skiving itu proses apa sih?

Proses skiving, yang berarti “mengiris”, dapat diterapkan ke berbagai aplikasi dan bahan. Dalam kulit, pisau skiving memangkas ketebalan kulit, sering di sekitar tepi, untuk mengencerkan bahan dan membuatnya lebih mudah untuk dikerjakan. Dalam pengerjaan logam, skiving dapat digunakan untuk menghilangkan dimensi material yang tipis atau untuk membuat irisan tipis pada material yang ada, seperti heat sink di mana sejumlah besar area permukaan diperlukan relatif terhadap volume potongan logam.

Metode Skiving digunakan untuk pembuatan heat sink untuk produk pendingin PC. Heat sink diukir (Skived) dari satu blok logam untuk membuat susunan sirip halus dengan ketebalan dan tinggi yang ditentukan. Basis terintegrasi dan struktur sirip meminimalkan kehilangan panas di antaranya dan meningkatkan konduktivitas termal serta biaya pengembangan yang lebih rendah. Proses skiving ini memungkinkan kepadatan sirip pendingin yang tinggi dan tidak ada batasan panjang heat sink.

Pendingin PC yang dibuat dengan skiving memiliki manfaat bahwa dasar heat sink dan sirip dibuat dari satu bahan (tembaga atau aluminium), memberikan peningkatan pembuangan panas dan perpindahan panas dari basis ke sirip. Selain itu, proses skiving juga meningkatkan kekasaran sirip. Berbeda dengan bagian bawah heat sink, yang perlu halus untuk area kontak maksimum dengan sumber panas, sirip mendapat manfaat dari kekasaran ini karena meningkatkan area permukaan sirip untuk membuang panas ke udara. Sirip dapat dibuat lebih tipis dan lebih berdekatan daripada dengan proses ekstrusi atau pembentukan lembaran, yang dapat menawarkan transfer panas yang lebih besar dalam waterblock berperforma tinggi untuk pendinginan air.

Dalam pengerjaan logam, skiving dapat digunakan untuk menghilangkan dimensi material yang tipis atau untuk membuat irisan tipis pada material yang ada, seperti heat sink di mana sejumlah besar area permukaan diperlukan relatif terhadap volume potongan logam. Skiving atau scarfing merupakan proses memotong bahan material dalam bentuk irisan, biasanya logam, tetapi juga kulit atau laminasi. Skiving digunakan untuk membentuk ketika bahan tidak boleh dikeraskan, atau tidak boleh menumpahkan serpihan kecil logam kemudian yang umum dalam proses cold rolling.

Proses ini melibatkan memindahkan strip melewati alat berlubang yang diprofilkan dengan presisi yang dibuat dengan bentuk yang tepat, atau melewati alat pemotong biasa. Alat tersebut biasanya terbuat dari senyawa berbasis tungsten karbida. Pada permesinan awal, perlu untuk memposisikan strip secara relatif terhadap pahat pemotong, tetapi mesin yang lebih baru menggunakan teknologi suspensi mengambang yang memungkinkan pahat untuk mencari lokasi dengan kontak material. Hal ini memungkinkan perbedaan pemosisian awal bersama hingga kira-kira 12 mm (0,47 in) diikuti dengan pengikatan otomatis tangguh.

Produk yang menggunakan teknologi ini secara langsung adalah pegas sabuk pengaman otomotif, strip lilitan transformator daya besar, pelat rotogravure, klem kabel dan selang, tali tangki gas, dan pegas pengimbang jendela. Produk yang menggunakan proses ini secara tidak langsung adalah tabung dan pipa di mana tepi strip miring secara akurat sebelum dilipat menjadi bentuk tabung dan dilas jahitan. Tepi miring memungkinkan pengelasan bebas lubang jarum.

Skiving membutuhkan tingkat umpan bahan minimum agar berhasil dipotong. Pada kecepatan di bawah yang dari perencanaan logam atau sekitar 10 meter / menit (33 kaki / menit), alat skiving dapat bergetar pada frekuensi tinggi untuk meningkatkan kecepatan relatif antara alat dan benda kerja.

Aplikasi skiving logam lainnya adalah untuk silinder hidrolik, di mana lubang silinder bulat dan halus diperlukan untuk aktuasi yang tepat. Beberapa pisau skiving pada pahat bundar melewati lubang untuk menciptakan lubang bundar yang sempurna. Seringkali, operasi kedua roller burnishing mengikuti untuk mengerjakan permukaan dengan dingin sampai selesai dengan cermin. Proses ini biasa terjadi di antara produsen silinder hidrolik dan pneumatik. Dibandingkan dengan mengasah, skiving dan roller burnishing lebih cepat dan biasanya memberikan toleransi yang lebih tepat dan kontrol permukaan akhir yang lebih baik.

Skiving dapat diterapkan pada pemotongan gigi, di mana roda gigi internal digambarkan dengan pemotong rotari (bukan berbentuk atau disambungkan) dalam proses yang dianalogikan dengan hobing roda gigi eksternal.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan metalworking maupun consumable machine tool silakan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan refernsi anda! Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 9:47 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!