Gitar Gibson Les Paul dan inovasinya yang mempengaruhi budaya musik moderen

Siapa yang tidak kenal dengan gitar elektrik GIbson Les Paul?  Gitar Les Paul saat ini merupakan gitar elektrik ternama dengan jutaan penggemar dan artis dari seluruh penjuru dunia.  Namun awalnya. gitar Les Paul ini dianggap gagal dengan produksi dan penjualan yang rendah. Gitar ini sudah lama sekali diproduksi dari tahun 1960an dan masih menggunakan desain yang hampir sama hingga saat ini. Gitar Les Paul telah diproduksi dalam banyak versi dan edisi untuk penggunaan studio rekaman hingga konser dan bahkan musisi Youtube rumahan!. 

Gibson Les Paul Standard Edisi Ulang Gibson Custom Shop 1959. Tanpa pick guard.

BIOGRAFI SINGKAT 

Gitar Les Paul merupakan salah satu produk yang paling berpengaruh dalam kebudayaan moderen kiata saat ini. Mungkin kita tak bisa membayangkan keseharian tanpa mendengar musik Jazz maupun Rock yang kita sukai.

Lester William Polsfuss (9 Juni 1915 – 12 Agustus 2009), dikenal sebagai Les Paul, merupakan gitaris, penulis lagu, luthier pengrajin gitar listrik, dan musisi jazz, country, dan blues Amerika. Dia sangat dikenal sebagai salah satu pelopor gitar listrik solid-body, dan tekniknya menjadi inspirasi bagi gitar elektrik Gibson Les Paul.

Awalnya, Paul belajar sendiri cara bermain gitar, dan meskipun ia dikenal terutama karena jazz dan musik populer, ia memiliki karier awal di musik country. Dia juga dikenal karena menawarkan banyak metode dan inovasi rekaman studio musik modern. Meskipun ia bukan orang pertama yang menggunakan teknik rekaman ini, eksperimen awalnya dengan overdubbing (juga dikenal sebagai cara merekam suara berlapis pada suara yang sudah direkam sebelumnya), efek gema suara penundaan seperti flanging, efek pentahapan suaranya yang bisa mengecil secara perlahan, dan perekaman multitrack termasuk yang pertama menarik perhatian luas. Paul dikenal juga sebagai teknisi audio pertama yang menggunakan teknologi penyiaran di bidang perekaman musik pita kaset.

Pak Les Paul merupakan orang yang sangat berbakat. Walaupun dia seorang seniman, dia juga memiliki kemampuan teknik perkayuan dan betul tahu bagaimana mencari suara dan intonasi dari kayu. Les paul dikenal memiliki melodi dan Licks, trills, chording sequence, teknik fretting dan timing bergitar yang membuatnya berbeda dari orang-orang sezamannya dan menginspirasi banyak gitaris saat ini. Dia merekam bersama istrinya, penyanyi dan gitaris Mary Ford, pada 1950-an, dan mereka menjual jutaan rekaman.

Tielman Brothers merupakan musisi internasional pertama yang mempopulerkan penggunaan Les Paul gitar diluar Amerika serikat. Pendiri band ini adalah anak dari Herman Tielman dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia Timur dan Flora Lorine Hess: Andy (vokal, gitar), Reggy (gitar), Ponthon (bass) dan Loulou Tielman (drum).

Di antara banyak penghargaannya, Paul adalah salah satu dari segelintir seniman ternama yang diakui di Rock and Roll Hall of Fame. Dia secara mencolok dinamai oleh museum musik di situsnya sebagai “arsitek” dan “penerima kunci” dengan Sam Phillips dan Alan Freed. Les Paul adalah satu-satunya orang yang memiliki latar belakang musisi sekaligus sebagai teknisi audiio dan penemu yang termasuk dalam Rock and Roll Hall of Fame dan National Inventors Hall of Fame di Amerika Serikat.

Untuk menjaga kualitas intonasi suara dan mengukur ketebalan pelapis coating pada material kayu seperti gitar, maka dibutuhkan alat ukur coating thickness gauge khusus.

LATAR BELAKANG LES PAUL

Paul lahir di Waukesha, Wisconsin, dari pasangan George dan Evelyn (Stutz) Polsfuss. Keluarganya adalah keturunan Jerman yang merantau ke Amerika Serikat. Ibu Paul memiliki hubungan keluarga dengan pendiri pabrik miras Valentin Blatz Brewing Company di Milwaukee dan juga masih berfamili dengan inovator dan pembuat mobil Amerika Stutz yang sekarang sudah bangkrut karena tak bisa bersaing. Orang tuanya bercerai ketika dia masih kecil. Ibunya menyederhanakan nama keluarga Prusia mereka terlebih dahulu menjadi Polfuss, kemudian menjadi Polfus, meskipun Les Paul tidak pernah mengubah namanya secara resmi. Sebelum mengambil nama panggung Les Paul, ia juga tampil sebagai band Jazz dan Blues keliling dengan nama Red Hot Red dan Rhubarb Red.

Pada usia delapan tahun, Paul mulai memainkan harmonika. Setelah mencoba belajar piano, dia beralih ke gitar. Pada saat itulah ia menemukan pemegang harmonika yang dikenakan di leher, yang memungkinkannya untuk memainkan kedua sisi harmonika handsfree sambil menemani dirinya sendiri pada gitar. Itu masih diproduksi menggunakan desain dasarnya. Pada usia tiga belas tahun, Paul sudah tampil semi-profesional sebagai penyanyi musik country, gitaris, dan pemain harmonika.

Saat bermain di drive-in area Waukesha dan roadhouse, Paul memulai eksperimen pertamanya dengan suara. Ingin membuat dirinya didengar oleh lebih banyak orang di tempat-tempat lokal, dia memasang jarum fonograf ke gitarnya dan menghubungkannya ke speaker radio, menggunakannya untuk memperkuat gitar akustiknya. Sebagai remaja, Paul bereksperimen dengan menopang dengan menggunakan sepotong rel setinggi 2 kaki dari jalur kereta terdekat. Pada usia tujuh belas tahun, Paul bermain dengan Rube Tronson Texas Cowboys, dan segera setelah dia keluar dari sekolah menengah untuk bekerja sama dengan Radio Band Sunny Joe Wolverton di St. Louis, Missouri, di KMOX.

Gibson Robot Guitar (a.k.a. GOR) merupakan gitar tercanggih Gibson self-tuning edisi terbatas yang memiliki motor listrik untuk menyetel senar dan intonasi sendiri secara otomatis.

KARIR & PEKERJAAN LES PAUL

Paul tidak puas dengan gitar akustik-elektrik yang dimiliknya dan mulai bereksperimen di apartemennya di Queens, New York dengan beberapa gitar desainnya sendiri.

Pada tahun 1940, Les Paul menciptakan instrumen prototipe berupa gitar listrik solid-body yang dikenal sebagai “The Log”, yang dibuatnya dari papan kayu setinggi empat kaki. Log dibuat setelah jam kerja oleh Paul di pabrik gitar Epiphone, dan merupakan salah satu gitar listrik solid-body pertama.

Ia menciptakan beberapa versi “The Log”, yang berupa gitar Hawaii dengan panjang kayu 4×4 biasa dengan bridge, neck, string, dan pickup listrik terpasang. Demi penampilan, ia menempelkan bodi gitar hollow-body Epiphone yang digergaji memanjang dengan The Log di tengahnya. Desain Ini menyelesaikan dua masalah utamanya dari gitar listrik masa itu: suara menjadi bersih karena feedback suara berkurang, karena bodi akustik tidak lagi beresonansi dengan suara yang diperkuat, dan menopang, karena energi getar senar tidak hilang dalam menghasilkan suara melalui bodi gitar.

Pada tahun 1945, Richard D. Bourgerie membuat pickup dan amplifier gitar listrik untuk pemain gitar profesional George Barnes. Bourgerie bekerja selama Perang Dunia II di Howard Radio Company membuat peralatan elektronik untuk militer Amerika. Barnes menunjukkan produknya yang berupa mikropon gitar itu kepada Les Paul. Namun, saat melakukan percobaan di apartemennya pada tahun 1941, Paul hampir saja mati tersengat listrik. Selama dua tahun proses penyembuhan, dia pindah ke Hollywood, mendukung dirinya sendiri dengan memproduksi musik radio dan membentuk trio baru. Selama waktu ini, dia berteman dengan para pekerja pabrik gitar sebagai pengunjung yang sering ke toko Electro String Instrument Corp. di Western Avenue di Los Angeles. Saat itu Les paul sangat suka sekali mengamati produksi gitar dan amplifier merek Rickenbacker.

Gibson Les Paul 1972 Deluxe dengan sensor mini-humbuckers ini berfungsi untuk menangkap gelombang getaran elektromagnetik dari getaran kayu dan senar baja.

Saat perang dunia ke 2, pemerintah Amerika Serikat memberlakukan panggilan wajib militer ketika menghadapi Jepang, Paul kemudian bekerja pada Angkatan Darat A.S. pada tahun 1943. Karena latar-belakang keahliannya yang unik, dia bertugas di Jaringan Radio Angkatan Bersenjata Amerika, dan mendukung artis seperti Bing Crosby dan Andrews Sisters. Ia bertugas menjadi teknisi studio dan musisi penghibur para tentara Amerika Serikat di medan perang dengan musik dan siaran radio.

CARA KERJA GITAR ELEKTRIK LES PAUL

Gitar elektrik seperti Les Paul memang didesain agar bisa digunakan pada amplifier yang kemudian disambungkan ke speaker dengan suara yang jernih tanpa gangguan angin maupun feedback seperti pada mikropon. Sensor elektronik ini dikenal dengan nama pickup humbucking, humbucker, atau double coil, yang merupakan jenis pickup gitar elektrik yang menggunakan dua kumparan untuk “melawan dengungan” (atau menghilangkan interferensi) yang ditangkap oleh pickup kumparan yang disebabkan oleh interferensi elektromagnetik, terutama dengungan listrik. Kebanyakan pickup menggunakan magnet untuk menghasilkan medan magnet di sekitar senar, dan menginduksi arus listrik di kumparan sekitarnya saat senar bergetar (pengecualian penting adalah pickup piezoelektrik).

Pada gitar elektrik model Les Paul, sensor Humbucker bekerja dengan memasangkan kumparan yang kutub utara magnetnya berorientasi “ke atas” (ke arah senar) dengan kumparan lain tepat di sebelahnya dengan kutub selatan magnetnya mengarah ke atas. Dengan menghubungkan kumparan kawat tembaga bersama-sama di luar fase, interferensi pun bisa berkurang secara signifikan melalui pembatalan fase: sinyal string dari kedua kumparan coil kawat tembaga itupun bisa bertambah.

Gitar klasik Gibson ES-150 (1936) yang aslinya itu sangat sulit digunakan pada power amplifier karena degungan dan feedback yang berisik. Les paul dinilai lebih baik, terutama untuk rekaman studio.

Sensor elektromagnetis ini bisa menangkap getar listrik karena magnet ditempatkan dalam polaritas yang berlawanan. Kumparan dapat dihubungkan secara seri atau paralel untuk mencapai efek pembatalan dengungan ini, meskipun kumparan pickup humbucker jauh lebih umum untuk dihubungkan secara seri. Selain pickup gitar elektrik, kumparan humbucking terkadang digunakan dalam mikrofon dinamis untuk membatalkan getaran suara feedback dan dengungan elektromagnetik.

KEHIDUPAN PRIBADI LES PAUL

Les Paul menikahi Virginia Webb pada tahun 1937. Mereka memiliki dua anak, Russell (Rusty) (1941–2015), dan Gene (Les Paul, Jr. lahir pada tahun 1944), yang dijuluki aktor-penulis lagu Gene Lockhart. Namun Les Paul pun bercerai.

Pada musim panas 1945, Paul bertemu penyanyi wanita country-western Iris Colleen Summers. Mereka mulai bekerja bersama pada tahun 1948, ketika dia mengadopsi nama panggung Mary Ford. Mereka menikah pada tahun 1949. Ford melahirkan anak pertama mereka pada 30 November 1954, tetapi gadis itu lahir prematur dan meninggal saat dia berusia empat hari. Mereka mengadopsi seorang gadis, Colleen, pada 1958, dan putra mereka, Robert (Bobby), lahir pada tahun berikutnya.

Paul dan Ford membeli sebuah rumah di Mahwah, New Jersey, dan setelah perceraian mereka, Paul tinggal di sana sampai kematiannya, (dia meninggal pada tahun 1977). Paul dan Ford bercerai pada Desember 1964 karena istrinya itu menyatakan bosan tur musik kelliling dengannya.

Pada tahun 1995, Paul mendirikan Les Paul Foundation, yang dirancang untuk menghormati dan berbagi kehidupan, semangat dan warisan Les Paul dengan mendukung pendidikan musik, teknik, dan inovasi serta penelitian medis.

Slash memiliki lebih dari 100 gitar. Total gitarnya bernilai $ 1,92 juta. Gibson memuji dia dan Zakk Wylde karena membawa Les Paul kembali ke jalur musik populer pada akhir 1980-an.

KERJASAMA GIBSON + PAUL MENJADI GIBSON LES PAUL

Gitar elektrik solid-body pertama didunai sebenarnya bukanlah buatan Gibson. Sudah ada desain gitar elektrik termasuk bass elektrik Audiovox milik Paul Tutmarc pada tahun 1936 dan gitar Rickenbacker tahun 1930-an. Pada tahun 1948 Paul A. Bigsby membuat gitar listrik solid-body kustom untuk Merle Travis, dan c. 1949 ia membangun satu untuk Les Paul (meskipun Les merahasiakan ini selama bertahun-tahun). Namun saat itu gitar yang paling sukses merupakan buatan Leo Fender pada tahun 1948 dengan tipe “Esquire”.

Meskipun Paul telah mendekati Gibson Guitar Corporation dengan idenya tentang gitar listrik solid-body pada tahun 1941, perusahaan selevel Gibson saat itu tidak menunjukkan minat. Namun petinggi Gibson akhirnya menyadari potensi gitar elektrik ketika melihat gitar Leo Fender dengan tipe gitar Esquire dan Broadcaster pada tahun 1950 sangat laris (The Broadcaster telah mengganti nama Telecaster pada tahun 1952).

Bos Gibson gitar saat itu Ted McCarty kemudian melihat draft prosposal bisnis dari Paul dan berminat untuk invest pada desain gitar elektrik itu dan mengadakan perjanjian promosi dan keuangan dengan Les Paul, membayarnya royalti atas penjualan desain gitarnya. Paul memberikan saran desain seperti perubahan pada body bawah gitar tailpiece. Gibson Les Paul Gitar kemudian terlahir dan mulai dijual pada tahun 1952.

Kayu keras seperti Mahoni tentu membutuhkan gergaji bandsaw untuk memotong dan mengolah menjadi bentuk yang siap diukir menjadi berbagai macam produk, termasuk bodi gitar elektrik.

Untuk menghindari konflik harta gono-gini karena perceraian yang tertunda dengan istrinya Mary Ford, Paul kemudian sempat mengakhiri kontrak dukungannya dan penggunaan namanya pada gitar Gibson sampai tahun 1966, saat perceraiannya selesai.

Pada tahun 1960, penjualan Gibson Les Paul juga secara signifikan lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya. Gibson pun mulai berinovasi menawarkan gitar elektrik yang mirip dengan Les Paul namun lebih tipis dan ringan. Gitar ini kita kenal dengan nama Gibson SG.

Tahun berikutnya, Gitar Les Paul diberi bodi mahoni yang lebih tipis dan datar, potongan ganda yang membuat fret atas lebih mudah diakses, dan tubuh berkontur. Sendi leher digerakkan oleh tiga fret untuk lebih memudahkan akses ke fret atas. Konstruksi bodi yang lebih sederhana secara signifikan mengurangi biaya produksi, dan Les Paul baru, dengan profil leher ramping dan tumit kecil diiklankan sebagai yang memiliki “leher tercepat di dunia”.

Gitar Standar Gibson SG menjadi model terlaris Gibson sepanjang masa. Namun, desain ulang gitar itu dilakukan tanpa sepengetahuan Les Paul sendiri (yang tidak ada hubungannya dengan pengembangan gitar itu). Meskipun gitar baru ini populer, dia sangat tidak menyukainya. Masalah pada kekuatan bodi dan leher membuat Paul tidak puas dengan gitar barunya.

1962 Les Paul Standard (SG Standard)

VERSI GITAR LES PAUL YANG LEBIH MURAH BERMEREK EPIPHONE

Paul terus mengupayakan perbaikan teknis, meskipun tidak selalu berhasil secara komersial. Misalnya, pada tahun 1962, Paul mengeluarkan Paten AS No. 3.018.680, untuk pickup di mana kumparan terpasang secara fisik ke senar. Salah satu inovasi Paul menjadi agak sukses; sayangnya, tidak menguntungkan secara ekonomi.

Pada pertengahan 1940-an, dia memperkenalkan gitar aluminium dengan mekanisme tuning di bawah bridge. Karena tidak memiliki kepala headstock tempat menyetel nada senar, sambungan senar berada di nut, itu adalah gitar “headless” pertama. Sayangnya, komponen pada gitar elektrik Paul saat itu sangat sensitif terhadap panas dari lampu panggung sehingga mudah fals dan tidak bisa mengikuti irama. Gitar ini dikembangkan lebih lanjut oleh orang lain, yang paling berhasil adalah Ned Steinberger. Di Indonesia sendiri artis yang sangat terkenal menggunakan gitar ini adalah Pak haji Rhoma Irama.

Instrumen gitar listrik ini terus-menerus dimodifikasinya selama bertahun-tahun, dan Paul terus menggunakannya dalam rekamannya bahkan saat pengembangan gitar model Gibsonnya hingga ia tutup usia.

Desain gitar dan bass Steinberger yang digunakan Rhoma Irama memang tanpa headstock tradisional, namun menggunakan komponen elektronik yang sama dengan beberapa seri gitar Les Paul.

KESIMPULAN

Saat ini, gitar Les Paul banyak sekali imitasi dan tiruannya. Bahkan pada akhir 1970-an beberapa perusahaan Jepang menjadi sangat dekat untuk menyempurnakan salinan Standar 1958-1960 yang asli. Gitar jepang di era 1970-1980an dianggap sangat hebat dan sempat membuat kerugian bagi Gibson Les Paul karena harganya lebih murah.

Bersama dengan gitar elektrik Fender Telecaster dan Stratocaster, gitar solid-body yang diproduksi secara massal telah membentuk kebudayaan bermusik modern zaman sekarang. Karena keserbagunaannya, gitar elektrik Les Paul telah digunakan dalam berbagai genre musik, termasuk rock, country, pop, soul, rhythm and blues, blues, jazz, reggae, punk, dan heavy metal.

Semoga kisah pak Les Paul ini menginspirasi kamu! Metalextra menawarkan solusi perangkat kerja presisi berkualitas tinggi. Berbeda dengan pesaing kami yang berjualan tong sampah dan alat kerja non-presisi yang dicampur aduk, kami merupakan satu-satunya spesialis presisi asli Indonesia yang paham dan mengerti cara cerdas untuk mengejar kesempurnaan dan toleransi yang ketat. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami yang dapat membantu Anda memilih alat uji, alat ukur dan perkakas presisi bermanfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected]

Semoga bermanfaat ya! Wassalam!


Sumber:

mylespaul.com

gibson.com/

epiphone.com/

rockhall.com/

lespaulfoundation.org/

guitar.com/news/ 

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 16, 2019 @ 7:02 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!