Revolusi teknologi manufaktur itu apa?

Revolusi teknologi meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Ini mungkin melibatkan perubahan material atau ideologis yang disebabkan oleh pengenalan perangkat atau sistem. Beberapa contoh dampak potensial adalah manajemen bisnis, pendidikan, interaksi sosial, keuangan dan metodologi penelitian; tidak terbatas hanya pada aspek teknis.

APA ITU REVOLUSI INDUSTRI?

Contoh revolusi teknologi yang paling dikenal adalah Revolusi Industri pada abad ke-19, revolusi ilmiah-teknis sekitar tahun 1950-1960, revolusi Neolitikum, Revolusi Digital dan sebagainya. Gagasan “revolusi teknologi” sering digunakan secara berlebihan, oleh karena itu tidak mudah untuk menentukan revolusi teknologi yang terjadi selama sejarah dunia yang benar-benar penting dan mempengaruhi tidak hanya satu segmen aktivitas manusia, tetapi memiliki dampak universal. Satu revolusi teknologi universal harus terdiri dari beberapa revolusi teknologi sektoral (dalam sains, industri, transportasi dan sejenisnya).

Kita dapat mengidentifikasi beberapa revolusi teknologi universal yang terjadi selama era modern dalam budaya Barat:

1. Revolusi keuangan-pertanian (1600–1740)

2. Revolusi industri (1780–1840)

3. Revolusi teknis atau Revolusi Industri Kedua (1870–1920)

4. Revolusi ilmiah-teknis (1940–1970)

5. Revolusi informasi dan telekomunikasi, juga dikenal sebagai Revolusi Digital atau Revolusi Industri Ketiga (1975-2020)

Upaya untuk menemukan periode yang sebanding dari revolusi teknologi yang terdefinisi dengan baik di era pra-modern sangat spekulatif.

Mungkin salah satu upaya paling sistematis untuk menyarankan kerangka waktu revolusi teknologi di Eropa pra-modern dilakukan oleh Daniel Šmihula:

A. Revolusi teknologi Indo-Eropa (1900–1100 SM)

B. Revolusi teknologi Celtic dan Yunani (700–200 SM)

C. Revolusi teknologi Germano-Slavia (300-700 AD)

D. Revolusi teknologi Abad Pertengahan (930–1200 M)

E. Revolusi teknologi Renaissance (1340–1470 M)

Revolusi teknologi menulis ulang kondisi material eksistensi manusia dan dapat membentuk kembali budaya manusia dan cara kerja baru yang lebih menguntungkan bagi sipemilik modal. Ini dapat memainkan peran sebagai pemicu rantai berbagai perubahan dan tidak dapat diprediksi:

Apa yang membedakan revolusi teknologi dari perkembangan teknologi? yaitu dua fitur dasar:

1. Keterkaitan yang kuat dan saling ketergantungan dari sistem yang berpartisipasi dalam teknologi dan pasar mereka.

2. Kapasitas untuk mentransformasikan secara mendalam sisa ekonomi (dan akhirnya masyarakat).

Konsekuensi dari revolusi teknologi tidak selalu positif. Misalnya, inovasi, seperti penggunaan batu bara sebagai sumber energi, dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan menyebabkan pengangguran teknologi. Schumpeter menggambarkan sifat kontradiktif revolusi teknologi ini, penghancuran kreatif. Konsep revolusi teknologi didasarkan pada gagasan bahwa kemajuan teknologi tidak linear tetapi tidak wajib. Revolusi teknologi dapat:

Sektoral (lebih banyak perubahan teknologi dalam satu sektor, mis. Revolusi Hijau dan Revolusi Komersial)

Universal (perubahan radikal yang saling berhubungan di lebih banyak sektor, revolusi teknologi universal dapat dilihat sebagai kompleks dari beberapa revolusi teknologi sektoral paralel, mis. Revolusi Industri Kedua dan revolusi teknologi Renaissance)

Konsep revolusi teknologi universal adalah faktor kunci dalam teori Neo-Schumpeterian tentang gelombang / siklus ekonomi yang panjang (Carlota Perez, Tessaleno Devezas, Daniel Šmihula dan lain-lain).

KESIMPULAN

Industry 4.0 menciptakan apa yang disebut “pabrik pintar”. Dalam pabrik cerdas terstruktur modular, sistem fisik-cyber memantau proses fisik, membuat salinan virtual dari dunia fisik dan membuat keputusan yang terdesentralisasi. Melalui Internet of Things, sistem fisik-cyber berkomunikasi dan bekerja sama satu sama lain dan dengan manusia secara real time, dan melalui Internet of Services, baik layanan internal maupun lintas organisasi ditawarkan dan digunakan oleh para pelaku value chain industry

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 25, 2020 @ 9:04 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!