Jenis Tap apa saja?

Dalam aplikasi modern permesinan, pengeboran pada permukaan yang kemudian dilanjut dengan tapping maupun merupakan bagian terpenting dalam membuat ulir pengencang pada komponen fastener. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu thread tap yang digunakan di bengkel? Cara Penggunaan? Menjelaskan bagian-bagiannya, jenis, konstruksi, diagram, dan cara kerja berbagai jenis pisau tap ulir.

MENGENAL PISAU TAPPING

Fastener (US English) atau fastening (UK English) dikenal sebagai mekanisme yang secara mekanis menggabungkan atau menempelkan dan mengunci dua atau lebih objek secara bersamaan. Umumnya Tapping bisa dilakukan pada lubang yang berdiameter kecil. Pada artikel ini kita bahas secara ringkas definis dari operasi Tapping saja, namun jika kamu ingin tahu tentang threading silahkan baca dihalaman threading.

PISAU TAPPING MODEREN

Sejumlah bagian kecil komponen mesin didesain untuk bergabung menjadi sebuah mesin dengan fungsi tertentu. Sebagian besar mur, baut, dan berbagai jenis sekrup digunakan untuk tujuan ini. Pisau tapping terbuat dari baja karbon tinggi, baja berkecepatan tinggi, baja paduan, dll. Pisau tapping ini dikeraskan dan ditempa. Bentuknya hampir seperti baut tanpa kepala dengan benang penuh. Bagian atas berbentuk bujur sangkar dan empat seruling bertepi tajam dibuat di seluruh bagian yang di dalamnya terdapat ulir yang saling mengunci. Selama abad ke-19 dan ke-20, standarisasi pembuatan ulir pisau tapping berkembang bersamaan dengan teknik pembuatan fastener termasuk tap dan pisau senai atau pisau cincin dies.

Perusahaan tap and dies terbesar yang ada pada era revolusi industri terbesar berasal dari Amerika Serikat, yaitu Greenfield Tap & Die (GTD) dari Greenfield, Massachusetts. GTD sangat vital bagi upaya perang Sekutu dari tahun 1940–1945 sehingga senjata antipesawat ditempatkan di sekitar pabriknya untuk mengantisipasi kemungkinan serangan udara dari pihak aliansi poros Axis. Merek GTD sekarang menjadi bagian dari Widia Products Group.

Desain Spiral point tap atau pisau tapping titik spiral menampilkan permukaan pemotongan miring yang memaksa chip keluar ke depan, di depan aksi pemotongan keran. Sering disebut ‘tap gun’ karena aksi ‘menembak’ chip ke depan. Tap titik spiral direkomendasikan untuk digunakan dalam aplikasi melalui lubang atau di lubang buta di mana ada jarak yang cukup di luar bagian yang disadap untuk mengakomodasi pengumpulan chip.

ISTILAH BAGIAN PISAU TAPPING

Secara umum, di Indonesia, industri terkait pengencang fastener ini kita kenal dengan nama ulir drat, sekrup, mur maupun baut. Perangkat pengencang ini memang digunakan untuk membuat sambungan tidak permanen; yaitu, sambungan yang dapat dilepas atau dibongkar tanpa merusak komponen penyambung. Jika ingin membuat ulir drat fastener pada lubang yang relatif besar diameternya (>5CM), maka sebaiknya digunakan mesin bubut dan insert boring bar saja. Berikut ini adalah bagian utama dari pisau machine tap, yang dijelaskan secara rinci di bawah ini:

  1. Body : Bagian utama dari ulir tempat pisau potong tapping.
  2. Shank : Bagian gagang silinder di atas tubuh tempat pisau ulir potong, disebut shank.
  3. Tang : Bagian di atas gagang disebut “tang”. Ini berbentuk persegi dan diputar dengan memegangnya di pegangan holder mesin.
  4. Land : Ruang antara seruling yaitu di mana benang dipotong.
  5. Flutes : Jumlah ulir seruling pada seluruh badan pisau, alur-alur yang memotong ruang antara dua tanah, disebut suling. Ini dibuat panjang dari atas ke bawah. Partikel potongan logam saat memotong benang keluar dari seruling ini dan ini juga digunakan untuk memasok pelumas di dalamnya.
  6. Heel : Bagian miring di belakang ujung pisau tajam yang dipotong disebut tumit.
  7. Cutting Face : Muka pahat yang digunakan untuk memindahkan material disebut muka potong.

Pisau ulir merupakan alat pisau yang dirancang khusus yang digunakan untuk memotong ulir dalam di berbagai bagian mesin. Umumnya metode tapping ini bisa digunakan oleh tangan dengan pegangan hadel kunci tapping atau dengan bantuan kunci pas dan juga digunakan dengan bantuan mesin bor khusus tapping secara semi-auitomatik ataupun dengan full CNC dengan mesin.

Machine tap tersedia dalam beragam diameter. Mata tapping juga bisa dijepit dengan chuck khusus yang bisa digunakan untuk beragam holder pada mesin bor dan mesin milling biasa.
Mesin kerja Tapper juga ada beragam bentuk dan variasinya. untuk pengerjaan rutinitas langsung membuat ulir, maka dibutuhkan mesin flying tapper dengan lengan ayun dan mata bor yang bisa digeser dengan mudah.

3. MINYAK PELUMAS & COOLANT TAPPING

Penggunaan pelumas yang cocok sangat penting untuk sebagian besar operasi proses tapping dan penguliran. Pelumas yang disarankan untuk beberapa bahan umum merupakan sebagai berikut:

Baja karbon (ringan)
Minyak pemotongan berbahan dasar minyak atau sintetis.

Baja paduan
Minyak pemotongan berbasis minyak bumi dicampur dengan sejumlah kecil (sekitar 10 persen) minyak tanah atau mineral. Campuran ini juga cocok untuk digunakan dengan stainless steel.

Besi cor
Tidak ada pelumas Ledakan udara kecepatan rendah harus digunakan untuk membersihkan chip.

Aluminium
Minyak tanah atau minyak kerosin bisa dicampur dengan sejumlah kecil (15–25 persen) minyak pemotongan berbasis minyak bumi yang tidak gampang menguap seperti solar juga bisa. Dalam beberapa kasus, produk seperti WD-40, CRC 5-56 dan 3-In-One merupakan pengganti yang dapat diterima.

Kuningan
Minyak tanah atau mineral.

Perunggu
Minyak tanah atau dicampur dengan sejumlah kecil (10–15 persen) minyak solar.

KESIMPULAN

Saat memilih pengikat fastener untuk aplikasi industri, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor. Jenis material, aplikasi kegunaan, standar ulir yang digunakan, apakah Jepang JIS, atau Jerman DIN, atau standar Inggris UKAS atau ISO, Threading, beban kekencangan yang diterapkan pada pengikat, kekakuan pengikat, dan jumlah pengencang yang dibutuhkan semua harus diperhitungkan.

Metalextra menawarkan rangkaian alat Threading dan Tapping lengkap yang mencakup semua profil ulir dan grup bahan – dioptimalkan hingga proses pengujian akurasinya. Ada banyak pilihan solusi yang bisa dioptimalkan untuk fleksibilitas fastener yang anda kerjakan.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat countersink, deburring, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 30, 2020 @ 8:30 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: