Kenapa Kaliper wajib dimiliki anak Teknik apapun?

Sigmat, jangka sorong, mistar atau Kaliper Ini digunakan dalam banyak dsiplin ilmu bidang seperti teknik mesin, pengerjaan logam, kehutanan, pengerjaan kayu, sains hingga kedokteran dan penelitian flora dan fauna.

APA ITU KALIPER?

Di Indonesia ada banyak nama untuk menyebutkan kaliper. Namun pada intinya Kaliper merupakan alat ukur handtools universal karena keserbagunaannya. Kebanyakan kaliper 12 ”/ 300mm dan di bawahnya dapat melakukan pengukuran OD, ID dan langkah dan biasanya memiliki batang kedalaman untuk mengukur ceruk yang dalam. Kaliper tersedia dengan rahang plastik, stainless steel dan karbida agar sesuai dengan persyaratan pengukuran Anda.

Kaliper dengan berbagai ukuran dan bahan tersedia dengan tampilan vernier, dial, atau elektronik. Kaliper digital graduasi satuannya biasanya 0.001″ dan memiliki kisaran .100″ atau .200 “per revolution (per sekali putar). Kaliper bertampial Dial metrik biasanya lulus dalam 0.01mm atau 0.02mm dan memiliki kisaran 1.0mm atau 2.0mm per putaran.

Berbagai gaya kaliper digital kalau di merek ternama MITUTOYO Digimatic (tampilan elektronik) ditawarkan dalam versi yang berbeda dengan kabel data dan tanpa output transfer data SPC: elektronik standar, bertenaga surya, dan opsi tahan air, ekstra tahan lama. Di model terbaru juga sudah ada Kaliper bertenaga surya yang tidak pernah membutuhkan baterai baru karena mereka bekerja dengan penerangan dasar dalam ruangan. Sebagai contoh: Mitutoyo Kaliper Absolute Coolant Proof diberi peringkat IP67 untuk peringkat kedap air terbesar yang tersedia dan dapat menahan perendaman dalam oli maupun air.

Bagi negara yang sedang giat membangun seperti negeri kita Indonesia, fakultas Teknik dikenal punya prospek kerja bergaji tinggi! Lalu jurusan apa aja yang bernaung di bawah bidang keteknikan yang butuh Kaliper? Cek pembahasan di bawah ini dulu dan pahami kenapa Kaliper itu wajib dimiliki anak Teknik!

1. Teknik Mesin

Apabila kamu menyukai mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan teknik, mungkin Kaliper sudah menjadi hal yang umum untuk dimiliki. Di pendidikan lanjut, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin untuk mendalami berbagai macam industri mulai dari manufaktur, teknologi, pertambangan, hingga otomotif. Pada program studi Teknik Mesin, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip mekanis Fisika maupun ilmu material yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa teknik mesin, kamu harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Kamu akan mempelajari beragam desain mesin dan material pembuataanya. Dikelas Praktikum, kaliper digital umumnya digunakan untuk industri presisi milling maupun kelas praktikum manajemen kualitas.

Universitas dengan Jurusan Teknik Mesin terbaik: Institut Teknologi Sepuluh NopemberInstitut Teknologi BandungUniversitas BrawijayaUniversitas IndonesiaUniversitas TrisaktiUniversitas Katolik Indonesia Atma Jaya  

2. Teknik Sipil

Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana. Lulusan dari jurusan Teknik Sipil diharapkan bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil juga terbuka lebar di instansi pemerintah seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Teknik sipil dituntut untuk memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. Teknik sipil juga mempelajari ilmu material dan butuh alat ukur untuk memastikan akurasi ketebalan pelat beam steel, kelayakan bangunan, proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain.

Kamu juga akan mendalami dan pelajari beragam desain fastener dan teknik bangunan seperti pengecoran dan pabrikasi sipil. Dikelas Praktikum, kaliper digital umumnya digunakan untuk mengukur ulir fastener cpling yang akan digunakan pada struktur baja, menggambar dan pembuatan skala desain ukur. Selain itu kamu juga akan membuat banyak maket plan project.

Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil terbaik: Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan

3. Teknik Industri 

Jurusan Teknik Industri secara garis besar mempelajari tentang proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik.  Teknik Industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Jadi, nggak cuma kamu hanya belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri—khususnya manufaktur.

Kaliper digital umumnya digunakan untuk industri presisi. Namun, Kaliper vernier yang dioperasikan secara manual masih tetap populer karena harganya jauh lebih murah daripada versi digital. Sedangkan, kaliper versi digital memakai baterai kecil sedangkan versi manual tidak memerlukan sumber daya apa pun. Akhir-akhir ini program 3D Printing untuk membuat part maupun komponen dengan kawat material plastik HDPE juga mulai diperkenalkan. Printer tersebut tentunya harus dikalibrasi, dan bisa dilakukan dengan Kaliper digital. 

Teknik Industri mempunyai prospek yang bagus. Ketersediaan lapangan kerja sangat luas, dari industri kecil sampai industri besar. Para lulusan teknik industri bisa mengambil peran beberapa fungsi seperti divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, bahkan divisi HRD.

Universitas dengan jurusan Teknik Industri terbaik: Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan, Telkom University

4. Arsitektur 

Ada banyak kalangan komunitas teknik yang beranggapan bahwa arsitek bukanlah bagian dari engineering dan lebih mengarah kepada desain seni. Karena hal inilah Arsitektur merupakan jurusan di bidang teknik yang unik, karena Arsitektur lebih memperhatikan sisi seni manusia dan estetikanya, mungkin lebih mirip dengan UX design pada dunia pengembangan software. Tentu Kaliper juga digunakan anak arsitektur, terutama dalam pembuatan maket desain bangunan yang berorientasi pada penggunaan skala yang presisi. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan dan mengubah ide, konsep, dan desain di atas kertas, menjadi maket realis. Kalkulasi skala untuk realisasi pembangunannya juga dikerjakan anak Arsitektur bersama dengan anak Teknik Sipil yang menuntut akurasi dan presisi. Jika tidak akurat, tentu anak Teknik Sipil akan menolak dan memaki anak arsitektur.

Kelas arsitektur umumnya dikenal sebagai kelas seniman. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Walaupun bisa dibilang kelasnya para tukang gambar, dikelas Praktikum, kaliper digital umumnya digunakan untuk mengukur dan membuat skala material yang akan digunakan pada struktur baja, menggambar dan pembuatan skala desain ukur. Selain itu kamu juga akan membuat banyak maket plan project. Umunya Proyek miniatur dengan sangat akurat dibutuhkan dalam tugas akhir setiap mahasiswa teknik Arsitektur.

Universitas dengan jurusan Arsitektur terbaik: Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara, Universitas Gunadarma

5. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

Program studi Aeronautika atau yang kerap disebut Teknik Penerbangan memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Intinya program studi ini mempelajari ilmu keteknikan pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer Bumi seperti pesawat komersil, helikopter, pesawat militer. Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer Bumi seperti roket dan satelit.

Tapi jangan keliru! Teknik Penerbangan disini jika di luar neger merupakan teknik Aerospace, jadi bukan belajar cara menerbangkan pesawat, tetapi lebih kepada proses manufaktur dan perawatan komponen pesawat dan pendukungnya! Kamu juga akan mendalami dan pelajari beragam desain meknis fluida dari komponen pesawat dan teknik pabrikasinya. Dikelas Praktikum, kaliper digital umumnya digunakan untuk mengukur ulir fastener dan mengukur gap pada body fuselage pesawat, celah maupun kemiringan propeller yang akan digunakan pada struktur pesawat, menggambar dan pembuatan skala desain ukur dan proyek thermodinamis dalam wujud maket dan miniatur. Jurusan ini juga gencar mempelajari teknik pembuatan drone dan desain kipas propellernya yang lagi-lagi membutuhkan Kaliper digital untuk memastikan keseimbangan dan pengukurannya.

Perkembangan transportasi udara sangat cepat, namun Indonesia sendiri masih belum menunjukkan taringnya dalam bidang ini. Industri penerbangan smembutuhkan tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi penerbangan yang lebih canggih. Lulusan Aeronautika dan Astronautika dibutuhkan di industri manufaktur (Dirgantara Indonesia), Industri jasa perawatan pesawat (GMF AeroAsia, Merpati Maintenance Facilites), maskapai penerbangan, industri telekomunikasi, dan Departemen Perhubungan Udara.

Universitas dengan jurusan Aeronautika dan Astronotika: Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan 

6. Teknik Nuklir 

Program studi Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Subyek pembelajaran bidang teknik ini meliputi perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, seperti reaktor nuklir, PLTN, dan senjata nuklir. Teknik Nuklir juga dipergunakan dalam aplikasi nuklir pada kedokteran seperti radioterapi dan radiodiagnosis. Program studi ini memiliki dua peminatan yaitu Teknologi Reaktor Nuklir dan Teknologi Proses Reaktor.

Nah kalau dijurusan ini tentu kaliper tidak digunakan hehehe… tetapi proses manufaktur komponen yang digunakan untuk menyegel material nuklir serta sistem pendinginan dan penyimpanannya tentu dibuat dengan kepastian toleransi ukur dan dimensi dengan kaliper juga!

Untuk prospek kerjanya sendiri, jurusan Teknik Nuklir terbilang cukup mumpuni. Nuklir digadang-gadang sebagai sumber energi menjanjikan di masa depan, dan untuk mengembangkannya secara aman dan efektif dibutuhkan tenaga ahli di bidang Teknik Nuklir. Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan yang perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya. 

Universitas dengan jurusan Teknik Nuklir terbaik: Universitas Gadjah Mada 

7. Teknik Perminyakan 

Teknik Perminyakan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Aspek yang dipelajari antara lain adalah teknik reservoir, pengeboran, produksi, hingga manajemen perekonomian minyak dan gas (migas). Nggak cuma belajar tentang eksplorasi, eksploitasi, dan cara pengolahan minyaknya saja, mahasiswa program studi Teknik Perminyakan dituntut untuk inovatif dalam menemukan teknik yang lebih efisien dalam eksplorasi, eksploitasi dan pengolahannya, dan dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Di dunia perminyakan dan gas bumi umumnya Digital kaliper berukuran besar digunakan untuk mengukur dimensi pipa dan ulir keran agar sesuai dengan standar perminyakan. Kaliper juga merupakan perangkat ukur hand tools yang sangat presisi untuk mengukur berbagai objek. Beragam kaliper dibedakan dengan bentuk desain rahang ukurnya. Ada tipe rahang atau jaw yang memungkinkan pembacaan pengukuran pada skala yang ditentukan, dial, atau tampilan digital.

Prospek kerja jurusan Teknik Perminyakan masih menjanjikan kok! Walauipun harga minyak mulai menurun dan ada energi terbaharukan yang murah, kehidupan modern masih tidak bisa lepas dari penggunaan Petrochemicals atau bahan kimia asal dari minyak bumi seperti plastik dan aspal. Para lulusannya dapat berkarir di berbagai perusahaan sektor migas nasional dan internasional seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total dan sebagainya, atau bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Dunia perbankan dan asuransi ternyata juga membutuhkan lulusan Teknik Perminyakan sebagai tenaga analis resiko terhadap kredit/klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas.

Universitas dengan jurusan Teknik Perminyakan terbaik: Institut Teknologi Bandung 

8. Teknik Elektro 

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Beragam desain PCB tentu akan dipelajari, terutama jika kamu mendapatkan kelas instrumentasi dan kelistrikan arus lemah. BEragam komponen elektronik tersebut dalam sektor manufakturnya semikonduktor misalnya tentu diukur dimensinya dengan kaliper bukan?

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jurusan teknik elektro juga semakin relevan. Prospek kerja yang terkait dengan bidang Teknik Elektro pun bisa dibilang cukup mumpuni seperti: teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, hingga ahli robotik.

Universitas dengan jurusan Teknik Elektro terbaik: Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Trisakti, Universitas Trisakti 

9. Teknik Lingkungan 

Para mahasiswa Teknik Lingkungan akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.

Lulusan Teknik Lingkungan diharapkan bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya. Beberapa contoh perusahaan yang kerap membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan antara lain PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang.

Universitas dengan jurusan Teknik Lingkungan terbaik: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Trisakti 

10. Teknik Kelautan 

Teknik Kelautan adalah sebuah program studi untuk para mahasiswa yang ingin mempelajari rekayasa kelautan. Program studi ini sama sekali tidak berhubungan dengan biota dan jenis-jenis hewan di laut, melainkan mempelajari bangunan dan struktur yang berhubungan dengan laut. Selain itu, Teknik Kelautan juga mempelajari teknik perkapalan dan manajemen sumber daya kelautan.

Lulusan Teknik Kelautan tentu keahliannya sangat dibutuhkan oleh banyak industri, terutama jika industri tersebut punya hubungan erat dengan laut. Misal PLN ingin membangun pembangkit tenaga gelombang laut, atau Pertamina ingin mendirikan pengeboran lepas pantai, mereka pasti membutuhkan tenaga ahli teknik kelautan.

Universitas dengan jurusan Teknik Kelautan terbaik: Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Bandung 

KESIMPULAN

Apa itu Digital Vernier Caliper? Alat ukur ini dikenal juga dengan berbagai nama di Indonesia, antara lain; Jangka Sorong, Vernier Kaliper, Sigmat, maupun mistar. Kaliper juga digunakan untuk mengukur jarak antara dua sisi yang berlawanan dari suatu objek seperti penggaris namun jauh lebih presisi.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan machine tooling, cutting tool maupun quality tester silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!