber-coating karbida standar.

Material kerja berupa pelat baja dengan kekerasan 35HRC bisa digergaji dengan menggunakan pisau gergaji Bi-Metal dengan tambahan cairan coolant pendingin bila perlu.

PISAU GERGAJI WAJIB DIPELIHARA TERENCANA

Semua peralatan bengkel memerlukan perawatan rutin yang terencana untuk memaksimalkan kinerja blade terbaik. Sebuah pisau akan bertahan lebih lama jika Anda memiliki seluruh mesin diservis secara teratur. Dengan memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik pada gergaji Anda – bantalan, penegang, pemandu, dll. – akan membantu bilah Anda menjaga kesejajarannya dan mempertahankan tegangan yang benar.

Anda dapat membantu menjaga bandsaw Anda dalam kondisi terbaik dengan mengikuti rutinitas pembersihan dan pelumasan harian, termasuk sedikit meminyaki bantalan jika memungkinkan, dan menggunakan maskapai untuk menghilangkan serpihan yang menumpuk di bilah dan mekanisme. Banyak perawatan umum yang dapat Anda lakukan sendiri, namun kami menyarankan agar pemandu bantalan Anda diganti dan diservis oleh teknisi mesin yang berkualifikasi.

PAHAMI PROSEDUR PEMAKANAN MATA GERGAJI AWAL

Beberapa mesin gergaji bandsaw yang memiliki sistem pandu garis laser memang mempermudah penandaan dan proses pemotongan awal. Namun, tak semua teknisi memiliki mesin tipe laser tersebut. Oleh karena itu, anda perlu menyiapkan alat ukur dan penanda scriber maupun setel ragum terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin.

Penting untuk diketahui bahwa ketika Anda memasang blade baru, blade harus dipasang. Menjalankan (terkadang disebut bedding in) blade baru Anda sangat penting untuk mencegah masalah umum seperti gigi patah dan keausan dini. Untuk melakukan ini, kami sarankan untuk menjalankan gergaji Anda dengan kecepatan rendah sekitar setengah dan pada kecepatan yang lebih rendah – serendah sepertiga – gaya umpan untuk menurunkan tegangan awal yang dialami oleh mata pisau. Kecepatan lari yang lebih rendah ini membantu menghilangkan tepi ekstra tajam dari blade dengan membiarkannya menempel ke material secara perlahan untuk memastikan masa pakai yang lebih lama.

PERIKSA KETEGANGAN MATA GERGAJI DIMESIN

Ketika bilah mengalami banyak pekerjaan, bilah akan memanas dan mengembang, menyebabkan tensioner mengambil alih kendur. Setelah pekerjaan dihentikan, ada kemungkinan kerusakan bilah melalui retakan mikro jika ketegangan tidak dilepaskan dari bilah. Kami merekomendasikan bahwa setelah pekerjaan yang lama, di mana bilah menjadi panas, kendurkan ketegangan bilah ke belakang beberapa putaran untuk membantu mencegah hal ini.

GUNAKAN COOLANT PENDINGIN YANG TEPAT

Sementara logam yang berbeda mungkin memerlukan pendingin yang berbeda untuk memastikan operasi yang benar, tak perlu dikatakan bahwa beberapa jenis pelumas mutlak harus digunakan. Coolant melumasi area pemotongan dan menghilangkan panas dari seluruh blade. Jika Anda memiliki reservoir dan sistem pompa oli, oli harus diganti secara berkala, dan semua filter dibersihkan.

Cairan Pemotongan coolant merupakan jenis cairan pendingin dan pelumas yang dirancang khusus untuk proses pengerjaan logam, dan meskipun dalam kebanyakan kasus Anda mencampur cairan pendingin dengan air, Anda tidak boleh menggunakan air hanya karena ini dapat menyebabkan masalah parah seperti pertumbuhan bakteri, korosi, dan permukaan yang buruk. selesai.

KESIMPULAN

Dengan melakukan perawatan yang sederhana namun efektif ini, Anda dapat menambahkan umur ekonomis mesin gergaji dan memaksimalkan masa pakai dan kinerja mata gergaji pita bandsaw blade Anda. Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:09 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: