Nondestructive testing atau NDT itu apa sih?

Setiap konsumen pasti ingin produk berkualitas namun harganya terjangkau. Bagaimana caranya mengetahui daya tahan tersebut? Dari produk mobil angkutan hingga kapal cepat, daya tahan produk didasarkan pada prediksi umur ekonomis dan kemampuannya untuk diperbaiki serta kapan dan bagaimana perawatan tersebut diberikan. Setiap produk tahan lama juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknis, teknologi, dan desain. 

Daya tahan sebagai karakteristik yang berkaitan dengan kualitas barang yang dapat diminta oleh konsumen awalnya ditetapkan di Britania Raya. Saat itu parlemen Great Britain sampai menambah amandemen Undang-Undang Penjualan Barang 1979 terkait dengan standar kualitas untuk setiap barang yang dipasok tahun 1994. Sejak saat tersebut, teknologi dan standar sertifikasi NDT juga menjadi kriteria utama dan merupakan tindakan memastikan kualitas produk tersebut. Selanjutnya, negara lain pun turut mengikuti kebijakan negeri ratu Elisabeth tersebut.

NDT ITU APA?

Nondestructive testing (NDT) merupakan serangkaian pengujian teknik analisis yang digunakan dalam industri sains dan teknologi untuk mengevaluasi sifat-sifat suatu bahan, komponen atau sistem tanpa menyebabkan kerusakan. Kegiatan ini umumnya melingkupi Istilah pemeriksaan nondestructive (NDC), inspeksi nondestructive (NDI), dan evaluasi nondestructive (NDE) juga biasa digunakan untuk menggambarkan teknologi ini.

Karena NDT tidak secara permanen mengubah ataupun merusak kondisi obyek yang sedang diperiksa, metode ini lebih menghemat uang dan waktu dalam evaluasi produk, pemecahan masalah, dan penelitian. Enam metode NDT yang paling sering digunakan adalah eddy-current, magnetic-particle, penetrant cair, radiografi, ultrasonik, dan pengujian visual.

Pengujian NDT (Non Destructive Test) ini seringkali dilakukan paling sedikit 2 kali. Pertama, pada ketika akhir proses fabrikasi guna menilai komponen yang bisa diterima setelah melewati proses fabrikasi, hasil dari pengujian ini bakal dijadikan unsur kendali bobot komponen atau material. Kedua, NDT dilaksanakan saat komponen telah dipakai pada jangka masa-masa tertentu, guna menemukan kekeliruan sistem atau kegagalan pada komponen guna mendeteksi kerusakan.

KENAPA NDT DIWAJIBKAN?

NDT digunakan dalam berbagai pengaturan yang mencakup maintenance dan pencegahan berbagai aktivitas industri, dengan metode dan aplikasi NDT baru, yang terus dikembangkan. Metode pengujian tidak rusak secara rutin diterapkan di industri di mana kegagalan komponen akan menyebabkan bahaya atau kerugian ekonomi yang signifikan, seperti dalam transportasi, bejana tekan, struktur bangunan, perpipaan, dan peralatan pengangkat.

1. Verifikasi las

  • Bagian material dengan retakan pemecah permukaan yang tidak terlihat oleh mata telanjang.
  • Penetrant diterapkan ke permukaan.
  • Penetrasi berlebih dihapus.
  • Pengembang diterapkan, membuat retakan terlihat.

Dalam fabrikasi metalworking, teknik kerja pengelasan biasanya digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih bagian logam. Karena koneksi welding ini dapat mengalami banyak tekanan dan kerapuhan selama masa pakai produk, ada kemungkinan titik pengelasan tersebut bisa gagal jika tidak dibuat dengan spesifikasi yang tepat. Misalnya, logam tidak mulia harus mencapai suhu tertentu selama proses pengelasan, harus dingin pada kecepatan tertentu, dan harus dilas dengan bahan yang kompatibel atau sambungannya mungkin tidak cukup kuat untuk menahan bagian-bagiannya bersama-sama, atau retakan dapat terbentuk pada las menyebabkannya gagal. Cacat pengelasan yang khas (kurangnya fusi lasan ke logam dasar, retakan atau porositas di dalam lasan, dan variasi dalam kepadatan lasan) dapat menyebabkan struktur pecah atau pipa pecah.

Kualitas pengelasan dapat diuji menggunakan teknik NDT seperti radiografi industri atau pemindaian CT industri menggunakan sinar-X atau sinar gamma, pengujian ultrasonik, pengujian penetran cair, inspeksi partikel magnetik atau melalui arus eddy. Dalam lasan yang tepat, tes ini akan menunjukkan kurangnya retakan pada radiograf, menunjukkan lintasan suara yang jelas melalui lasan dan punggung, atau menunjukkan permukaan yang jernih tanpa penetrasi yang ditangkap oleh retakan.

Pengamatan dengan mikroskop juga termasuk bagian dari NDT visual

Teknik pengelasan juga dapat secara aktif dipantau dengan teknik emisi akustik sebelum produksi untuk merancang set parameter terbaik yang digunakan untuk menggabungkan dua material dengan benar. Dalam kasus lasan tegangan tinggi atau keselamatan yang kritis, pemantauan lasan akan digunakan untuk mengkonfirmasi parameter pengelasan yang ditentukan (arus busur, tegangan busur, kecepatan perjalanan, input panas dll.) Sedang dipatuhi dengan yang dinyatakan dalam prosedur pengelasan. Ini memverifikasi lasan sebagai prosedur yang benar sebelum evaluasi nondestruktif dan tes metalurgi.

2. Mekanika struktural

Struktur dapat berupa sistem kompleks yang mengalami beban berbeda selama masa pakainya, mis. Baterai lithium-ion. Beberapa struktur kompleks, seperti mesin turbo dalam roket berbahan bakar cair, juga bisa berharga jutaan dolar. Para insinyur umumnya akan memodelkan struktur ini sebagai sistem orde dua yang digabungkan, mendekati komponen struktur dinamis dengan pegas, massa, dan peredam. Set persamaan diferensial yang dihasilkan kemudian digunakan untuk mendapatkan fungsi transfer yang memodelkan perilaku sistem.

Berdasarkan dari tingkat kehancuran atau cacat pada material, NDT dapat disahkan menjadi 2 macam, yakni surface crack dan inside crack. Sebaiknya, ketika pengujian dilangsungkan harus telah di tentukan target pengujian kekeliruan seperti inside crack atau surface crack,sesudah ditentukan baru dibuka pengujian NDT tersebut.

Dalam NDT, struktur mengalami input dinamis, seperti ketukan palu atau impuls yang dikendalikan. Properti utama, seperti perpindahan atau akselerasi di berbagai titik struktur, diukur sebagai output yang sesuai. Output ini direkam dan dibandingkan dengan output yang sesuai yang diberikan oleh fungsi transfer dan input yang diketahui. Perbedaan dapat menunjukkan model yang tidak sesuai (yang dapat mengingatkan insinyur akan ketidakstabilan yang tidak terduga atau kinerja di luar toleransi), komponen yang gagal, atau sistem kontrol yang tidak memadai.

Standar referensi, yang merupakan struktur yang sengaja cacat untuk dibandingkan dengan komponen yang dimaksudkan untuk digunakan di lapangan, sering digunakan dalam NDT. Referensi standar dapat dengan banyak teknik NDT, seperti UT, dan VT.

3. Kaitannya dengan prosedur medis & keselamatan

NDT itu bidang ilmunya juga bisa diaplikasi pada ilmu kesehatan. Kegiatan NDT juga mencakup pengecekan kesehatan tubuh tanpa menggangu atau sebisa mungkin mengurangi penderitaan pasien. Contohnya perlakuan Radiografi toraks yang berfungsi untuk mencari dan memeriksa serta menunjukkan anomali penyakit seperti karsinoma bronkial perifer.

Beberapa metode NDT terkait dengan prosedur klinis, seperti radiografi, pengujian ultrasonik, dan pengujian visual. Peningkatan atau peningkatan teknologi dalam metode NDT ini telah bermigrasi dari kemajuan peralatan medis, termasuk radiografi digital (DR), pengujian ultrasonik array bertahap (PAUT), dan endoskopi (borescope atau inspeksi visual berbantuan). Tentunya alat yang digunakan untuk mengecek dan mengetes sangat berbeda dosis dan frekuensinya.

KESIMPULAN

Ilmu NDT umumnya digunakan dalam teknik forensik, teknik mesin, teknik perminyakan, teknik listrik, teknik sipil, teknik sistem, teknik aeronautika, kedokteran, dan seni. Inovasi di bidang pengujian nondestruktif memiliki dampak mendalam pada pencitraan medis, termasuk pada ekokardiografi, ultrasonografi medis, dan radiografi digital.

Karena bidang NDT yang sangat luas tersebut, maka ada banyak sekali ragam alat ukur NDT dan standar sertifikasi yang diwajibkan dalam penggunaannya.

Jika Anda berminat untuk membeli alat uji inspeksi NDT ataupun beragam alat ukur non-destructive lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

 

Originally posted on Januari 10, 2020 @ 12:39 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!