Nippon Shokubai grup dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk umumkan kerjasama produksi bio-naphtha, bio-olefin dengan pabrik Indonesia

NIPPON SHOKUBAI CO., LTD. (Kantor Pusat: Osaka, Jepang, Presiden: Kazuhiro Noda, selanjutnya “Nippon Shokubai”), PT NIPPON SHOKUBAI INDONESIA (Kantor Pusat: Banten, Indonesia, Presiden: Shinichiro Yoshimoto, selanjutnya “NSI”) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Kantor Pusat: Jakarta , Indonesia, President: Erwin Ciputra, selanjutnya “Chandra Asri”) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk bersama-sama menjajaki peluang bisnis bahan kimia ramah lingkungan*.

Melalui MOU ini, Nippon Shokubai beserta afiliasinya, NSI, dan Chandra Asri akan menjajaki potensi untuk memproduksi bahan ‘bio’ seperti bio-naphtha, bio-olefin, dan berbagai produk yang menggunakan energi terbarukan, untuk menghasilkan produk turunan yang berkelanjutan. seperti asam akrilik, ester akrilik, dan polimer superabsorben (SAP). Studi akan dilakukan untuk melihat kelayakan memproduksi bahan baku ‘bio’ dan menciptakan rantai pasokan hijau baru di pabrik NSI dan Chandra Asri yang ada di Cilegon, memaksimalkan jejak aset Perusahaan, kompetensi inti, dan teknologi.

Inisiatif ini menandai program utama lainnya yang tergabung dalam Kerangka Kerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola atau Environmental, Social, and Governance (ESG) Chandra Asri yang diluncurkan pada tahun 2022 sebagai bagian dari fokus Perusahaan untuk mempertahankan posisinya, termasuk pencapaian untuk tercatat dalam persentil 1 teratas dari perusahaan sejenis, sebagai dinilai oleh Sustainalytics, lembaga pemeringkat ESG global. Proyek bio’ ini juga direncanakan akan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi independen. Inisiatif ini juga sejalan dengan “Inisiatif Transformasi Strategis untuk Lingkungan” dalam visi jangka panjang Grup Nippon Shokubai, “TeknoAmenitas untuk masa depan” dan “Mempromosikan penggunaan bahan berbasis bio” dalam peta jalannya untuk mengurangi emisi GRK pada tahun 2050 .

Ini juga akan mengurangi emisi CO2 di sepanjang siklus hidup produk, berkontribusi pada penurunan emisi karbon menuju rencana jangka panjang Republik Indonesia, “Strategi Jangka Panjang Indonesia untuk Rendah Karbon dan Ketahanan Iklim 2050.”

*Green Chemical

Istilah umum untuk semua produk kimia dengan dampak lingkungan rendah yang diperoleh dari sumber daya terbarukan seperti tanaman, produk pertanian, produk sampingan, dan limbahnya, dan yang menggantikan bahan kimia konvensional yang terbuat dari bahan bakar fosil.

TENTANG NIPPON SHOKUBAI INDONESIA

Sejak didirikan pada tahun 1996, NIPPON SHOKUBAI INDONESIA adalah satu-satunya produsen acrylic acid, acrylic ester dan superabsorbent polymer di Indonesia yang berlokasi di Cilegon, Banten. NIPPON SHOKUBAI INDONESIA adalah pabrik luar negeri terbesar di Nippon Shokubai Group.

TENTANG CANDRA ASRI

PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) merupakan pemasok produk petrokimia ke berbagai industri manufaktur Indonesia. Perusahaan memproduksi produk dan resin termasuk Monomer, Polyethylene, dan Polypropylene. Chandra Asri Petrochemical juga dikenal sebagai perusahaan petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia yang memproduksi olefin dan poliolefin. Dengan sejarah 30 tahun dan lebih dari 2000 staf yang berdedikasi, perusahaan menggabungkan teknologi canggih dan fasilitas pendukung yang berlokasi strategis di pusat petrokimia negara, Cilegon dan Serang. Sebagai Growth Partner, Chandra Asri berkomitmen untuk menciptakan lapangan kerja bernilai tinggi, memperluas rantai nilai petrokimia dalam negeri, dan melayani kebutuhan pasar Indonesia yang dinamis dan berkembang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://www.chandra-asri.com.

KESIMPULAN

Kompetisi yang semakin keras dan tantangan teknologi “Connected” cars, “Autonomous / Automated” driving, “Shared”, dan “Electric” (CASE) membuat produsen mobil Jepang Toyota terus menguji teknologi mesin penggerak tenaga hidrogen cell. Di Metalextra.com kami yakin dengan kolaborasi dan semangat peningkatan berkelanjutan dari teknologi produksi yang baik, memungkinkan anda menjadi lebih kompetitif.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui email: sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  

Siaran Pers Corporate Communications  NIPPON SHOKUBAI CO., LTD, MAY 2023

NIPPON SHOKUBAI CO., LTD.,
Corporate Communications Dept.
TEL: +81-3-3506-7605 E-mail: shokubai@shokubai.co.jp

PT. NIPPON SHOKUBAI INDONESIA
Sayid Jakfar
Director of HR & Administration
TEL: +62-254-600-660 E-mail: sayid@shokubai.co.id

CHANDRA ASRI
Suryandi
Director of HR & Corporate Affairs
TEL: +62-021-530 5790
E-mail: suryandi@capcx.com
Chrysanthi Tarigan
Head of Corporate Communications
TEL: +62-21-530 7950

shokubai.co.jp/en/news/2023052312454/

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada28 November 2019 @ 4:29 PM

Tinggalkan Balasan