MRO itu apa?

Seringkali fungsi pemeliharaan disebut sebagai Maintenance, repair and overhaul (MRO) dan MRO juga digunakan untuk Maintenance, perbaikan dan operasi. Namun, seringkali perlengkapan MRO sulit didefinisikan karena bidang kerja dan usaha yang beragam. Sebenarnya MRO itu apa sih?

MRO ITU APA?

Maintenance Repair & Overhaul dikenal sebagai kategori alat-alat yang digunakan dalam bagian produksi perusahaan. Kategori MRO mencakup alat kerja Pneumatik untuk Perbaikan, dan Pengoperasian aktuator automation atau alat dan item MRO termasuk bahan habis pakai seperti pembersihan, laboratorium, atau perlengkapan kantor, peralatan industri seperti kompresor, pompa, katup, dan persediaan perawatan tanaman seperti gasket, pelumas, alat perbaikan.

Makna teknis MRO itu merupakan bidang kerja operasional dan pemeliharaan yang mencakup pemeriksaan fungsional, servis, perbaikan atau penggantian perangkat, peralatan, mesin, infrastruktur bangunan yang diperlukan, dan utilitas pendukung dalam instalasi industri, bisnis, pemerintahan, dan perumahan.

Tim kerja dengan perlengkapan inspeksi rutin juga bisa digolongkan kebagian kerja MRO.

KENAPA MRO ITU PENTING?

Seiring berjalannya waktu, ini termasuk beberapa kata yang menggambarkan berbagai praktik hemat biaya untuk menjaga operasional peralatan; kegiatan ini terjadi sebelum atau setelah kegagalan.

Terminologi pemeliharaan dan MRO telah mulai menjadi standar. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menggunakan definisi berikut:

  • Setiap aktivitas — seperti pengujian, pengukuran, penggantian, penyesuaian, dan perbaikan — dimaksudkan untuk mempertahankan atau mengembalikan unit fungsional di atau ke kondisi tertentu di mana unit tersebut dapat melakukan fungsi yang diperlukan.

  • Semua tindakan dilakukan untuk mempertahankan materi dalam kondisi yang dapat diservis atau mengembalikannya ke kemudahan servis. Ini termasuk inspeksi, pengujian, servis, klasifikasi untuk kemudahan servis, perbaikan, pembangunan kembali, dan reklamasi.

  • Semua tindakan suplai dan perbaikan diambil untuk menjaga agar pasukan tetap dalam kondisi untuk menjalankan misinya.

  • Pekerjaan rutin yang berulang diperlukan untuk menjaga fasilitas (pabrik, bangunan, struktur, fasilitas tanah, sistem utilitas, atau properti riil lainnya) dalam kondisi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan terus-menerus, pada kapasitas dan efisiensi aslinya atau yang dirancang untuk tujuan yang dimaksudkan.

  • Pemeliharaan secara ketat terhubung ke tahap pemanfaatan produk atau sistem teknis, di mana konsep pemeliharaan harus dimasukkan. Dalam skenario ini, rawatan dianggap sebagai kemampuan suatu barang, dalam kondisi penggunaan yang dinyatakan, untuk dipertahankan atau dikembalikan ke keadaan di mana ia dapat melakukan fungsi yang diperlukan, menggunakan prosedur dan sumber daya yang ditentukan.

  • Dalam beberapa sektor industri seperti pemeliharaan pesawat, istilah pemeliharaan, perbaikan dan perbaikan juga mencakup inspeksi, pembangunan kembali, perubahan dan penyediaan suku cadang, aksesori, bahan baku, perekat, sealant, pelapis dan bahan habis pakai untuk perawatan pesawat pada tahap pemanfaatan. Dalam pemeliharaan penerbangan sipil internasional berarti:

Kinerja tugas dari tim juga diperlukan untuk memastikan kelayakan penerbangan udara yang berkelanjutan dari pesawat terbang, termasuk salah satu atau kombinasi perbaikan, inspeksi, penggantian, perbaikan cacat, dan perwujudan modifikasi atau perbaikan. Definisi ini mencakup semua kegiatan di mana peraturan penerbangan mensyaratkan penerbitan dokumen pelepasan pemeliharaan (sertifikat pesawat kembali ke layanan – CRS).

Salah satu solusi MRO adalah instalasi perangkat alat kerja bertenaga udara, atau pneumatik bertenaga yang merupakan jenis alat kerja Maintenance Repair dan Operation yang kerap digunakan. Alat kerja ini digerakkan oleh udara tekanan yang dipasok oleh kompresor udara. Alat pneumatik juga dapat didorong oleh karbon dioksida terkompresi (CO2) yang disimpan dalam silinder kecil yang memungkinkan untuk mudah dibawa ke berbagai lokasi dan bidang pekerjaan.

Kunci torsi monel merupakan salah satu alat kerja yang wajib digunakan untuk memastikan kekencangan unit fastener seperti baut dan pengunci lainnya.

KENAPA PERLENGKAPAN MRO WAJIB?

Investasi pada unit usaha MRO sangat dibutuhkan untuk memastikan presisi dan kepastian keselamatan. Namun, alat kerja MRO yang berstandar pasti membutuhkan modal dengan waktu return of investment yang cukup panjang. Mengoperasikan MRO yang kredibel sangat bergantung juga pada investasi dalam tenaga kerja yang tepat yang dilatih secara teratur dan dimanfaatkan secara optimal dengan fokus yang kuat pada kualitas dan waktu penyelesaian.

Selain investasi perkakas dan tenaga kerjanya, adapula kewajiban sistem sertifikasi dari regulator keselamatan seperti Federal Aviation Administration (FAA) dan European Safety Safety Agency (EASA) dan OEM global seperti Airbus, Helikopter, Boeing, Bombardier Aerospace, Penerbangan Dassault, Gulfstream Aerospace , Honeywell dan lainnya, selain sertifikasi dari regulator lokal agar tetap relevan dalam lingkungan global yang kompetitif saat ini.

KESIMPULAN

Intinya, MRO mencakup segala yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah pabrik atau fasilitas produksi. Secara resmi adalah singkatan dari Pemeliharaan, Perbaikan, dan Operasi dan mencakup berbagai suku cadang dan layanan yang diperlukan untuk menjaga jalur produksi tetap hidup seperti bantalan, ikat pinggang, cairan, alat pengukur.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Februari 5, 2020 @ 4:10 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!