WIDIA cemented & sintered carbide dari Jerman

Selama lebih dari 90 tahun, Grup Produk WIDIA telah menetapkan keunggulan dalam inovasi, teknologi, dan layanan pelanggan. Sebagai produsen dan merek alat pemotong yang terkemuka di industri metalworking, WIDIA menawarkan portofolio lengkap produk rekayasa presisi. Dengan ribuan produk Turning, Milling, Holemaking, Tapping, dan Tooling Systems; Anda akan menemukan semua yang Anda butuhkan dari satu sumber tunggal.

SEJARAH AWAL WIDIA

Perkembangan awal perusahaan material WIDIA, dimulai ketika Cemented Carbide dan sintered carbides ditemukan di Jerman pada tahun 1920-an. Pemimpin perusahaan ThyssenKrupp pada masa itu mengatakan, “Sintered tungsten carbide dikembangkan oleh asosiasi peneliti kelistrikan “Osram study society for electrical lighting” untuk menggantikan berlian sebagai bahan untuk pengerjaan logam. Pada waktu itu asosiasi Osram Jerman tidak memiliki aplikasi peralatan untuk mengeksploitasi bahan ini pada skala industri. Kemudian, Osram menjual lisensi manufaktur material carbide tersebut untuk Krupp pada akhir tahun 1925.

Pada tahun 1926 Krupp memperkenalkan material Cemented Carbide dan sintered carbides pertama ke pasar dengan nama WIDIA (akronim untuk WIe DIAmant = seperti berlian dalam bahasa Jerman). ” dan memberikan tanggal pendaftaran paten karbida untuk mata pisau bubut komersial tools pada tahun 1927. Perusahaan Burghardt dan Axelrod kemudian memberikan tanggal pengenalan komersial mereka di Amerika Serikat pada tahun 1928. Perkembangan turunan material ini selanjutnya terjadi di berbagai negara barat.

Meskipun nama pasaran Cemented Carbide sebagai Widia terkesan sedikit hiperbolik (Carbide tidak sepenuhnya sama dengan berlian), perkakas karbida dari WIDIA ini menawarkan peningkatan kecepatan potong dan pengumpanan pemakanan material yang luar biasa irit sehingga dua kalipat dari kualitas cutter dari material baja HSS yang telah ditemukan dua dekade sebelumnya. Cutting tool Widia membuat banyak inovator dan perancang alat mesin milling dan bubut untuk memikirkan kembali setiap aspek desain yang ada, dengan pandangan ke arah yang lebih kekakuan dan bantalan poros yang lebih baik.

Selama Perang Dunia II, permintaan akan material tungsten di Jerman pun meningkat, namun logam tungsten sangat sulit ditemukan di Jerman. Para ahli industri pada saat itu menemukan bahwa logam material tungsten jika dikombinasikan dengan Carbide bisa memotong logam baja lebih efisien daripada tungsten dengan kombinasi material HSS. Hal ini bisa menghemat penggunaan tungsten, sehingga material Carbide WIDIA banyak digunakan untuk memotong logam sebanyak mungkin.

Nama Widia menjadi merek dagang umum di berbagai negara dan bahasa, termasuk bahasa Jerman dan bahasa Indonesia (widia, / ˈwɪdiə /), meskipun pengertian umum tidak pernah secara luas menyebar dalam bahasa Inggris (“karbida” adalah istilah generik yang normal). Sejak 2009, nama tersebut telah dihidupkan kembali sebagai merek cutting tool oleh Kennametal, dan merek ini kemudian menjadi merek alat pemotong milling CNC maupun bubut populer. Demi komunikasi marketing yang jelas, menghidupkan kembali merek Widia secara alami lebih lanjut mencegah penggunaan pengertian generik.

Pada tahun 1929, sekitar 6 tahun setelah paten pertama diberikan, pekerja Krupp / Osram telah mengidentifikasi aspek-aspek positif dari penyempurnaan butir tungsten carbide. Pada 1939, mereka juga menemukan efek menguntungkan dari menambahkan sejumlah kecil vanadium dan Carbide tantalum pada logam pisau WIDIA. 

Namun seiring dengan kebutuhan akan teknologi yang lebih baik dan murah untuk memotong material yang lebih keras seperti Inconel dan sejenisnya, membuat anggapan bahwa apa yang dianggap ‘baik’ dalam satu dekade dianggap tidak begitu baik di tahun berikutnya. Dengan demikian, ukuran butir material Carbide Widia yang dalam kisaran 0,5-3,0 μm dianggap baik pada tahun-tahun awal, tetapi pada 1990-an, era bahan nano-kristal telah tiba, dengan ukuran butiran 20-50 nm. Jadi dalam skala soliditas material pisau industri, posisi Carbide sudah digantikan oleh material berlian dan turunannya yaitu Polycrystalline Diamond (PCD).

KESIMPULAN

Ketika Anda membeli produk-produk WIDIA, Anda membeli yang terbaik dalam kinerja dan tool life. Kami hidup di garis depan teknologi, selalu berusaha untuk perpaduan sempurna antara inovasi dan keandalan. Cocokkan portofolio produk rekayasa presisi paling luas dengan jaringan global, mitra khusus Distributor Resmi dan Anda memiliki kekuatan yang hanya berasal dari WIDIA.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!