Apa Perbedaan Sekrup dengan Baut ?

Baut dan Sekrup sering kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari, dan biasanya melekat pada barang 2 elekronik maupun bukan eltronik seperti di kursi dan meja. Walaupun Fungsinya hampir Mirip dan Sama, Tapi tahukah kalian perbedaan dan guna secara specifik antara baut dan Sekrup? Perbedaan antara baut dan sekrup sering disalahpahami. Terdapat beberapa perbedaan praktis di antara keduanya, tetapi sebagian besar perbedaan tumpang tindih antara baut dan sekrup.

PERSAMAAN

Persamaan keduanya merupakan keluarga fastener atau fastening. Fastener (USA) atau Fastening (UK) merupakan perangkat perangkat keras yang secara mekanis menggabungkan atau menempelkan dua atau lebih objek bersama-sama. Secara umum, pengencang digunakan untuk membuat sambungan tidak permanen; yaitu, sambungan yang dapat dilepas atau dibongkar tanpa merusak komponen yang bergabung. Pengelasan adalah contoh pembuatan sambungan permanen. Pengencang baja biasanya terbuat dari stainless steel, baja karbon, atau baja paduan.

Ada tiga jenis pengencang baja atau fastener utama yang digunakan dalam industri: stainless steel, baja karbon, dan baja paduan. Kelas utama yang digunakan dalam pengencang stainless steel: seri 200, seri 300, dan seri 400.Titanium, aluminium, dan berbagai paduan juga merupakan bahan umum konstruksi untuk pengencang logam. Dalam banyak kasus, pelapisan khusus atau pelapisan dapat diterapkan pada pengencang logam untuk meningkatkan karakteristik kinerja mereka dengan, misalnya, meningkatkan ketahanan korosi. Pelapis / pelapis umum termasuk seng, krom, dan galvanis hot dip.

PERBEDAAN

Perbedaan yang mendefinisikan, menurut Machinery’s Handbook, adalah berdasarkan tujuannya. Baut digunakan untuk perakitan dua komponen yang tidak berulir, dengan bantuan mur. Sekrup kontras digunakan dengan komponen, setidaknya satu di antaranya memiliki ulir internalnya sendiri, yang bahkan bisa dibentuk oleh pemasangan sekrup itu sendiri. Banyak pengikat berulir dapat digambarkan sebagai sekrup atau baut, tergantung pada bagaimana penggunaannya.

BERDASARKAN BENTUK:

BOLT:
Pengencang berulir eksternal, yang dirancang untuk dimasukkan melalui lubang di bagian yang dirakit disebut baut. Ini biasanya dimaksudkan untuk digunakan di sepanjang mur.
SEKRUP:
Sebuah pengencang eksternal yang dapat dimasukkan ke dalam lubang di dalam bagian-bagian yang telah dirakit (sekarang menjadi perbedaan) perkawinan dengan benang internal yang telah dibentuk sebelumnya atau membentuknya sendiri disebut sekrup. Ia memiliki kemampuan untuk dikencangkan dan dilepaskan dengan memutar kepala.
STUD:
Batang logam atau batang dengan ulir di kedua sisi disebut stud. Biasanya batang itu panjang, tetapi tergantung pada kebutuhan ukurannya dapat diubah.

MEKANISME

Baut sering digunakan untuk membuat sambungan terkunci. Sambungan terkunci ini merupakan kombinasi dari mur yang menggunakan gaya jepit aksial dan batang baut yang berfungsi sebagai batang penetap, menyematkan sambungan melawan gaya geser samping. Untuk alasan ini, banyak baut memiliki batang polos tak berulir (disebut gagang panjang) karena bentuk ini membuat batang penetap lebih baik dan lebih kuat.

Keberadaan batang tak berulir sering dikaitkan dengan karakteristik baut versus sekrup,namun batang tak berulir ini berhubungan dengan penggunaannya, bukan definisinya. Gagang panjang harus dipilih dengan hati-hati, kira-kira panjangnya sama dengan ketebalan bahan, dan setiap cincin, terkunci bersama.Terlalu pendek tempat batang pengunci beban geser ke ulir dapat menyebabkan aus penggesersuaian pada lubang. Terlalu panjang menghambat mur dikencangkan dengan benar. Tidak lebih dari dua putaran ulir yang berada di dalam lubang.

Ketika sebuah pengikat fastener membentuk ulirnya sendiri pada komponen yang diikat, pengikat itu disebut sekrup.Hal ini sangat jelas sehingga ketika ulir itu meruncing (seperti sekrup kayu tradisional), penggunaan mur terhalangi,atau bila sekrup logam lembaran atau sekrup pembentuk ulir lainnya digunakan.

Sekrup harus selalu diputar untuk merakit sambungan. Banyak baut dipasang tetap pada tempatnya selama perakitan, baik dengan alat atau dengan desain baut yang tidak berputar, seperti baut rangka, dan hanya mur sesuai yang berputar.

KESIMPULAN

Bergantung pada bahan material yang akan dikerjakan, dan tugas apa yang harus dilakukan, berbagai jenis alat dan geometri dapat digunakan.

Jika Anda berminat untuk membeli alat potong endmill profesional yang asli ataupun beragam alat kerja milling lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Agustus 9, 2019 @ 11:51 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!