Profiling itu teknik bubut apa?

Ada banyak pilihan merek dan standar rangkaian alat bubut industri dengan bahan yang dioptimalkan untuk bahan khusus dan fleksibilitas bagi penggunanya. Saat mengerjakan proyek komponen permesinan dengan bentuk kompleks, anda pasti mencari pisau insert dengan holder untuk grooving profil lebih efisien. Oleh sebab itulah anda perlu memperhatikan tipe holder arah bubut konvensional, apakah tipe bubut dari kanan atau dari kiri dan menggunakan jenis insert ber geometri chip breaker yang sama saja. Namun, selain dari memilih pisau bubut, ada banyak faktor lain yang preslu diperhatikan agar bubut profiling bisa mencapai hasil yang memuaskan. Dalam artikel ini kita akan bahas secara ringkas, perihal apa saja yang perlu anda perhatikan agar memastikan hasil bubut profiling menjadi presisi.

BUBUT SECARA UMUM

Mesin pahat bubut merupakan kategori mesin kerja potong yang memutar benda kerja terhadap suatu sumbu rotasi untuk melakukan berbagai operasi seperti pembubutan, pemotongan bawah, knurling, pengeboran, pengeboran, dan pemotongan (turning, undercutting, knurling, drilling, facing, boring dan profiling). Tiap metode bubut dengan alat potong lathe yang diaplikasikan pada benda kerja tentu bertujuan agar suatu objek bisa dipahat dengan simetri terhadap sumbu tersebut.

PROFILING TOOL FUNGSINYA APA?

Profiling merupakan kategori pengerjaan bubut mesin alur kompleks yang bertujuan 2 hal, yaitu; membuat alur internal ataupun eksternal grooving dan aplikasi parting, yaitu bubut untuk memotong putus atau gerus dalam material. Akses ke alur sering kali bisa menjadi tantangan, padahal permukaan akhir dan integritas permukaan menjadi faktor penting. Misalnya, komponen mesin aerospace mengandung alur kompleks dengan akses yang sulit padahal membutuhkan kualitas permukaan surface yang luar biasa mulus.

Ada banyak resiko kerusakan yang bisa muncul jika tidak menerapkan tahapan bubut profiling, grooving hingga parting dengan benar. Mesin penggilingan vertikal untuk bubut penggilingan profil untuk bentuk tidak beraturan misalnya dapat menyebabkan spindel bergerak ke samping oleh aksi cam dari pemandu atau ragum yang berfungsi sebagai model pada saat yang sama bahwa meja kerja bergerak tegak lurus terhadap perjalanan spindel. Oleh sebab itu terkadang diperlukan simulasi bubut dengan material lain dan pengecekan dengan alat ukur yang cocok disetiap jeda produksi untuk mengurangi resiko ini. 

Dalam operasi parting dan grooving, keamanan proses dan kelancaran produktivitas menjadi dua aspek penting. Dengan pengaturan dan pilihan alat yang benar, ada banyak kesulitan yang dapat dihindari saat pengerjaan. Kesulitan seperti selip dan gerinda yang suaranya tak normal, kerusakan patahnya pahat, chip jamming, permukaan akhir yang buruk pada komponen dengan alur yang rumit, tekanan cairan pendingin yang salah, overhang yang lama dan tingkat getaran yang tinggi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan komponen yang mahal terbuang percuma.

PISAU PROFILING CARA PAKAINYA BAGAIMANA?

Meskipun dengan semua variasi merek dan beragam mekanisme ini seringkali kalangan end user merasa sulit untuk membidik mesin yang tepat terutama jika dipaksakan harus mengikuti budget yang tipis. Lantas apa yang perlu diperhatikan? Semuanya tergantung dari keahlian operatornya. Tidak jarang dijumpai, mesin bubut manual justru jauh lebih presisi dari mesin bubut full CNC. Pertimbangan awal ini akan mempengaruhi pilihan alat parting dan grooving dan bagaimana alat ini dipakai dan diterapkan dengan kombinasi alat bubut yang anda miliki. Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan;

1. Pemilihan tipe dan grade pisau bubut, mengejar kedalaman alur groove atau kualitas finishing permukaan?

Operasi pembubutan merupakan pekerjaan dengan beberapa tahapan, yaitu roughing, medium speed dan terakhir finishing dengan kecepatan lambat. Pertimbangkan tuntutan kualitas alur grooving atau kualitas permukaan tentu bervariatif yang tergantung oleh:

  • Jenis aplikasi (misalnya parting off atau internal grooving)

  • Kedalaman dan feed pemakanan pemotongan

  • Lebar pemotongan dan toleransinya

  • Corner radius atau bentuk radius sudut yang diinginkan

  • Permintaan kualitas (toleransi, permukaan akhir, dll.). Apakah kita memerlukan sisipan desain Wiper untuk mencapai permukaan akhir yang dapat diterima? Mata pisau bubut insert dengan tipe Wiper akan menawarkan permukaan akhir yang lebih baik, namun pemakanan feed tidak boleh agresif.

2. Tipe material dan geometri struktur komponen

Setelah mempertimbangkan tuntutan kualitas, anda juga perlu memperhatikan material yang digunakan dan bentuk komponennya:

  • Apakah bahan tersebut memiliki kualitas pemecahan chip yang baik?

  • Apakah evakuasi/kontrol chip merupakan masalah kritis?

  • Ukuran batch – alur tunggal atau produksi massal alur? Produksi massal membenarkan alat Tailor Made yang dioptimalkan untuk memaksimalkan produktivitas

  • Bisakah komponen yang salah atau toleransi NOGO bisa diperbaiki dengan aman?

3. Pertimbangan mesin dan cara operasionalnya meliputi:

  • Stabilitas, tenaga, dan torsi, terutama untuk komponen yang lebih besar tentu membutuhkan rangkaian ragum, jig, klem dan kemampuan untuk menyerap vibrasi dan getaran dengan baik.

  • Setelan pemotongan pasokan cairan coolant dan tipe pendinginan

  • Apakah cairan pendingin bertekanan tinggi untuk pemecahan chip pada material chipping yang panjang diperlukan? Apakah proses ini mampu membuang serpihan material dengan baik?

  • Waktu lead time jeda penggantian alat/jumlah alat di turret holder mesin bubut anda.

  • Keterbatasan dalam rpm, terutama untuk majalah umpan batang dan diameter kecil

  • Apakah Sub-spindle, atau stok pisau cadangan tersedia?

Proses kerja bubut bisa dilakukan dengan mata pisau insert Widia yang bisa lepas pasang maupun stang solid.

HARGA PROFILING, PARTING DAN GROVING HOLDER BERAPA?

Untuk membantu Anda menghindari kesulitan khusus ini dan berhasil melakukan parting dan grooving, Metalextra menjual beragam produk pisau bubut dan gagang holder bubut untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari pengeboran lubang, pelebaran diameter lubang, pembuatan ulit internal hingga ulir eksternal dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.  

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 13, 2020 @ 12:54 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: