Vietnam merancang skema pendanaan untuk menarik investasi asing

Kementerian Perencanaan dan Investasi Vietnam sedang menyelesaikan rancangan rencana untuk menyiapkan dana guna membantu menarik investasi asing dan mempertahankan daya saing negara tersebut, menurut dokumen kementerian yang ditinjau oleh Reuters.

Draf tersebut akan diserahkan ke pemerintah pusat tertanggal 29 Juni 2024.

Vietnam adalah basis manufaktur penting bagi perusahaan  printed circuit board assembly (PCBA) elektronik seperti Samsung Electronics, Foxconn, dan manufaktur Chip seperti Intel, yang sangat bergantung pada investasi asing untuk pertumbuhannya.

Perusahaan-perusahaan dengan penanaman modal asing menyumbang sekitar 70 persen dari total ekspor Vietnam.

Dana tersebut dan insentif lainnya sangat dinantikan oleh perusahaan multinasional setelah parlemen Vietnam tahun lalu menyetujui tarif pajak perusahaan minimum global yang ditetapkan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) sebesar 15 persen, sehingga meningkatkan tingkat pajak efektif yang dibayarkan oleh perusahaan.

Dana tersebut, yang akan dibiayai oleh anggaran negara dan pendapatan dari pajak perusahaan, merupakan bagian dari upaya untuk “menjaga daya saing Vietnam dalam menghadapi kondisi global yang berubah-ubah dan persaingan yang ketat antar negara dalam menarik investasi,” kata dokumen tersebut.

Dana Dukungan Investasi Vietnam akan memberikan dana tunai kepada proyek-proyek untuk menutupi sebagian biaya infrastruktur, aset tetap dan pelatihan sumber daya manusia.

Vietnam bertujuan untuk menarik investasi asing sebesar $30-$40 miliar per tahun pada periode 2021-2025, dan $40-$50 miliar per tahun pada periode 2026-2030, kata dokumen tersebut.

Arus masuk investasi asing di Vietnam tahun lalu meningkat 34,5 persen menjadi $39,4 miliar, katanya.

Meskipun investasi asing di Vietnam telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, jumlah proyek investasi asing berskala besar dengan teknologi tinggi masih terbatas, sementara beberapa proyek yang ada telah menunda rencana perluasannya,” demikian isi dokumen tersebut.

Dikatakan bahwa beberapa calon investor besar masih mempertimbangkan apakah akan berinvestasi di Vietnam, sambil menunggu informasi lebih lanjut mengenai insentif investasi.

Menurut rancangan tersebut, investasi yang memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif akan mencakup proyek-proyek teknologi tinggi senilai setidaknya 12 triliun dong dan dengan pendapatan tahunan setidaknya 20 triliun dong .

Proyek yang berinvestasi pada kecerdasan buatan dan semikonduktor bernilai setidaknya 6 triliun dong, dan proyek untuk mengembangkan pusat penelitian dan pengembangan bernilai setidaknya 3 triliun dong juga akan memenuhi syarat.

Dana tersebut tidak hanya ditujukan untuk memberikan kompensasi kepada perusahaan-perusahaan yang terkena dampak pajak minimum global, namun juga untuk mendorong semua proyek investasi,” kata dokumen tersebut.

Meskipun industri ini menyumbang 40,1 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2004, industri ini hanya menyerap 12,9 persen angkatan kerja. Pada tahun 2000, 22,4 persen produksi industri berasal dari kegiatan non-negara. Selama tahun 1994–2004, PDB industri tumbuh rata-rata tahunan sebesar 10,3 persen.

Manufaktur menyumbang 20,3 persen PDB Vietnam pada tahun 2004 dan mempekerjakan 10,2 persen angkatan kerja. Selama tahun 1994–2004, PDB manufaktur tumbuh rata-rata sebesar 11,2 persen per tahun. Sektor manufaktur—pengolahan makanan, rokok dan tembakau, tekstil, bahan kimia, dan barang-barang listrik—meningkat. Hampir sepertiga aktivitas manufaktur dan ritel terkonsentrasi di Kota Ho Chi Minh.

Total keluaran industri pada tahun 2007 adalah 574,047 miliar VND (+17,1% tahun ke tahun), dimana badan usaha milik negara tumbuh +10,3% tahun ke tahun dan menyumbang 24% dari total keluaran industri. Industri dengan pertumbuhan tercepat adalah manufaktur mobil +52.2%, peralatan mesin +69.8%, dan AC +51.9%.

KESIMPULAN

Di Metalextra.com kami yakin dengan peningkatan berkelanjutan dari teknologi produksi yang baik jika dikombinasikan dengan pengujian dan pengembangan, memungkinkan kami untuk menawarkan produk-produk berkualitas tinggi yang membantu perusahaan-perusahaan manufaktur di berbagai industri dan tentunya demi meningkatkan produktivitas anda. Kami juga menawarkan solusi perangkat alat ukur presisi berkualitas tinggi asal Swiss, Jerman, Taiwan, Jepang.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Reuters

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply