Masalah Umum Mesin Bubut dan Cara Merawatnya

Mesin bubut merupakan perkakas mesin teknik yang sangat berguna yang dapat membantu memotong, amplas, boring dan menekuk berbagai material di bengkel Anda. Mesin bubut tipe horisontal bahkan menjadi perkakas wajib yang yang penting untuk layanan bengkel mesin yang berfungsi penuh, dan Anda tidak akan berhasil usaha bengkel tanpa mesin bubut. 

Meskipun sangat disukai oleh banyak pemilik bengkel dan pekerja teknik, penting untuk diperhatikan bahwa mesin bubut ini walaupun mekanismenya sederhana jika tidak terawat bisa jadi berbahaya. Ada sejumlah hal yang bisa salah jika alat tidak digunakan dengan benar selama layanan pemesinan Anda. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

LOGAM TIDAK TERPOTONG

Jika Anda tidak menyetel mesin bubut dengan benar, ada kemungkinan mesin bubut tidak dapat melakukan apa yang perlu dilakukan. Sebelum Anda memulai proyek Anda, pastikan bahwa alat pemotong di dalam mesin bubut ditempatkan pas center tepat di tengah. Jika miring atau jatuh keluar dari titik tengah, alat Anda tidak akan bisa memotong seakurat yang Anda inginkan. Karena alat melakukan banyak pekerjaan saat memotong, pastikan Anda memberikan jeda dan waktu untuk mendinginkannya agar tidak gagal berfungsi. Hal ini wajar terjadi karena saat memotong, maka logam menjadi panas, pemuaian pun terjadi.

ERETAN CARRIAGE TIDAK BERGERAK SEPERTI SEHARUSNYA

Jika unit carriage pada mesin bubut Anda tidak bergerak dengan semestinya, bisa jadi terjadi karena karat atau mungkin operator Anda tidak tahu cara mengoperasikannya dengan benar. Untuk membuat carriage bergerak ke arah yang benar, Anda perlu menguasai seni menangani, membersihkan dan merawat dengan pelumas alat tersebut. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mengerjakan pegangan power feed dengan benar karena jika tidak, carriage akan seret dan kesulitan bergerak.

ULIR THREAD TIDAK MEMOTONG DENGAN BENAR

Mesin bubut walaupun bentuknya solid, merupakan mesin pengerjaan material yang banyak desain dan beragam kualitas manufakturnya. Mesin bubut memiliki kecepatan konstan katrol tunggal atau drive kepala-diarahkan. Dalam hal ini, sebuah katrol tunggal digerakkan dengan menggunakan sabuk ‘V’ oleh motor dan kemudian mekanisme internal dari head head, yang dirancang untuk memiliki berbagai roda gigi di dalam, memungkinkan berbagai kecepatan spindle

Jika Anda menggunakan mesin bubut pengerjaan logam, ulir thread potong dikontrol oleh sebuah tombol dial. Putaran ini bekerja secara berbeda pada kecepatan yang berbeda, jadi sebelum Anda memulai proyek Anda, ujilah. Coba kerjakan pada kecepatan yang berbeda untuk melihat mana yang dapat Anda tangani. Ini juga akan memberi Anda kesempatan untuk memahami bekerja dengan alat-alatnya sehingga Anda menjadi lebih nyaman.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARI MENGOBATI

Seperti biasa, ingatlah untuk melindungi diri Anda dengan peralatan keamanan yang tepat. Ini termasuk kacamata, sarung tangan, dan masker wajah. Menggunakan tip yang tercantum di atas akan memastikan bahwa Anda menggunakan alat bubut dengan benar dan aman selama layanan pemesinan. Juga, selalu ingat untuk merawat mesin bubut Anda. Mesin bubut ini harus dibersihkan dan diseka kering, dan bantalan penghapus harus dibersihkan dan diminyaki kembali secara teratur.

KESIMPULAN

Untuk Memastikan Kualitas Terbaik, Metalextra tentunya mencari partner produsen mesin yang memproduksi sendiri 100% poros utama dan semua part di dalam nya. Hal ini dimaksudkan agar kualitas terjamin dan mentoleransi jangkauan rpm standar maupun opsi jangkauan rpm tinggi, dijalankan dengan getaran yang diminimumkan bergantung dari persyaratan aplikasi nya.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan machine tooling, cutting tool maupun quality tester silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan refernsi anda! Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: