Sumur Minyak TotalEnergies EP (Brunei) B.V. diakuisisi oleh Hibiscus Petroleum Berhad Malaysia

Memiliki salah satu cadangan bahan bakar terbesar di Asia Pasifik dan industri mapan yang dibangun berdasarkan keahlian dan teknologi, Malaysia tetap menjadi lokasi utama bagi operasi minyak dan gas di Asia Tenggara.

Hibiscus Petroleum Berhad telah mengumumkan bahwa anak perusahaan yang sepenuhnya dimilikinya, Simpor Hibiscus Sdn Bhd, telah menandatangani Perjanjian Pembelian Saham bersyarat dengan TotalEnergies Holdings International B.V. untuk rencana akuisisi seluruh kepemilikan ekuitas di TotalEnergies EP (Brunei) B.V. dengan total imbalan tunai sebesar USD259 ,4 juta

Hibiscus Petroleum Berhad Grup tersebut mengatakan usulan akuisisi tersebut adalah untuk 37,5% kepemilikan TotalEnergies Brunei di ladang MLJ, aset gas berkualitas tinggi yang terletak di lepas pantai Brunei.

Terletak di wilayah penghasil hidrokarbon yang produktif, Aset tersebut ditemukan pada tahun 1989 dan telah memproduksi gas dan kondensat sejak tahun 1999. Aset yang ditambahkannya memiliki hak produksi jangka panjang hingga 15 tahun (berakhir pada tanggal 23 November 2039), jika diperpanjang. dengan persetujuan para pihak joint venture.

Pihak lain yang memegang sisa kepemilikan di Aset ini adalah Shell Deepwater Borneo Limited (35,0%) dan Brunei Energy Exploration Sdn Bhd (27,5%), sebuah perusahaan yang pada akhirnya dimiliki oleh Menteri Keuangan Brunei.

Hibiscus mengatakan Aset tersebut diharapkan dapat menambah cadangan bersih hingga 21,7 MMboe ke cadangan 2P Grup, meningkat sebesar 36% dari 60,9 MMboe menjadi 82,6 MMboe pada 1 Januari 2024, sementara total produksi bersih harian minyak, kondensat, dan gas adalah sebesar diperkirakan akan meningkat sekitar 7.865 boe per hari dari 21.398 boe per hari menjadi 29.263 boe per hari pada CY2024. Hal ini diperkirakan akan meningkatkan pangsa produksi gas dalam portofolio Grup menjadi hampir 50%, sejalan dengan strategi transisi energi Grup dengan mengakuisisi aset tertimbang gas di yurisdiksi peraturan yang stabil.

Selain mengakuisisi aset gas yang sudah mapan di Brunei dan mengambil alih operasinya, Hibiscus yakin usulan akuisisi ini semakin memperkuat posisinya sebagai pemain Eksplorasi dan Produksi (E&P) independen di wilayah tersebut. Grup mengantisipasi bahwa dengan rekam jejaknya dalam menahan penurunan produksi sekaligus meningkatkan produksi harian untuk aset-aset yang ada, Grup akan mampu memperkenalkan rencana untuk meningkatkan kinerja Aset dan mengurangi biaya operasional per barel.

Volume tambahan dari transaksi ini penting bagi Hibiscus Petroleum dan akan memberikan peningkatan hampir 86% pada produksi gas kami sekaligus membawa kami lebih dekat dalam mencapai Misi 2026 untuk meningkatkan produksi bersih Grup menjadi 35.000 – 50.000 boe per hari.

Berapa besar produk domestik bruto Malaysia yang berasal dari minyak dan gas?

Pada tahun 2022, sektor minyak mentah dan kondensat diperkirakan memberikan kontribusi sebesar 4,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Malaysia, meningkat dibandingkan dengan kontribusi 3,6 persen terhadap PDB pada tahun sebelumnya. Porsi industri minyak mentah terhadap PDB negara tersebut telah menurun sejak tahun 2018, ketika berada pada angka 4,9 persen.

Ukuran Pasar Minyak dan Gas Malaysia diperkirakan mencapai 679,38 ribu barel per hari pada tahun 2024 dan tumbuh pada CAGR sebesar 1,40% hingga mencapai 728,29 ribu barel per hari pada tahun 2029.

Di ASEAN, Malaysia adalah negara pengekspor minyak utama; namun, negara ini diperkirakan akan menjadi negara pengimpor minyak dalam waktu dekat. Permasalahan ini menimbulkan kekhawatiran terhadap ketahanan energi Malaysia, khususnya pada aspek ketergantungan impor minyak.

TENTANG HIBISCUS PETROLEUM BERHAD

Hibiscus Petroleum Berhad (Hibiscus Petroleum) adalah perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas independen pertama yang terdaftar di Malaysia. Aktivitas utama kami terfokus pada monetisasi ladang minyak yang telah diproduksi dan mengembangkan portofolio pengembangan dan aset produksi kami di wilayah fokus geografis kami: Malaysia, Vietnam, Inggris, dan Australia.

Sebagai operator ladang produksi minyak dan gas lepas pantai, upaya kami difokuskan pada peningkatan nilai yang aman dari aset-aset yang memiliki kepentingan ekonomi bagi kami.

Strategi pertumbuhan kami di pasar minyak dan gas saat ini adalah memanfaatkan peluang yang ada dalam portofolio aset kami yang ada dan melakukan akuisisi berkualitas secara selektif, sehingga memberikan keuntungan yang berkelanjutan kepada pemegang saham kami.

Hibiscus Petroleum Berhad berkomitmen untuk menjunjung standar keselamatan dan pengelolaan lingkungan yang tinggi. Kami juga memprioritaskan tata kelola perusahaan dan transparansi, sembari mengembangkan bisnis kami berdasarkan landasan teknis dan komersial yang kuat.

Hibiscus Petroleum berkantor pusat di Kuala Lumpur dan sekuritas kami terdaftar di Pasar Utama Bursa Malaysia Securities Berhad. Hibiscus Petroleum merupakan konstituen pada Indeks FTSE4Good Bursa Malaysia serta Indeks Syariah FTSE4Good Bursa Malaysia. Sekuritas Hibiscus Petroleum telah diklasifikasikan sesuai syariah oleh Dewan Penasihat Syariah Komisi Sekuritas Malaysia.

Ada berbagai jenis mesin ukur maupun manufaktur yang menawarkan perangkat instrumen pengujian untuk sektor migas di Metalextra.com. Tiap unit alat uji tersebut memiliki standar kerja pengukur ulir API yang digunakan untuk mengukur karakteristik sambungan berulir, termasuk pitch, diameter, dan bentuk ulir pada instalasi pipa minyak bumi maupun gas. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Corporate Communications Hibiscus Petroleum Berhad. June 2024

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply