Mengapa Distribusi Industri di Dunia Didominasi oleh Marketplace?

Berbelanja di pasar lokal merupakan Rutinitas kehidupan sehari-hari, karena peran pasar dalam memastikan pasokan makanan bagi suatu populasi. Bagi pedagang yang berada di kompleks pertokoan dan pasar seringkali harga barang yang dijual juga dipengaruhi dan diatur oleh otoritas pemerintah dengan tarif pajak yang dipaksakan. Keberadaan pasar yang juga dapat diakses secara elektronik atau di internet melalui platform e-commerce, telah menjadi pelengkap yang menambah persaingan bagi pedagang sekaligus menawarkan ragam pilihan bagi pembeli.

Di Metalextra, kami menyediakan alat-alat kerja presisi yang menjadi penunjang kerja dasar. Kami juga sering membantu job proyek teknik bagi pelanggan kami bengkel teknik jika ada pekerjaan pembuatan komponen tertentu kesekitar komunitas manufaktur lokal yang berlokasi di sekitar Kepulauan Riau dan Sumatera. Bagi kami, menjadi perantara bagi pelanggan kami merupakan layanan ekstra yang tidak akan pernah bisa ditawarkan oleh Marketplace serba ada tersebut. 

Ketika tahun 2005an segalanya berubah. Kami melihat bahwa keberadaan komunitas Online pada masa 2005 hingga 2010an seperti forum Jual Beli di KASKUS, TOKOBAGUS, BERNIAGA telah menjadi media yang mempermudah kami untuk menjangkau seluruh Indonesia dan meraih pelanggan baru. Kami juga ikut membuka akun dan sekaligus juga dengan rutin memasukkan solusi kami ke dalam katalog Yellow pages, katalog kertas dan mengirimkannya ke pelanggan potensial melalui pos. Model itu kami rasa cukup sukses dan bertahan hingga akhir 2010-an.

Ketika Indonesia menyambut tarif internet yang lebih terjangkau, internet menjadi lebih populer dan mengawali proses transisi yang mudah untuk membangun sebuah situs web dan buku katalog PDF yang juga akan memiliki barang yang sama untuk dijual. Namun meskipun tampaknya tidak lama, internet membutuhkan waktu bagi pelanggan kami untuk terbiasa. Bisnis katalog akan bertahan bertahun-tahun lagi dan akan digunakan bersama situs web perusahaan. Keduanya bisa memberikan akses untuk siapa pun yang menginginkannya.

Sekitar tahun 2015 kami memperhatikan sesuatu yang sangat memprihatinkan. Bisnis katalog kertas yang biasa kami gunakan untuk mendukung model bisnis kami seolah merangkak berhenti. Situs web kami yang awalnya masih berbasih HTML 2 dan Macromedi Flash akhirnya sudah kalah dari segi desain yang tua dan membutuhkan pembangunan kembali. Selain itu kami perhatikan bahwa Marketplace modal asing seperti BUKALAPAK, TOKOPEDIA dan OLX mulai merambah jagad internet Indonesia. Marketplace tersebut juga telah memasang fitur escrow atau rekening bersama sebagai perantara dan jaminan pembayaran. Teknologi tersebut memang mahal, pengusaha kecil seperti kami belum mampu untuk mewujudkannya. 

Marketplace luar seperti ALIBABA, Amazon dan TAOBAO juga ikutan merayap masuk ke industri kami. Tidak lagi hanya untuk distribusi barang teknik dan alat ukur serta mesin, Raksasa ini juga kerap kali menjadi media bagi penipu dan pembajak untuk menjual barang Aspal (Asli Palsunya). Kami pun seringkali dikomplain pelanggan yang padahal membeli dari media tersebut tetapi mengklaim garansi ditempat kami. Kamipun tegas menolak pelayanan garansi atas produk yang tidak dijual oleh tempat kami sendiri.

Kami telah didekati berkali-kali untuk mendaftarkan produk kami di pasar marketplace online dan mencoba-coba di sana dengan keberhasilan yang terbatas. Kami merasa pekerjaan yang terlibat dan biaya yang dibebankan oleh marketplace tersebut hanya tidak sepadan. Satu-satunya orang yang menghasilkan uang menurut pendapat kami dari hubungan ini adalah pemiliknya seperti Masayoshi Son, Jack Ma, Jeff Bezos dan lainnya.

Menurut Gary Vanerchuk yang adalah seseorang pakar marketing modern yang sangat kami hormati, marlketplace yang “katanya” merugi terus seperti TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon memang memiliki modal tebal dan mampu melakukan sesuatu yang sangat pintar ketika tidak ada orang lain yang benar-benar meluangkan waktu untuk melakukannya.

Mereka memompa uang ratusan miliar rupiah ke Google Adwords hingga iklan di TV dan radio untuk memastikan mereka muncul di bagian atas Pencarian Google maupun mendekati serta mengingatkan siapapun jauh sebelum ada orang yang benar-benar fokus mencari. Teknologi dan strategi Bombardier iklan memang mahal tetapi ternyata bekerja dengan sangat baik bagi mereka dan merupakan alasan utama mengapa mereka begitu sukses hari ini. Marketplace tersebut selalu mengaku rugi tetapi kelihatan mereka modalnya sangat kuat, seolah olah tidak ada batasnya. Imbasnya, justru dirasakan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang sales teknik juga. 

Semua orang tahu TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon pada 2019 sangat berbeda dari TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon yang kita kenal bertahun-tahun yang lalu. Kami melihat semakin banyak Toko “OFFICIAL” dan beragam promosi potongan diskon biaya pengiriman yang kalau dihitung tidak masuk akal. Bahkan beberapa marketplace terebut juga justru memiliki jasa ekspedisi sendiri.

Suka tak suka, Kita sekarang hidup di dunia yang didominasi oleh TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon. Konsumen tampaknya menyukai TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon untuk kenyamanan dan harga tetapi apakah ada biaya untuk membuat satu perusahaan mendominasi internet? Kami telah melihat CEO dan pemilik perusahaan marketplace tersebut menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dan bahkan dunia. Kami juga melihat puluhan ribu usaha kecil gulung tikar karena TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon.

Akhir-akhir ini bahkan ada pembicaraan tentang keputusan pengenaan diskon dan kompensasi pajak pada TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon. Saya tidak yakin apakah atau kapan itu akan terjadi, tetapi saya pikir sudah waktunya bagi konsumen untuk mengambil langkah mundur dan memutuskan apakah metode pembelian ini adalah salah satu yang ingin mereka ikuti dan untuk berapa lama?. Beberapa sumber berita juga mengabarkan perlakuan PHK yang dikenakan marketplace tersebut ketika menghadapi situasi sulit seperti pandemi Wuhan Coronavirus COVID19 ini.

Ketika Anda melihat seseorang seperti Masayoshi Son, Jack Ma, Jeff Bezos memperoleh kekayaan yang sangat besar sementara yang lain tampaknya sedang berjuang, mungkin sudah waktunya untuk mengatakan TIDAK dan mencari tempat lain untuk barang dan jasa.

Memang segala sesuatu yang ada di dikolong langit ini semuanya ada harganya dan walaupun Anda mungkin menyukai beberapa fitur TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon, inilah saatnya untuk mengevaluasi dan melihat apa yang sebenarnya dilakukannya pada masyarakat dan bisnis kecil di seluruh dunia. METALEXTRA.com tidak merasa bermanfaat untuk bermitra dengan TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon seperti yang dilakukan oleh begitu banyak distributor dan bahkan manufaktur.

Terkadang saat memesan di TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon Anda bahkan tidak tahu siapa yang memenuhi pesanan Anda. Layanan pelanggan sangat sulit untuk dihubungi dan jika ada masalah kebanyakan orang bahkan tidak tahu siapa yang harus dihubungi. Kami hanya berpikir itu adalah pada titik di mana setiap orang harus benar-benar melihat TOKOPEDIA, BUKALAPAK, Amazon dan berpikir tentang efek memiliki satu tempat menjual semua yang Anda butuhkan.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan solusi perangkat kerja presisi berkualitas tinggi. Berbeda dengan pesaing kami yang berjualan tong sampah dan alat kerja non-presisi yang dicampur aduk, kami merupakan satu-satunya spesialis presisi asli Indonesia yang paham dan mengerti cara cerdas untuk mengejar kesempurnaan dan toleransi yang ketat. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: 

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!