Permasalahan umum mesin bubut lathe yang bisa anda benerin sendiri

Mesin bubut dan alat potong yang tepat memungkinkan Anda membuat berbagai benda kerja dengan berbagai operasi seperti pemotongan, pengamplasan, knurling, pengeboran, deformasi, menghadap, dan berputar, dengan alat yang diterapkan pada benda kerja untuk membuat objek dengan simetri tentang sumbu itu. Mesin bubut digunakan dalam woodturning, pengerjaan logam, pemintalan logam, penyemprotan termal, reklamasi bagian, dan pengerjaan kaca.

Mesin bubut pengerjaan logam yang dilengkapi dengan baik dapat juga digunakan untuk menghasilkan sebagian besar benda padat revolusi, permukaan bidang dan ulir atau heliks.

Setiap mesin bubut yang dioperasikan oleh masinis berpengalaman dapat menghasilkan padatan tiga dimensi dengan kompleksitas luar biasa. Dengan alat pemotong dan wakil yang tepat, benda kerja biasanya dipegang di tempat oleh satu atau dua pusat, setidaknya satu dari yang biasanya dapat dipindahkan secara horizontal untuk mengakomodasi berbagai panjang benda kerja. Metode memegang pekerjaan lainnya termasuk menjepit pekerjaan tentang sumbu rotasi menggunakan chuck atau collet, atau ke pelat muka, menggunakan klem atau dog clutch.

Masalah holder cutting tool kurang pas memegang alat dalam operasi bubut

Jika alat pemotong Anda belum dipasang dengan benar, Anda kemungkinan memiliki potongan logam yang tidak tepat. Jadi, sebelum Anda mulai bekerja, jangan lupa untuk memeriksa bahwa alat pemotong diatur dengan benar di tengahnya. Trik untuk pemasangan yang sempurna adalah mengingat untuk mendapatkan potongan yang akurat dan rapi. Karena memotong logam, karena gesekan terus-menerus, kepala alat pemotong sering menjadi terlalu panas.

Perbaiki: Untuk menghindari ini, jeda mesin sesering mungkin. Biarkan dingin lalu mulai lagi.

Getaran bising dan meresahkan?

Tiba-tiba, Anda mungkin menemukan bahwa mesin Anda tidak bekerja dengan sempurna. Jangan panik. Hal ini dapat terjadi ketika tailstock dari mesin bubut tidak diperbaiki dengan benar. Tidak ada tujuan pasti dari tailstock ini. Namun, itu harus dikunci dengan kuat sebelum Anda mulai memotong. Potongan logam tidak akan tepat jika tailstock tetap tidak terikat atau longgar.

Perbaiki: Periksa sekrup dengan benar untuk mengencangkan tailstock. Jika Anda merasa longgar, kencangkan dengan baik.

Macet atau salah pemasangan jalur dudukan klem vise

Seiring waktu Anda bisa mendapatkan ‘macet’ di mesin bubut Anda. Tidak hanya gerbong, tetapi juga pegangan penyedia daya harus bekerja dengan sempurna agar alat berat dapat beroperasi secara efisien.

Perbaiki: Terutama Anda tahu cara memindahkan atau melepaskan kereta. Karena memiliki trek khusus untuk bergerak di dalam. Lebih baik berpengalaman dalam memperbaiki carriage untuk mendapatkan pekerjaan yang efisien dari alat berat.

Kelulusan presisi

Mesin bubut ini memiliki tombol untuk mengontrol potongan benang. Tes dial menggunakan berbagai feed dan kecepatan yang berbeda untuk memiliki kontrol yang efisien atas dial.

Perbaiki: Periksa kelancaran penanganan dengan setiap kecepatan dan pengumpanan. Ini akan memberi Anda perasaan yang lebih baik untuk bekerja bersama dengan mengendalikan pemutar. Lakukan ini sejak awal menggunakan peralatan Anda pada logam.

Vibrasi mesin dan getaran abnormal pada saat kecepatan tinggi

Masalah getar dapat terjadi pada bubut kayu karena beberapa alasan. Sebuah mesin bubut kayu biasanya berputar pada 2400 hingga 3000 putaran per menit. Alasan umum bisa jadi bahwa mesin Anda tidak terpusat pada kayu yang Anda kerjakan. Jadi, ini masalah keseimbangan. Setelah menyebutkan kecepatannya, adalah wajar bahwa mesin bubut akan terlempar tidak seimbang dari kayu yang tidak seimbang dan dapat menyebabkan getaran.

Alasan paling jelas untuk kebisingan ini adalah bahwa mesin mungkin tidak dilumasi dengan benar. Pelumasan dibutuhkan di semua bagian mesin yang bergerak. Jika roda gigi, bantalan, dan segelnya kering, lumasi itu.

Alasan lain adalah kecepatan putaran tinggi. Perlambat putaran putaran per menit untuk menghentikan getaran. Potongan mungkin terlempar jika getaran kayu tinggi.

Perbaiki: Lihatlah deskripsi pabrikan Anda dan lumasi sesuai kebutuhan. Penting untuk menggunakan pelumas yang tepat untuk bagian-bagiannya. Jika mesin Anda terus mengeluarkan suara ini, Anda sebaiknya melihat pabrik Anda mengetahui penyebabnya dan memperbaiki masalah ini. Apakah getaran ini menjadi masalah? Sebagian besar waktu itu kecil, tetapi bisa berbahaya juga. Pastikan kayu berada di titik tengah secara akurat untuk menghilangkan ketidakseimbangan.  Dengan demikian, pertahankan alat yang tajam saat bekerja. Untuk mengurangi risiko masalah sobek memilih alat tajam akan sangat bagus.

Bahaya pencegahan dan prosedur kerja keselamatan

Mesin bubut dapat menyebabkan kecelakaan juga. Keselamatan adalah kunci penting saat bekerja dengan mesin apa pun. Untuk melindungi mata Anda, tidak ada yang lebih baik dari menggunakan kacamata pengaman. Pakaian Anda bisa terjebak di dalam mesin sehingga Anda harus mengenakan pakaian bengkel yang tepat.

Perbaiki: Bersihkan media secara teratur untuk menghindari debu logam di atasnya. Gunakan sikat untuk melepas partikel logam tetapi berada di kejauhan sebanyak mungkin. Jarak ini dapat membantu Anda menghindari kontak langsung partikel logam dengan kulit Anda. Partikel-partikel ini dapat menyebabkan goresan dan memar.

Kesimpulan

Itu semua menyangkut beberapa masalah umum dan kemungkinan solusi mesin bubut mereka. Kami sangat berharap, Anda akan menemukan solusi yang bermanfaat untuk masalah Anda. Jika masalah masih berlanjut, jangan ragu untuk berkomentar.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Oktober 12, 2019 @ 10:54 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!