Granite table itu fungsinya apa?

Penggunaan meja ukur  granit dalam metrologi umum maupun mesin CMM koordinat 3D telah terbuktikan tingkat akurasinya selama bertahun-tahun. Tidak ada bahan lain yang cocok dengan sifat alami serta granitnya dengan persyaratan metrologi. Persyaratan sistem pengukuran mengenai stabilitas dan daya tahan suhu tinggi. Alat ukur paling dasar ini harus digunakan dalam lingkungan yang berhubungan dengan produksi dan menjadi kuat. Downtime jangka panjang yang disebabkan oleh pemeliharaan dan perbaikan akan secara signifikan mengganggu produksi.

APA ITU SURFACE PLATE?

Surface Plate adalah plat datar padat yang digunakan untuk meniru bidang 2D yang sempurna seakurat mungkin untuk memfasilitasi pengukuran lain yang dilakukan di atas bidang itu. Banyak pengukuran paling umum dilakukan dengan Pengukur Tinggi.

Pelat Permukaan dengan pengukur ketinggian adalah hal yang sangat praktis untuk dimiliki oleh setiap CNC atau masinis, jadi saya sarankan untuk menyiapkannya secara relatif sejak dini.

Bahan Pelat Permukaan yang digunakan untuk pengukuran: Granit, Besi Cor, Baja, atau Kaca. Pelat permukaan biasanya terbuat dari granit, dan mereka datang dalam berbagai ukuran dan kelas. Ada besi cor, baja, dan pelat permukaan kaca yang tersedia, tetapi sebagian besar lebih suka menempel dengan granit.

SIAPA YANG MEMPERKENALKAN GRANITE TABLE?

Granit mulai digunakan secara luas selama Perang Dunia Kedua. Sebelum waktu itu, sebagian besar pelat permukaan adalah logam. Granit dikandung sebagai cara menghemat logam untuk aplikasi yang lebih kritis. Gagasan untuk menggunakan granit muncul karena kebetulan saja oleh Pak Wallace Herman yang memiliki sebuah workshop bengkel di Dayton, Ohio Amerika Serikat.

Anda dapat menemukan granit hitam dan merah muda yang digunakan untuk membuat pelat permukaan, dengan granit hitam menjadi lebih populer. Granit merah muda memiliki lebih banyak kuarsa, dan karenanya lebih tahan aus daripada granit hitam. Namun, itu tidak sekuat dan biasanya diinginkan agar pelat permukaan granit merah muda menjadi lebih tebal.

Sebelum granit menjadi lazim, Besi Cor adalah bahan yang paling umum untuk pelat permukaan. Ini masih populer untuk aplikasi tertentu karena lebih mudah untuk bekerja pada tingkat presisi tertentu daripada meja metrologi granit. Bahkan, pelat permukaan besi cor dapat digunakan sebagai alat untuk membantu resurface (melapisi) pelat permukaan granit.

APA SAJA GRADE GRANITE SURFACE PLATE TABLE?

Nilai Plat Permukaan meliputi:

  • AA (Paling akurat): Ini disebut tingkat laboratorium. Kerataannya adalah (40 + diagonal (inci) pelat permukaan kuadrat / 25) x 0,000001 ″.

  • A: Ini adalah Kelas Inspeksi. Itu adalah spesifikasi AA x 2.

  • B: Ini adalah Ruang Kelas Alat. Itu AA x 4.

  • Tingkat untuk Workshop (Paling tidak akurat): Ini tidak benar-benar cocok untuk aplikasi CNC, jadi saya tidak akan mengutip sebuah spec.

Cobalah untuk membeli pelat permukaan kelas “A” dalam ukuran terbesar yang Anda mampu dan yang cocok dengan nyaman di workshop bengkelAnda.

ASME (American Society of Mechanical Engineers) telah menerbitkan ASME B89.3.7 – 2013 yang merupakan standar saat ini untuk pelat permukaan granit sebagai berikut:

  • Ukuran Plat Permukaan Standar

    Ukuran plat permukaan standar adalah 18 x 24 in., 24 x 36 in., 36 x 48 in. Dan 48 x 72 in, tetapi Anda bisa mendapatkan sebagian besar ukuran custom made jika perlu. Saya memiliki “A” Grade 24 x 36 in A Class plat permukaan granit untuk kebutuhan metrologi saya. Ini adalah plat permukaan yang sangat bagus untuk toko kecil, tetapi toko yang lebih besar akan menginginkan pelat permukaan yang lebih besar dan kemungkinan akan memiliki lebih dari satu.

  • Kalibrasi dan Pembersihan Plat Permukaan Granite Table

    Pelat Permukaan dapat mengalami cacahan, kelengkungan, dan hanya keausan biasa, sehingga harus dikalibrasi secara teratur. Sering kali, keausan akan dilokalisasi karena alat tertentu, seperti pengukur ketinggian, yang digunakan di tempat yang sama terus-menerus. Juga harus dijaga sebersih mungkin. Kerdil dan puing-puing lainnya dapat dengan mudah mengganggu pengukuran yang akurat. Pembersih permukaan pelat khusus tersedia relatif murah (sekitar Rp.1 Juta rupiah untuk satu botol) dan harus digunakan untuk mencegah erosi kimiawi pada plat.

BAGAIMANA CARA PERAWATAN PAKAI GRANITE SURFACE PLATE?

  • Jangan Gunakan Pelat Permukaan Anda sebagai Meja kerja biasa! Jangan meletakkan atur apa pun pada pelat permukaan selain dari alat metrologi pengukur dan potongan yang diukur. Katakanlah Anda membiarkan seseorang meletakkan sekaleng Minuman Ringan bersoda di atas Surface Plate. Kaleng Itu mungkin telah menggiring bola sehingga ada sedikit Coke di bagian bawah kaleng. Menempatkan benda-benda random pada Pelat Permukaan juga dapat mentransfer serpihan berbahaya yang mengganggu pengukuran halus dan mengikis Pelat Permukaan.

  • Gunakan aksesori Pelat Permukaan yang sesuai. Ada berbagai macam aksesoris yang digunakan dengan pelat permukaan. Kami tidak akan mencoba untuk menutupi semuanya, hanya yang paling umum digunakan.

1. Permukaan Plat Berdiri

Dukungan yang tepat sangat penting untuk setiap pelat permukaan untuk meminimalkan bengkok. Berbagai dudukan tersedia untuk mendukung semua jenis pelat permukaan. Pelat permukaan yang lebih kecil dapat ditempatkan di bangku apa pun, tetapi pelat yang lebih besar mendapat manfaat dari suspensi yang tepat.

Tidak banyak gunanya Anda menentukan pelat permukaan tingkat laboratorium dan kemudian menyimpannya di ruangan yang tidak memiliki suhu terkontrol. Untuk tingkat akurasi dan pengulangan yang tertinggi, suhunya harus konsisten. Itulah mengapa begitu banyak toko menyimpan pelat permukaannya di ruang inspeksi yang dikontrol suhu.

2. Melindungi atau menutup Pelat Permukaan

Jika pelat permukaan Anda tidak digunakan terus-menerus (sebagian besar di toko-toko komersial), itu baik untuk melindunginya dengan penutup yang terpasang:

3. Beli dan gunakan Pembersih Permukaan

Pembersih Surface Plate khusus tersedia relatif murah (sekitar $ 30 di Amazon untuk satu galon) dan harus digunakan untuk mencegah erosi kimia pada plat.

4. Pengukur Tinggi, Pengukur Sine, dan Blok Gauge

Pengukur Ketinggian, Pengukur Blok, dan Pengukur Sine mungkin merupakan aksesoris pengukur yang paling umum digunakan dengan pelat permukaan, meskipun ada banyak lagi.

Metalextra menawarkan solusi perangkat kerja presisi berkualitas tinggi. Berbeda dengan pesaing kami yang berjualan tong sampah dan alat kerja non-presisi yang dicampur aduk, kami merupakan satu-satunya spesialis presisi asli Indonesia yang paham dan mengerti cara cerdas untuk mengejar kesempurnaan dan toleransi yang ketat. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: 

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 18, 2020 @ 3:39 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!