Beli Gergaji Pita Band Saw sesuai kebutuhan kerja!

Mesin gergaji pita atau bensaw meggunakan mata gergaji dengan gerigi tajam dan tersambung dilas mirip seperti belting mesin. Di artikel kali ini kita membahas secara ringkas tips sederhana dalam memilih mesin Bandsaw yang sesuai dengan keperluan kerja!

MESIN BANDSAW & FITUR UMUMNYA

Mesin gergaji pita band saw memang lebih baik untuk membuat potongan secara manual, tidak teratur dan bahkan melengkung di mana gergaji bundar lebih baik dengan potongan garis lurus. Persyaratan mobilitas pekerjaan juga memainkan peran besar dalam jenis gergaji yang Anda gunakan.

Efisiensi dan baliknya modal investasi pada dasarnya bermuara pada cara Anda menggunakan mesin gergaji tersebut. Dengan mata gergaji bergigi yang terbentang di antara dua roda atau lebih, mesin bandsaw industri memotong bahan material lebih presisi dan beragam. Di Indonesia, pada umumnya satuan yang digunakan dalam mengukur mata bandsaw blade maupun dimensi kapasitas potong mesin bandsaw adalah satuan imperial atau Inch dan jumlah gigi per incinya (Tooth per Inch).

JENIS UMUM MESIN GERGAJI BAND SAW

Di Metalextra kami menawarkan berbagai pilihan mesin penggergajian logam yang dapat dipecah menjadi tiga kategori sederhana. Dari gergaji pita tunggal dan ganda sehari-hari hingga gergaji kolom kembar yang sepenuhnya otomatis hingga mata pisau gergaji terbaru. Kami dapat menemukan solusi yang tepat untuk bisnis Anda.

Manual Pull Down / Gravity Downfeed Bandsaw

Model Pull Down Manual adalah pilihan termurah dan mengandalkan operator secara manual dalam melakukan manuver haluan selama proses pemotongan. Model gravitasi sedikit lebih mahal dan bergantung pada berat busur bandsaw yang menekan material yang kecepatan laju umpannya dapat dikontrol dan disesuaikan. Mesin seperti ini dapat menangani material hingga kapasitas 300mm dengan mudah, meskipun cenderung sedikit lebih lambat dalam pengoperasiannya karena Anda perlu menaikkan busur secara manual pada penyelesaian pemotongan dan penjepitan wakil manual. Jika harga adalah pertimbangan utama Anda, maka mesin pull down/gravitasi bernilai setiap sen. Terkadang mesin downfeed manual/gravitasi bisa lebih cepat digunakan pada satu kali pemotongan sedangkan mesin otomatis penuh dapat mempercepat produksi pada banyak pemotongan.

Bandsaw Semi-Otomatis

Bandsaw semi-otomatis memiliki operasi wakil dan busur hidraulik, yang memberi operator lebih banyak kontrol selama proses pemotongan. Pada penyelesaian pemotongan, busur kembali siap secara hidraulik untuk pemotongan berikutnya dikombinasikan dengan wakil hidraulik, kedua fitur ini pasti akan mempercepat proses pemotongan Anda. Bahan berdinding lebih kecil dan lebih ringan yang rentan terhadap penyumbatan gigi, dapat diatasi dengan kecepatan ke bawah yang lambat untuk mencegah kerusakan gigi. Bahan berdinding padat dan lebih berat dapat memiliki tekanan yang lebih besar yang diterapkan untuk meningkatkan proses pemotongan.

Mesin Gergaji Bandsaw Sepenuhnya Otomatis

Bandsaw otomatis dengan sistem manajemen material memang lebih mahal tetapi mesin gergaji ini dapat dibiarkan bekerja sendiri, karena operator hanya mengawasai saat memuat bahan stok baru ataupun saat perawatan. Kisaran bandsaw ini meningkatkan produksi dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Mereka juga dapat menghasilkan berbagai panjang bahan dan bahkan pemotongan mitra dengan mudah. Seperti rentang semi-otomatis, kecepatan pengumpanan dapat dikontrol dan disesuaikan yang berpotensi meningkatkan masa pakai blade bandsaw dan kualitas pemotongan.

BANDSAW APA YANG SESUAI DENGAN BIDANG KERJA ANDA?

Mesin Bandsaw merupakan satu-satunya perkakas potong presisi yang mampu untuk memotong material dengan biaya termurah. Tentu saja, setiap bengkel yang sibuk akan memilih mesin gergaji pita yang tepat agar awet menghasilkan layanan yang solid selama bertahun-tahun. Berikut ini faktor bidang usaha yang mempengaruhi anda dalam memilih kapasitas mesin gergaji:

  1. Fabrikasi Umum

    Apakah Anda ingin memotong berbagai bahan dan material dengan bentuk dan ukuran yang berbeda? Apakah ini dalam skala kecil hingga menengah? Jika jawabannya ya, dan jika perusahaan Anda membutuhkan fleksibilitas untuk memotong berbagai produk dalam skala yang lebih kecil, Anda dapat memilih seluruh rangkaian kami tergantung pada apa yang ingin Anda capai.

  2. Fabrikasi Struktural
    Apakah Anda bekerja di fabrikasi konstruksi? Membuat balok baja besar dan pelat datar yang berat? Biasanya Anda akan membutuhkan 2-3 gergaji pita di bengkel Anda untuk menangani berbagai macam kapasitas pemotongan yang akan Anda tangani secara teratur. Idealnya, Anda memerlukan gergaji tangan Kolom Kembar semi-otomatis untuk memotong Balok HI skala besar lebih dari 300mm. Dengan ini, Anda mungkin memerlukan blade 41-54mm untuk mengatasi tekanan pemotongan dinamis. Untuk jenis pekerjaan ini, Anda harus memiliki pitch gigi yang sangat kasar pada mata pisau untuk memotong bahan yang lebih tebal. Atau jika Anda memotong bundel, kami akan merekomendasikan penggunaan pisau profil Goldcut yang memiliki formasi gigi terkelupas yang dapat menahan lebih banyak getaran. Jelas, pisau kasar tidak cocok untuk memotong bahan yang lebih kecil seperti bahan batangan kecil dan bagian kotak. Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan perusahaan memiliki gergaji yang lebih kecil dengan kapasitas pemotongan hingga 300mm baik dengan gravitasi tarik ke bawah atau gergaji semi-otomatis. Gergaji ini perlu memiliki pitch gigi yang lebih halus untuk mengatasi bahan yang lebih tipis.

  3. Pedagang material yang sering memotong lembaran pelat logam
    Ingin menangani bahan yang lebih kecil? Sebagian besar perusahaan lembaran logam akan memilih pull down kapasitas yang lebih kecil atau gergaji pita semi-otomatis untuk memotong bahan kecil hingga menengah seperti bagian kotak, saluran, dan bahkan mungkin balok U dan I kecil.

  4. Rekayasa Presisi
    Biasanya, insinyur presisi memotong batang padat dan opsi gergaji pita seringkali bisa lebih cepat daripada berpisah dengan mesin bubut. Oleh karena itu, opsi semi-otomatis dan sepenuhnya otomatis akan cocok. Gergaji pita otomatis sepenuhnya akan menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda tidak dibatasi oleh anggaran karena memungkinkan Anda untuk menyetel sebelumnya panjang, kecepatan, dan jumlah pemotongan tanpa perlu operator berdiri di sana. Ini juga berarti Anda akan dapat memperlambat proses pemotongan yang akan membantu memperpanjang umur mata pisau dan kualitas potongan.

KESIMPULAN

Jika Anda masih tidak yakin, hubungi kami untuk mendiskusikan pilihan Anda, dan biarkan kami membantu Anda memilih dan membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:09 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: