Tips Menjadi Pengusaha Pengerjaan Logam & bubut yang Sukses!

Menjadi jagoan usaha atau Wirausaha dan mengawali lini bisnis baru memang pastinya menantang, terutama jika wirausahawan memasuki pasar yang ramai dengan pesaing besar dan mapan yang sudah ada. Bengkel bubut dan bengkel CNC kecil juga menghadapi rintangan yang serupa dengan usaha pengrajin non-industri lainnya. Yakin dan percayalah, anda juga memiliki potensi yang sama untuk mendapatkan kontrak dan tumbuh di dalam industri meskipun ada hambatan-hambatan ini.

Berikut adalah 10 tips dan saran yang dapat membantu Anda membangun atau memperluas bengkel Anda

1. Ketahui Keahlian dan Fokus Keunggulan Anda,

Ketahui Peralatan Anda: Aturan pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa Anda sendiri WAJIB yakin dan berkomitmen untuk menjadikan keahlian Anda menjadi pabrik penghasil uang. Orang harus tahu bagaimana cara menghargai keahlian seperti itu dan mengakui berapa tarif dan harga jasa dari pekerjaan yang anda lakukan.

Sebaiknya anda wajib untuk memiliki pengalaman yang handal terlebih dahulum, jadi anda bisa percaya diri menentukan tarif dan menentukan target konsumen. Misalnya; anda membangun bengkel bubut spesialis rekondisi mesin motor berpiston satu, maka anda wajib menguasai ilmu tentang honing, reaming dan alat ukur presisi yang bisa memastikan dan meyakinkan calon konsumen anda.

Berinvestasi pada alat dan peralatan terbaik yang sesuai dengan keahlian Anda mungkin sebenarnya membuat bisnis Anda lebih aman di operasional sehari-hari. Produsen alat dan peralatan bereputasi baik akan selalu melindungi pelanggan mereka saat ini, oleh karena itu bertanggung jawab untuk operasi pelatihan sebagai layanan pasca pembelian mesin Anda. Ini pada saat yang sama juga akan mengurangi risiko ketika Anda harus menukar atau menjual mesin lama Anda dengan nilai jual kembali yang lebih baik di masa depan daripada memperbaikinya sendiri. Bagaimanapun, Anda hanya perlu gunting untuk memotong kuku jari meskipun gunting, pisau cukur atau bahkan gergaji mesin dapat melakukan pekerjaan yang sama juga.

2. Mengembangkan Kemitraan:

Sektor manufaktur selalu bergerak dinamis seiring dengan situasi ekonomi dan politik. Misalnya sektor industri diguncang tahun lalu oleh pertumbuhan global yang lebih lambat dan eskalasi ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina. Hal ini membuat beberapa manufaktur tersebut pindah ke subkontraktor lain di Indonesia yang memilki alat kerja dies dan mold untuk produksi mereka. Tentunya membawa kesempatan baru bagi pengusaha bengkel CNC.

Bagi banyak pemilik workshop bengkel yang baru mulai, hari-hari awal bisa menjadi waktu yang tidak pasti di mana banyak masalah, seperti ekspektasi volume, daftar klien, atau bahkan denah lantai, belum diselesaikan. Dalam keadaan ini, persahabatan dan koneksi bisnis yang ada dapat menjadi aset yang berharga. Semakin dekat dan akrab dengan pesaing utama juga merupakan praktik yang berharga dalam sebagian besar keadaan, terutama di saat volatilitas ekonomi.

Misalnya, fluktuasi pasar dapat menyebabkan perlambatan dalam manufaktur komersial, sementara produksi militer, seni dan kerajinan relatif tidak berubah (dan sebaliknya). Dalam hal ini, pesaing dari satu sisi spektrum dapat membawa standar operasi mereka ke workshop bengkel Anda, sementara memaksa Anda untuk mempercepat tingkat produksi atau menurunkan harga untuk mempertahankan pangsa pasar. Dengan cara apa pun, merupakan investasi yang layak untuk menerima pekerjaan di berbagai jenis benda kerja.

Jaga teman Anda tetap dekat namun jaga musuh Anda lebih dekat. Pastikan Anda tidak memiliki perasaan campur aduk dengan pesaing Anda, melainkan perlakukan pesaing sebagai kawan senior dengan disejajarkan daripada musuh. Penyelarasan ini dapat mengarahkan klien atau bahkan pengrajin terbaik pesaing ke arah Anda, masuk ke dalam kemitraan, atau hanya memberikan saran tentang praktik bisnis dan menambahkan koneksi.

3. Target & Leverage Segmen Anda di Marketplace:

Misalnya, jika workshop bengkel Anda berspesialisasi dalam memproduksi poros roda gigi dengan diameter di bawah lima inci, cobalah membangun hubungan dengan perusahaan yang membeli produk ini pada tingkat yang menguntungkan untuk siklus dan pergantian produksi Anda. Memilih ceruk pasar akan membantu Anda memanfaatkan spesialisasi Anda sebaik mungkin.

Contoh yang baik dari perusahaan yang menargetkan ceruk pasar adalah Fanuc Spares. Mereka hanya fokus pada pabrikan khusus ini dan mengkhususkan hanya pada suku cadang dan menjadi model yang sangat sukses untuk apa yang tampak seperti pasar terbatas. Metode pemasaran lain adalah meningkatkan, dari membuka kelas penggilingan hingga teknologi yang muncul seperti internet, forum teknik dan jejaring sosial juga dapat membantu meningkatkan visibilitas workshop bengkel Anda di kedua mesin pencari dan membantu menjangkau orang-orang di dekat dan jauh.

4. Jangan Terburu-buru untuk Perluas bengkel, Cari Proyek baru dulu sebagai gantinya:

Lebih baik berkonsentrasi pada membuat keuntungan yang stabil daripada lompatan besar ke depan, karena bahkan sebuah workshop bengkel kecil dengan kurang dari selusin mesin atau karyawan masih dapat memenuhi atau melampaui rata-rata produktivitas. Membeli mesin yang belum efisien biaya atau memperbesar fasilitas tanpa staf yang diperlukan untuk merawatnya benar-benar dapat menghambat ekspansi jangka panjang.

Daripada cari utangan dan ekspansi prematur, Anda selalu dapat melakukan pekerjaan di luar kemampuan workshop bengkel Anda, proyek-proyek baru yang tampaknya dalam jangkauan dan akan memberikan hasil yang hemat biaya dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mendiversifikasi operasi Anda. Jika, misalnya, workshop bengkel bubut memiliki pelatihan dan dana untuk melakukan kontrak penggilingan atau fabrikasi plastik yang menguntungkan, maka keanekaragaman yang dihasilkan dapat membantu memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan bahkan selama periode ketika satu sektor pasar mengalami penurunan.

5. Tetap Terbuka untuk Teknologi Terbaru:

Teknologi baru terkadang dapat membantu bisnis tetap kompetitif, terutama jika inovasi tersebut mendapat perhatian luas. Inovasi teknis dapat mahal dalam hal pelatihan tambahan dan pengaturan awal, namun, peralatan baru dapat memiliki efek jangka panjang yang positif dengan menyederhanakan metode produksi atau menyediakan sarana untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya dianggap tidak praktis. Sekali lagi, teknologi baru tersedia di Youtube, pameran industri, dan situs web kami tentunya Metalextra.com!

6. Fleksibel dalam Proses Multi Tahap:

Lokakarya yang menggabungkan operasi fabrikasi internal dan keterampilan tenaga kerja, seringkali dapat menghemat waktu atau uang dengan memperoleh peralatan yang menggabungkan pekerjaan sekunder ke dalam fungsi utamanya. Misalnya berinvestasi pada mesin laser cutting dapat memberikan tantangan baru bagi tenaga kerja Anda yang sudah ada, tetapi seringkali dapat mengurangi kebutuhan untuk finishing pasca-pabrikasi, seperti penghalus abrasif atau pinggiran yang mengecil.

7. Integrasikan Operasi Anda:

Integrasi yang kita maksud disini adalah pengaturan dan penyesuaian pola kerja maupun pembelian alat kerja berdasarkan keahlian anda saja. Misalnya jika anda memang terampil dalam bidang abrasif grinding, mungkin sebaiknya anda mengoper pekerjaan milling pada bengkel lain dan mengambil komisi saja. Walaupun anda juga bisa namun untuk mengirit waktu, anda oper ke orang lain, ini kita sebut integrasi horisontal. Jika anda menerima pekerjaan diluar kemampuan anda, misalnya pekerjaan mengcoating atau pasang chrome pada benda kerja dan anda sebetulnya tak mampu, sebaiknya oper saja pada ahlinya. Walau pekerjaan itu diluar kemampuan anda, Anda bisa saja menawarkan jasa ini walaupun yang mengerjakan orang lain, dengan harapan nanti suatu saat anda pun bisa melakukannya sendiri, inilah kita sebut integrasi vertikal.

Jadi walaupun integrasi vertikal atau horizontal berada di luar jangkauan banyak bisnis bengkel anda, tentu mungkin masih bermanfaat untuk membawa sebanyak mungkin proses pembuatan di bengkel anda sendiri. Dengan harapan, partner yang anda miliki tersebut juga melakukan hal yang demikian. Tindakan perampingan, seperti mengatur jadwal produksi di sekitar kemampuan in-house bengkel mesin atau memprioritaskan pekerjaan berdasarkan pusat produksi Anda sendiri daripada ketersediaan pemasok eksternal, juga dapat membantu memperlancar alur kerja dan pada akhirnya meningkatkan output.

Saat ini mesin bubut mesin dan mesin bubut CNC adalah mesin yang biasa digunakan untuk threading satu titik.

8. Memulai Pertumbuhan usaha yang terukur:

Pertumbuhan bisnis yang sukses itu direncanakan dan ditarget karena benda yang anda kerjakan bukanlah mahluk hidup yang sulit diprediksi! Usaha bubut tidak tergantung pada ukuran banyaknya produk yang diproduksi, tetapi pada kedalaman proses, kesulitan dan akurasi fabrikasi.

Akan bermanfaat untuk mengevaluasi layanan atau produk yang Anda berikan kepada pelanggan Anda, dan melihat apakah Anda dapat memperluas jangkauan layanan tersebut. Misalnya, jika Anda seorang subkontraktor yang memproduksi tabung baja untuk LPG rumah tangga, Anda dapat menawarkan pelanggan Anda dengan parts dan aksesoris yang kompatibel yang digunakan untuk menggabungkan komponen-komponen ini. Mendapatkan kontrak yang lebih ekspansif dari dalam hubungan pribadi yang ada dapat menjadi metode pertumbuhan yang aman dan terukur sambil mengunci pesaing agar tidak menggangu anda.

9. Pembukuan, keuangan pribadi dan manajemen pemasaran terukur:

Sebagai pemilik usaha kecil, kita juga harus memperhatikan pemasukan pribadi dan membedakannya dengan aset dan pengeluaran bengkel dan bisnis dengan aset pribadi mereka. Manajemen uang ini mungkin preferensi pribadi, tetapi perencanaan dan pembagian sumber daya keuangan yang jelas dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan memudahkan laporan pajak Anda nanti.

Katakanlah Anda ingin pergi ke pameran dengan biaya masuk tertentu atau lintas negara, Anda mungkin ingin menandai tanggal dan memperkirakan biaya perjalanan di muka. Jika Anda telah menyisihkan akun tertentu pada anggaran ‘pemasaran’ ini, Anda dapat dengan mudah membuat prioritas pada pameran atau acara mana yang menjanjikan untuk dilihat dan seberapa banyak Anda bersedia berinvestasi pada kehadiran Anda atau kartu bisnis Anda.

10. Penambahan Nilai selangkah-demi-selangkah:

Sebuah usaha kecil yang ingin melakukan ekspansi dapat mengevaluasi kekuatan manufakturnya dan memanfaatkan setiap peluang untuk memasukkan dirinya ke dalam produksi bernilai tambah yang lebih tinggi. Bahkan Mesin Penggilingan 3-sumbu klasik dapat menyamai kualitas 5 sumbu CNC yang mahal itu. Jadilah yang optimis dan pastikan bahwa setiap segmen yang Anda layani sekarang adalah proses multi-stage. Katakanlah Anda adalah perusahaan perbaikan die and cast, selama bertahun-tahun Anda telah mengerjakan hal yang sama, tetapi jika Anda ingin berinvestasi pada mesin penandaan laser, Anda dapat membuka kunci pekerjaan bernilai tambah baru untuk pelanggan Anda yang ingin beri tanda pada bagian cetakannya atau letakkan kode yang dapat dilacak di atasnya.

Akibatnya, potensi workshop bengkel untuk mengembangkan bisnisnya sangat tergantung pada berapa banyak langkah nilai tambah yang telah diakui dan memiliki tenaga untuk melakukan. Maklum bahwa “memberikan hal-hal yang berharga” dan “membuat hal-hal baru” bukanlah konsep yang sama. Dalam banyak kasus, lebih murah untuk melakukan outsourcing komponen produk dari China dan hanya memodifikasi atau menempatkan iterasi Anda sendiri di atasnya. Tapi jangan biarkan keuntungan jangka pendek seperti itu menjadi kebiasaan Anda. Tinggal jauh dari menjadi perusahaan dagang. Banyak workshop bengkel kehilangan cara mereka dalam menjalankan bisnis dan akhirnya memperdagangkan bagian-bagian yang tidak berguna dari Tiongkok yang merupakan pasar siapa pun. Pendekatan ini, ditambah dengan integrasi dan perampingan layanan bertahap, dapat menjadi cara yang berharga untuk memperluas bisnis CNC kecil Anda.

Ball nose cutters or ball end mills (lower row in image) are similar to slot drills, but the end of the cutters are hemispherical. They are ideal for machining 3-dimensional contoured shapes in machining centres, for example in moulds and dies. They are sometimes called ball mills in shop-floor slang, despite the fact that that term also has another meaning. They are also used to add a radius between perpendicular faces to reduce stress concentrations.

11. Tampilan berpakaian sederhana dan bengkel yang rapi agar terlihat profesional:

Kepercayaan orang itu sangat sulit sekali untuk dipertahankan, tetapi tidak sulit untuk dicari. Kenapa? Karena penampilan bisa kita seting sendiri, sedangkan kepercayaan orang akan lebih sulit diatur. Jika kata orang “Jatuh Cinta pada pandangan pertama”, didunia perbengkelan juga demikian. Jika calon pelanggan yang mengunjungi anda melihat susunan lay out bengkel yang rapih, peralatan yang teratur dan dekorasi yang baik, tentu rasa percaya bisa lebih mudah untuk tumbuh. 

Pemilik bisnis harus memperbarui saluran media sosial mereka untuk menampilkan spesialisasi mereka. Media sosial adalah platform yang mudah diakses, lebih murah daripada membuat situs web Anda sendiri dan memungkinkan siapa pun untuk mengkonsumsi materi yang mendukung. Anda dapat bergabung dengan komunitas daring dari orang-orang yang berpikiran sama di Facebook atau Linkedin, sambil juga memungkinkan Anda untuk membela argumen Anda atau hanya untuk menghasilkan arahan atau mengutip minat. Kegiatan pemasaran media sosial ini tidak segera efektif atau datang dalam sekejap, dan mungkin memiliki hasil yang berbeda karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide kepada orang asing.

Anda wajib mengolah lebih dekat tampilan publik bengkel Anda. Tampilan berarti kartu nama bengkel, tampilan media sosial di internet, pilihan pakaian Anda (atau mungkin jejak merek bengkel Anda), parfum Anda, dan bahkan bau napas Anda. Tampilan Anda di ruang publik sangat penting untuk menarik perhatian siapa pun sebelum mereka menaruh minat pada bisnis CNC Anda.

Saat Anda mengikuti acara perdagangan atau pameran, Anda juga dapat mempertimbangkan membawa sampel Anda dalam kotak atau koper yang praktis agar mudah dibawa dan dipamerkan. Anda mungkin tidak memiliki keterampilan penjualan ala sales, tetapi sampel benda kerja atau gambar dan profil bengkel anda di media sosial dapat menghemat waktu Anda.

KESIMPULAN

Tim spesialis kami telah bekerja tanpa lelah untuk menemukan alat kerja terbaik sehingga pelanggan kami bisa tenang mengetahui bahwa mereka memiliki alat terbaik mutlak untuk pekerjaan operasional turning maupun pengolahan logam presisi. Dengan memperkenalkan produk-produk yang ditujukan pada posisi teratas pasar global, kami akan melanjutkan upaya kami untuk berkontribusi pada pembentukan masyarakat Indonesia yang makmur.

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Februari 6, 2020 @ 5:01 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: