Aftermarket Sales Representative itu job descriptionnya apa?

Manufaktur produk tentu membutuhkan sistem usaha bisnis berkesinambungan dengan cara memperluas jangkauan penjualan dan menambah peluang usaha. Dengan memiliki prospek bisnis yang jelas, tentu fokus dan arah pengembangan produk pun bisa disesuaikan dengan kondisi dan permintaan pasar.

Jalur produksi sendiri merupakan serangkaian operasi berurutan di pabrik tempat komponen dirakit untuk membuat barang jadi atau di mana bahan dimasukkan melalui proses pemurnian untuk menghasilkan produk akhir yang sesuai untuk konsumsi selanjutnya. Unutk memahami tugas dan tanggung jawab seorang Aftermarket Representative, silahkan baca artikel ini lebih lanjut.

AFTERMARKET ITU PRODUK APA?

Suku cadang aftermarket merupakan suku cadang pengganti alternatif yang tidak dibuat oleh produsen peralatan merek aslinya. Suku cadang aftermarket digunakan untuk mengganti suku cadang yang rusak pada mobil dan peralatan lainnya, tetapi penggunaannya dapat mengubah cakupan dan fungsi barang tersebut. Barang Aftermarket ini mirip dengan obat-obatan generik karena lebih murah daripada obat bermerek, tetapi cenderung memiliki keefektifan dan fungsi yang serupa dengan harga yang lebih terjangkau atau justru lebih mahal.

AFTERMARKET KELEBIHANNYA APA?

Manfaat suku cadang mobil generik biasanya berpusat pada Harga suku cadang aftermarket yang hampir selalu lebih murah daripada suku cadang OEM, yang bisa 60% lebih mahal. Karena suku cadang menghasilkan hampir setengah dari biaya sebagian besar pekerjaan dan menghemat uang di sini pelanggan dapat mengurangi total biaya perbaikan, terutama jika suku cadang tersebut sama amannya dengan suku cadang bagian OEM.

Jika benda produksi seperti Mobil merek pabrikan, pelanggan mungkin cuma memiliki satu pilihan. Tetapi dengan suku cadang aftermarket, pelanggan memiliki banyak alternatif untuk dipilih. Pilihan yang banyak berarti lebih banyak persaingan dan harga yang lebih rendah, serta lebih banyak kenyamanan juga bagi masyarakat pengguna barang tersebut. Anda lebih mungkin menemukan versi aftermarket dari suku cadang yang Anda butuhkan di toko suku cadang lokal Anda, sedangkan versi OEM mungkin perlu dipesan, sehingga menunda perbaikan Anda.

Tentunya kualitas bisa berbeda-beda tergantung komponen yang perlu diganti. Tetapi Anda dapat menemukan suku cadang aftermarket yang kualitasnya memenuhi atau melebihi versi OEM. Bahkan ada otoritas pengujian independen yang menguji dan mensertifikasi suku cadang pengganti. Jika Anda menemukan segelnya pada suku cadang pengganti, Anda tahu itu telah terbukti memenuhi atau melampaui standar kualitasnya, akan cocok dan aman.

AFTERMARKET KEKURANGANNYA APA?

Anda akan memiliki lebih banyak pilihan dengan suku cadang aftermarket, tetapi tidak semua suku cadang aftermarket dibuat dengan material dan teknik produksi yang sama. Anda mungkin menemukan barang berkualitas rendah atau barang yang tidak cocok untuk kendaraan khusus Anda. Jika bagian-bagian ini belum disertifikasi, lebih sulit untuk mengetahui kualitasnya. Namun, jika ada bagian yang tidak sesuai dengan mobil Anda, perusahaan asuransi mobil Anda dapat membayar untuk menggantinya tanpa biaya tambahan.

Untuk bagian kosmetik seperti penutup bemper, mungkin lebih mudah untuk membedakan suku cadang OEM dari suku cadang aftermarket, tetapi secara fungsional keduanya harus sama. Hampir semua suku cadang OEM dilengkapi dengan beberapa tingkat perlindungan garansi, biasanya satu tahun. Suku cadang aftermarket terkadang datang dengan sedikit atau tanpa garansi.

SALES REPRESENTATIVE ITU TUGASNYA APA?

Perwakilan penjualan atau sales representative memang bertanggung jawab untuk mengomunikasikan manfaat produk perusahaan untuk mendorong penjualan. Tenaga penjualan berfungsi sebagai titik kontak antara bisnis dan prospek atau kliennya dan memiliki berbagai tanggung jawab termasuk mengidentifikasi dan mendidik calon pelanggan sambil mendukung klien yang ada dengan informasi dan bantuan yang berkaitan dengan produk dan layanan.

Akan tetapi jika seorang Sales representative bekerja pada perusahaan yang memproduksi barang teknik maupun barang after-market, seringkali kemampuan teknis juga diperlukan layaknya seorang Sales Engineer. Sebagai seorang Sales Engineer, pembagian kerja juga bertugas untuk memastikan komunikasi produk dan channel penjualan dan agen penjualan semakin memahami keunggulan dan posisi tawar barang tersebut. 

TANGGUNG JAWAB AFTERMARKET SALES REPRESENTATIVE:

Perwakilan Penjualan yang Dapat Ditagih Setelah Pasar bertanggung jawab untuk mencapai tujuan penjualan dan pangsa pasar untuk segmen Kontrak Layanan Inti kami melalui telepon dan email. Perwakilan Penjualan Purna Jual akan bekerja dengan rekan kerja dalam dan anggota lain dari organisasi komersial & layanan untuk mendorong perolehan prospek dengan fokus pada pertumbuhan pendapatan dan interaksi pelanggan. Berikut ini rincian tanggungjawab seorang Sales Representative:

  1. Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pelanggan menerima penjualan/layanan teknis terbaik melalui pemrosesan pesanan, korespondensi umum, dan koordinasi dengan fungsi perusahaan lainnya seperti pembelian, produksi, teknik, dan pengiriman.

  2. Menangani semua aspek teknis dari pertanyaan pelanggan, penawaran harga, dan bantuan purna jual.

  3. Berfokus pada perolehan pelanggan baru dan mempertahankan serta mengembangkan basis pelanggan yang ada terutama melalui penjualan telepon keluar dan masuk. Tanggung jawab utama Anda adalah mengembangkan penjualan melalui interaksi pelanggan langsung dan saluran pelanggan tidak langsung untuk mencapai kuota.

  4. Pastikan bahwa pelanggan menerima penjualan, teknik dan dukungan teknis yang diperlukan untuk memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka.

  5. Siapkan kutipan kuotasi penjualan termasuk rekomendasi desain, biaya, dan data teknis.

  6. Mengkoordinasikan manajemen proyek pesanan penjualan antara pelanggan, teknik, manufaktur, pembelian, dan penagihan dari entri pesanan hingga pengiriman.

  7. Tindak lanjut dengan pelanggan setelah pengiriman untuk memastikan bahwa peralatan yang dibeli beroperasi dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan.

  8. Memberikan dukungan teknis kepada tenaga penjualan agen resmi.

  9. Fungsi pekerjaan penting atau tanggung jawab utama yang harus dilakukan tanpa bantuan atau dengan bantuan akomodasi.

  10. Mencatat dan mengamati pergerakan produk kompetitor dipasar

  11. Menjalankan pekerjaan komunikasi pemasaran dan program promosi lewat pameran, manajemen pemasaran multi-channel seperti media sosialm newsletter dan melaksanakan tugas terkait lainnya yang diberikan oleh atasan.

KUALIFIKASI POSISI AFTERMARKET SALES REPRESENTATIVE:

  1. Pendidikan Minimal
    Gelar sarjana di bidang Marketing Manajemen dengan pengalaman dibidang teknis, Teknik Mesin atau gelar/pengalaman teknis yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

  2. Pengalaman Minimal tiga tahun atau lebih bekerja di pabrik atau penjualan teknis peralatan teknik, distributor produk B2B, E-commerce, manajemen retail, rekayasa proyek untuk perusahaan rekayasa dan/atau konstruksi.

  3. Pengetahuan, Keterampilan, dan Kemampuan yang Dibutuhkan yaitu Pola pikir proaktif yang berfokus pada pelanggan dengan kecenderungan untuk memenuhi atau melampaui komitmen dan tenggat waktu.

  4. Pengetahuan kerja tentang estimasi perkiraan biaya.

  5. Keterampilan komunikasi interpersonal yang sangat baik; kemampuan untuk multi-tugas; kemampuan membaca dan menginterpretasikan gambar dan petunjuk teknis. Keterampilan menulis teknis yang sangat berkembang dan kemampuan untuk menyelesaikan pertanyaan dan/atau masalah teknis. Mahir dalam penggunaan Microsoft Office, sistem ERP dan perangkat lunak berbasis web.

  6. Pengetahuan, Keterampilan, dan Kemampuan yang Disukai meliputi kecakapan teknis dengan keinginan untuk memperoleh pengetahuan menyeluruh tentang produk perusahaan dan bagaimana prospek usahanya.

  7. Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami; keinginan intrinsik untuk memberikan solusi bagi pelanggan. Pendekatan “selesaikan saja” utilitarian untuk merawat pelanggan dan menyelesaikan masalah terkait.

DESKRIPSI KERJA AFTERMARKET SALES REPRESENTATIVE:

  • Karyawan akan bekerja terutama di kantor modern yang ber-AC. Beberapa perjalanan ke lokasi pelanggan dan lokasi mitra usaha mungkin diperlukan sewaktu-waktu.

  • Informasi tambahan mengenai lingkungan kerja, pelatihan, Key performance index dan persyaratan fisik/mental tersedia berdasarkan standar perusahaan itu sendiri.

  • Pastikan bahwa pelanggan menerima penjualan, teknik dan dukungan teknis yang diperlukan untuk memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka.

  • Siapkan kutipan penjualan termasuk rekomendasi desain, biaya, dan data teknis.

  • Berkoordinasi dengan manajemen proyek untuk mengikuti pesanan penjualan melalui teknik, manufaktur, pembelian, dan penagihan dari entri pesanan hingga pengiriman.

  • Tindak lanjut dengan pelanggan setelah pengiriman untuk memastikan bahwa peralatan yang dibeli beroperasi dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan.

  • Memberikan dukungan teknis kepada tenaga penjualan luar.

  • Melaksanakan tugas terkait lainnya yang diberikan oleh atasan.

  • Hasilkan prospek penjualan berkualitas tinggi dan tindak lanjuti setelah pertemuan awal

  • Identifikasi area di mana kami dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan bisnis yang berulang, kemudian komunikasikan masalah tersebut dan solusi yang mungkin untuk manajemen tingkat atas

  • Tetapkan dan capai sasaran dan kuota penjualan setiap bulan dan triwulan

KESIMPULAN

Bidang kerja Aftermarket Representaive ini secara prinsip mirip sekali dengan bidang kerja Principal Sales Engineer dan retail sales representative. Yang membedakan hanyalah lingkup produk yang dijual dan kemampuan komunikasi produk yang berbeda. Jika Retail sales tidak perlu melakukan komunikasi mass-marketing, maka seorang Aftermarket Sales Representative perlu berkordinasi dengan tim komunikasi marketing untuk menyiapkan program komunikasi massal. Dengan cara seperti ini tentunya, agen penjualan dikota atau region baru bisa diperoleh.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja milling, aksesoris, perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!

Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada25 Desember 2019 @ 8:34 AM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!